no.more.dramaAvatar border
TS
no.more.drama
[SBY salah ]Seskab Sebut Utang Indonesia ke IMF Masih US $ 2,9 Miliar
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut bahwa Indonesia saat ini masih memiliki utang ke sejumlah lembaga keuangan dunia. Salah satu utang itu adalah ke International Monetary Fund (IMF). Namun pernyataan Jokowi tersebut dikoreksi oleh mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Siapa yang benar?

Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto ketika dikonfirmasi mengenai koreksi dari mantan Presiden SBY itu memilih menunjukkan data yang tercantum dalam buku berjudul, 'Statistik Utang Luar Negeri Indonesia'.

Buku tersebut diterbitkan Januari tahun 2015 oleh Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia. Menurut Andi berdasar buku tersebut dia mengakui bahwa pada tahun 2006 Indonesia tidak lagi memiliki utang dengan IMF.

Namun pada 2009, -saat SBY masih Presiden-, menurut Andi muncul lagi utang ke IMF sebesar US $ 3 miliar. Pada November 2014 utang Indonesia ke IMF menurut tabel II.4 dalam buku tersebut masih sebesar US $ 2,9 miliar.

Andi mengaku tak bisa menjelaskan secara teknis tentang munculnya utang IMF tersebut. "Tetapi masih ada utangnya, tetapi saya tidak tahu itu untuk apa, silakan tanya ke Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia," kata Andi kepada wartawan, Selasa (28/4/2015).

Menurut Andi utang Indonesia ke IMF itu masih ada sampai saat ini. Hal itu bisa dilihat karena perencanaan pembayaran utang selalu ada dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Soal kemungkinan ada keinginan Presiden Jokowi untuk melunasi utang ke IMF tersebut, Andi mengaku belum bisa memastikan. Yang pasti menurut dia, pemerintah akan menjaga supaya rasio utang dengan pendapatan domestik bruto antara 20-24 persen.
"Kami menjaga rasio utang ke PDB ada yang kita jaga antara 20-24 persen supaya tetap di level itu, tidak lebih dari itu," kata Andi.

sumber

--

SBY memang kepo banget,, hal2 yang dipelintir di media koq harus ditanggapin.
Sebenarnya dengan statement JKW, tidak ada juga yang mengecap SBY sebagai pembohong.

SBY memang Lebay..
0
6.4K
107
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan