Quote:
Original Posted By guitarista►Sejak kapan Perijinan RS (Izin Mendirikan dan Izin Operasional) diberi oleh Presiden?
Presiden Joko Widodo akan memaksa semua rumah sakit swasta untuk menerima pasien yang dijamin oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial melalui Kartu Indonesia Sehat (KIS).
Menurut Jokowi, tidak boleh ada lagi cerita pasien ditolak oleh rumah sakit, khususnya untuk keadaan genting.
"Kalau pakai BPJS enggak bisa, saya akan
gunakan kewenangan saya untuk memaksa," kata Jokowi saat akan membagikan KIS di Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (28/4/2015).
Jokowi menuturkan, pengalaman serupa pernah ia alami saat masih menjabat Gubernur DKI Jakarta. Ia mengaku memaksa semua rumah sakit swasta untuk menerima pasien pemegang Kartu Jakarta Sehat (KJS).
Dari sekitar 2.500 rumah sakit swasta di seluruh Indonesia, lebih kurang 600 di antaranya belum bekerja sama dengan BPJS. Menurut Jokowi, semua rumah sakit harus menerima pasien pemegang BPJS atau KIS karena biayanya akan ditanggung oleh negara.
"Kalau enggak dipaksa, rumah sakit maunya cari untung sendiri.Rakyat harus dinomorsatukan. Kalau enggak mau enggak apa-apa, nanti saya coret kalau minta izin," ujar Jokowi.
'
http://nasional.kompas.com/read/2015...ma.Pasien.BPJS'
asik lah

......
Quote:
Original Posted By VIAMODEM►Kayak preman main paksa paksa. Dikira RS punya bapak moyangnya, pake fasilitas doang kaga mikir bayar
Quote:
Original Posted By Ma_79►kali ini g kaga setuju ama u jok...
Quote:
Original Posted By kuntaukodok►
iya, emang betul gan, pasien yang suka komplain/marah terhadap alur prosedur BPJS itu sebagian akan tetap ngeyel dan marah2 meski sudah dijelasin... makanya lempar aja ke BPJS nya pura2 bodoh aja telp ke CP BPJS daerah ente terus jelasin keadaan sebenernya.. anu ini pasien saya nilai sih enggak ada kriteria gawat darurat, sakitnya bla3x... enggak bawa rujukan pula skrg dia ada di UGD minta dirawat karena udah enggak kuat jeh katanya (contoh yg plg sering kasus maag atau demam baru 2 hari tapi tidak sampai lebih 40 C suhunya)... gimana saya masukin enggak yah? kalo uda dijawab, baru jelasin: waduh bapak/ibu kalau mau menggunakan BPJS enggak bisa lewat sini langsung udah saya telp BPJS nya enggak bisa pak.. kalau mau pakai BPJS silakan ikuti alur BPJS yang benar yaitu berjenjang dari puskesmas/faskes 1 bila disana tidak sanggup dilayani pasti diberi rujukan ke RS... tapi kalau mau minta dirawat atas permintaan sendiri ya BPJS nya tidak bisa digunakan..
dengan begitu pasien mengerti yang menolak itu BPJS nya dan bukan kita dari RS atau tenaga kesehatan nya
tp kadang2 kalo malam asu kagak ada yang ngangkat telp nya
makanya emang perlu petugas dari BPJS ditempatkan di RS Swasta 24 jam khusus untuk tahu apa permasalahannya... dia akan tau begitu banyak komplain dari masyarakat karena sosialisasi prosedur BPJS dari BPJS sendiri sangat2 kurang.. ibarat kalo ada yang marah2 sama mau ngancam bakar2 tinggal ane bilang: tuh ada orangnya dari BPJS langsung pak.. kalo BPJS nya bilang acc boleh masukin ranap ya kita mah enggak masalah.. cuman nanti dia pasti kena tegur kalo enggak sesuai prosedur dipaksain dilayani karena takut pasien marah2 doang

,, lagian kalo ada petugas dari BPJS nya juga dia jadi tau kan permasalahan sebenernya apa
ane sh sebenernya ikhlas dan tidak membedakan pasien manapun.. kalau ada yang membingungkan ane balikin lah ke asuransi penanggungnya... contoh: kalau dia pakai tanggungan perusahaan terus kita ragu kita telp lsg CP di perusahaan tersebut, jelasin duduk permasalahannya gimana ini ditanggung enggak kalau ditanggung ya kita masukin kalau enggak ya sudah kita jelasin ke pasien ini ga bisa dipake asuransinya (dulu ada yg sakit gigi minta di ranap katanya ditanggung perusahaan

) ... sama dengan BPJS juga kita balikin ke BPJS nya gimana kasusnya ini ditanggung enggak... harus sesuai prosedur kan ada rujukan faskes 1 kalau mau ke poli... kalau mau ke UGD harus masuk kriteria gawat darurat.. kalau bayar sendiri tidak punya asuransi ya ane balikin ke keluarga juga semisal wah ibu ini anaknya sakitnya gawat mengarah ke demam berdarah tapi kalau ibu enggak ada asuransi dan enggak ada biaya ya mohon ttd surat penolakan dirawat... anak ibu harus dirumah bla2x... di RSUD semestinya bisa lebih terjangkau ibu, saran saya dibawa kesana.. intinya saya balikin ke penanggungnya mau begimana
padahal sebenernya semestinya dengan semakin banyaknya pasien maka tenaga kesehatan meskipun semakin capek tapi semakin sejahtera.. tapi kenapa kok rasanya capeknya doang ya sekarang dirasa, sejahteranya belum hehehehee....
Quote:
Original Posted By Christian Melka►
Nah ini yg bener, g rasa itu yg dr bpjsnya kadang seenak jidat pembayaran ke rs swastanya, btw jusy info g kerja d rs d jakarta sebagai petugas medis, kebetulan rumah sakit g emg misinya pelayanan jd bed buat pasien bpjs emang banyak, fyi bahkan banyak pasien yg lebih suka ke rs g drpada rsudkoja dsininya karena gk banyak syarat admin ini itu, nah dr pemerintah jakarta dikasih alat ct 64 slice yg notabene harga sampai 2M, btw itu masih dr pemda karena program kjs, jd g rasa yg perlu dibenahin yg ngurus bpjs skrg, dulu KJS memang lama tp begitu lapor ke pemda bs lsg diurus, nah tp Bpjs skrg keyika rs nombok mereka bukan bantu ngurus dananya malah menyalahkan rs wtf, yg urus bpjs d beberapa tmpt merasa arogan karena rs swasta mesti ikutin aturan mereka.. bkan duduk bersama2 membahas mengenai platform pasien..
Quote:
Original Posted By Sakauwz►jokowi ngga ngerti realita bpjs dilapangan bagaimana, realitanya RS banyak yang kesulitan keuangan, pasien bisa disuruh bolak2 balik biar RS enggak rugi,
coba liat tuh obamacare aja masih ga jelas di amerika sono, sini yang jelas2 UU dan implementasinya ga jelas main paksa aja,
btw gw liat bpjs ini ga jauh beda sama MMM modal iuran 1x bisa dapet pelayanan berjuta2, liat aja kemaren aja udah minus anggaran padahal baru 1 tahun jalan, ujung2nya iuran naik, dan maksa perusahaan2 buat ikutan bpjs, padahal mereka tau bpjs manfaat langsungnnya gak signifikan bagi SDM mereka.
Quote:
Original Posted By kuntaukodok►curhat ane sebagai tenaga kesehatan di UGD RS swasta:
banyak pasien yang tidak mengerti prosedur alur BPJS kalau di tempat saya bekerja di salah satu RS swasta... banyak yg mengira lantaran demam (memang benar demam suhu 38 C), turun bero (tapi bukan turun bero yg jenis perlu operasi segera), sakit maag kambuh, dan kondisi2 lain2nya yang
memang betul2 sakit tetapi karena
tidak termasuk kriteria gawat darurat terpaksa ditolak di UGD... setelah ditolak dan diberikan penjelasan baik2 hanya separuhnya yang mau mengerti.. sebagian lain menuduh RS menolak pasien BPJS karena sakit kok tidak dilayani
padahal pasien BPJS yang boleh langsung masuk ke UGD RS hanyalah pasien emergensi... pasien yang tidak memenuhi kriteria gawat darurat (terlampir di peraturan BPJS) harus ke faskes 1 dulu di puskesmas atau klinik atau dokter keluarga nya tidak bisa langsung ke UGD... dari faskes 1 akan diberikan rujukan ke poli klinik dan dari sana akan diberikan arahan apakah perlu ranap atau tidak oleh dokter spesialis di poliklinik tersebut (contoh kasus: dyspepsia atau sakit maag kronis, demam berdarah dan typhoid yang membutuhkan cek darah, diabetes yang tidak terkontrol, kasus2 bedah elektif seperti hernia, soft tissue tumor, dll)
disini sosialisasi alur dan prosedur BPJS seakan2 dilimpahkan ke tenaga kesehatan di RS bukannya BPJS sebagai badan asuransi yang semestinya memberikan sosialisasi tersebut pada pesertanya yang mendaftar
jadi kebanyakan kasus bukan RS menolak tetapi pasien2 peserta BPJS yang terlanjur marah karena ditolak di UGD karena tidak memenuhi kriteria gawat darurat yang ditetapkan BPJS sendiri
padahal saya tidak mempermasalahkan berapapun jasa medis dari BPJS yang memang minimal itu, tapi kalau dijadikan tameng dari BPJS ogah juga ane... makanya ane sering telpon langsung ke BPJS center daerah ane sekalian bilang ini pasien tidak kriteria gawat misal mengeluh pusing dan kencing manis apa bisa saya masukin lwt UGD gak nh?, terus baru saya jelasin tuh dari BPJS nya yang nolak ya bapak/ibu bukan saya ga mau masukin ranap bapak/ibu

karena kalo saya ga telepon seakan2 dari kita yg nolak
(FYI: ada loh pasien yang setelah saya telpon terus saya jelasin ditolak tuh saya uda telpon ke BPJS bapak ga bisa langsung kesini, bapak harus ikut alur prosedurnya pak ke faskes 1 dulu, dia langsung marah2 bilang mau bakar BPJS nya

)
ane lagi berusaha supaya ada orang dari BPJS ditempatkan di RS ane biar kalo ada pasien BPJS yg komplain tinggal ane tinggal suruh tuh itu penanggung jawab BPJS silakan tanya2 deh kenapa ga bisa dilayani atau kenapa kamarnya penuh padahal bapak/ibu liat ada kamar kosong (BPJS ada jatah kamar di RS Swasta jd jgn karena ada kamar kosong dikira pasien BPJS ditolak, kan ga mungkin 1 RS pasien BPJS semua nanti gimana gaji karyawannya

, lagian kebanyakan kasus pasien marah ditolak kamar penuh karena ga tau kalau kamar bedah dan kamar laki2 dan perempuan itu dipilah2 berdasarkan kebijakan RS)
ada teman2 peserta BPJS disini tapi tidak tahu alur prosedur BPJS?
