Phantom123Avatar border
TS
Phantom123
Mari mengenal penyakit Ataksia (ataxia)
halo agan dan aganwati, Kali ini ane mau sedikit berbagi informasi mengenai Penyakit Spinocerebellar Degeneration atau biasa di sebut dengan Antaxia.

Sebelumnya maaf jika thread ane sedikit berantakan karena ini baru thread ke dua aneemoticon-Malu (S) , dan juga semoga thread ane tidak repost...

Ane tidak menolak emoticon-Cendol (S) dari agan yang merasa informasi ini berguna atau kasihemoticon-Rate 5 Star aja ane sudah berterima kasih sekali.

Tolong jangan timpukemoticon-Blue Guy Bata (L) ane ya jika ada salah kata atau salah apapun, karena biar bagaimanapun ane juga manusia biasa yang ada salahemoticon-Sorry

Oke kita langsung saja,
Mungkin beberapa dari agan / aganwati ada yang sudah tahu tentang penyakit antaxia entah dari pengalaman atau dulu pernah nonton sinetronnya dulu yang pernah diperankan oleh Chelsea Olivia...

Kita mulai dari definisi :
Ataxia merupakan penyakit yang diturunkan, dimana terjadi kerusakan progresif pada sistem saraf sehingga menyebabkan gangguan gait, masalah dalam berbicara serta penyakit jantung.
Selain itu, Ataxia juga menyebabkan gangguan koorsinasi seperti kikuk atau gerakan canggung dan tidak kokoh pada diri seseorang.
Meskipun jarang terjadi, Ataxia merupakan penyakit atau sindrom yang sering diturunkan baik kepada pria maupun wanita.

Penyebab :
Banyak ataxia disebabkan oleh hilangnya fungsi otak yaitu otak keci.
Otak kecil berfungsi sebagai pusat koordinasi. Bagian kanan dari otak kecil mengkontrol koordinasi bagian kanan tubuh sedangkan bagian kiri mengkontrol koordinasi bagian kiri. Bagian tengah otak kecil mengkontrol pergerakan kompleks dari berjalan, kepala dan trunk stability, dan pergerakan mata. Bagian lain dari otak kecil membantu untuk mengkoordinasi pergerakan mata, vocal berbicara, dan menelan.''
Ataxia juga dapat disebabkan oleh tidak berfungsinya jalan masuk dan keluar dari otak kecil. Informasi masuk ke otak kecil dari saraf spinal dan bagian lain dari otak dan sinyal-sinyal dari otak kecil keluar ke saraf spinal lalu ke otak. Walaupun Otak kecil tidak secara langsung mengkontrol kekuatan, (fungsi motorik) atau perasaan, sensor motorik harus bekerja secara normal untuk menghasilkan masukan yang benar ke otak kecil. Seorang yang mengalami kerusakan koordinasi dapat dikatakan orang tersebut terkena ataxia.

Pengobatan :
Seiring dengan banyaknya penyakit degeneratif
pada sistem saraf, tidak ada obat atau pengobatan yang efektif untuk Ataksia Friedriech.'' Bagaimana pun, banyak gejala dan komplikasi yang dapat diobati untuk membantu pasien mempertahankan fungsi optimal selama mungkin.

Perawatan bagi Penderita :
Tidak ada obat khusus yang dapat menyembuhkan ataxia atau gejala-gejala dari ataxia. Sekarang ini tujuan dari penyembuhan ataxia adalah untuk memperbaiki kualitas hidup, diharapkan pula dengan berjalannya waktu dapat ditemukan obat yang dapat menyembuhkan dari ataxia. Agar penderita ataxia dapat sebisa mungkin melakukan pekerjaan sehari-hari "jalan, makan, komunikasi dll" maka diberikan peralatan-peralatan yang dapat memudahkan mereka. Contohnya seperti kursi roda, tongkat, tongkat penyokong tubuh, dan lain-lain.
Jika penderita ataxia juga mengalami stroke, kekurangan vitamin, keracunan obat-obatan dan alkohol, maka perawatan yang diberikan termasuk perawatan khusus untuk hal-hal tersebut.

Gejala :
Gejala dan waktu
onset tergantung dari tipe ataksia. Bahkan terdapat banyak variasi dalam keluarga yang sama dengan tipe ataksia yang sama. Kelainan resesif umumnya menyebabkan gejala yang dimulai sejak masa kanak-kanak dibandingkan dewasa.'' Bagaimanapun, dalam tahun-tahun terakhir, sejak tes genetik tersedia, diketahui Ataksia mulai terjadi saat dewasa pada beberapa kasus. Ataksia dominan sering muncul pada umur 20 tahun sampai 30 tahun atau bahkan lebih tua lagi. Kadang individu dapat tidak menunjukkan gejala sampai usia 60 tahun.'' Biasanya keseimbangan dan koordinasi yang dipengaruhi pertama kali.
Tidak adanya koordinasi tangan, lengan dan kaki dan kemampuan berbicara adalah gejala umum lainnya. Berjalan menjadi semakin sulit dan ditandai oleh berjalan dengan menempatkan kaki semakin jauh untuk mengimbangi keseimbangan yang buruk.
Gangguan koordinasi lengan dan tangan mempengaruhi kemampuan seseorang untuk melakukan kontrol gerak yang baik seperti menulis dan memakan. Gerakan mata yang lambat dapat dilihat pada beberapa bentuk ataksia.'' Seiring berjalannya waktu, ataksia dapat mempengaruhi kemampuan berbicara & menelan.

Ataksia yang diwariskan merupakan kelainan degeneratif yang berkembang selama beberapa tahun. Seberapa parah dan kemungkinan berujung pada kematian tergantung tipe ataksia.
Usia dimulainya gejala dan faktor lain hanya sedikit dipahami saat ini. Komplikasi saluran pernapasan dapat menjadi fatal pada orang memiliki masalah menelan yang parah.

Sekian Thread dari ane. Memang ane bukan Dokter syaraf atau semacamnya Ane hanya mau berbagi informasi yang ane dapat dari beberapa sumber untuk agan-agan sekalian.
Semoga informasi dari ane dapat bermanfaat bagi agan sekalian.

Sumber :
http://medicastore.com/penyakit/3012...ia_ataxia.html
http://ataxiadrama.blogspot.com/
http://penyakitwaswas.blogspot.com/2...-dan-tips.html

bagi yang mau tau mengatasi tenggorokan gatal kunjungi thread ane ganemoticon-Traveller
http://www.kaskus.co.id/post/51f2c04...d719e61e000006

Ane juga ada lapak jasa rental BD PS 3 gan silahkan kunjungi
http://www.kaskus.co.id/post/5124bb9...1243861c00000b

Diubah oleh Phantom123 12-08-2013 08:04
0
5.9K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan