Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

indoheadlinesAvatar border
TS
indoheadlines
[Mirip Oposisi] Seperti PDIP, NasDem Juga Ngotot Desak Jokowi Lantik Komjen Budi
Jakarta - Presiden Joko Widodo didesak untuk tak melantik calon Kapolri Komjen Budi Gunawan yang kini berstatus tersangka. Namun seperti PDIP, Partai NasDem juga terus mendesak Presiden Jokowi mendukung Komjen Budi.

Seperti diketahui Komjen Budi Gunawan menggugat KPK lewat praperadilan atas penetapan status tersangka kasus dugaan suap yang disandangnya. Sekjen NasDem Patrice Rio Capella meminta Presiden Jokowi melantik Komjen Budi jadi Kapolri setelah praperadilan itu selesai.

"Sebaiknya sesudah proses hukum praperadilan selesai," kata Sekjen Partai NasDem Patrice Rio Capela kepada detikcom, Jumat (30/1/2015).

Rio yakin status tersangka Komjen Budi bisa dicabut di praperadilan?


Sidang dan putusan praperadilan atas status tersangka tak akan mempengaruhi proses penyidikan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. Dalam pasal 77 KUHAP disebutkan bahwa yang menjadi objek praperadilan adalah tentang sah atau tidaknya penangkapan, penahanan, dan ganti kerugian. Status tersangka tak bisa jadi objek praperadilan.

Apabila Majelis Hakim membatalkan status tersangka yang ditetapkan oleh penyidik, maka putusan tersebut tidak memiliki kekuatan hukum. "Putusan itu (pembatalan status tersangka) bertentangan dengan Undang-undang, maka tak punya kekuatan hukum," kata mantan Hakim Agung Djoko Sarwoko.

Namun sepertinya NasDem kadung skeptis dengan KPK. Rio Capella tetap merasa penetapan tersangka Komjen Budi penuh muatan politis.

‎"Kita menyoroti dari awal soal proses penetapan tersangka, dan kita yakini ada kepentingan politik soal itu, dan niat menjegal itu sangat kentara dan dipaksakan. Seakan dikejar waktu," ulas Rio.

Apakah NasDem tetap mau mendukung Presiden Jokowi jika Komjen Budi tak jadi dilantik?

"Domain dilantik atau tidak dilantik itu ada di tangan presiden, kita akan terima ," jawab Rio diplomatis.


Quote:



heran dengan partai koalisi KIH ini, bukannya mendukung presiden dari partai mereka sendiri tapi malah ngotot ke presiden ?
0
893
2
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan