muhammadsulthanAvatar border
TS
muhammadsulthan
[ASK] Kerja di Jepang
Malem gan, langsung aja ya.

Ane kebetulan minat untuk kerja di luar negeri, dan sekarang tujuan ane kalo enggak Jepang ya Belanda. Motif ane kerja di luar itu karena ane pengen liat dunia yang lebih luas dan nggak terbatas di Indonesia aja gan.

Ane udah ngecek thread sticky diatas, tapi kayaknya terlalu umum jadi ane bikin thread sendiri.

Oh iya, sedikit background dari ane.

Dulu ane lulus SMA berniat ngambil beasiswa monbukagakusho, tapi alhasil enggak diterima. Akhirnya ane masuk Fakultas Hukum di Universitas Indonesia. Masih semester dua sih, cuman ane mau persiapan matang buat memasuki dunia kerja nanti.

Kebetulan dari dosen ane ane tau kalo sekarang di Jepang itu orang dengan usia produktif nya mulai berkurang. Jadi mungkin kesempatannya lebih besar.

Nah yang ane mau diskusikan itu gan:

1. Apa lulusan S1 dari Indonesia punya kesempatan yang adequate untuk kerja di sana? Kalau enggak, perlu ane ngambil S2 di Jepang?

2. Apa perlu bantuan dari organisasi (mungkin seperti agen beasiswa kuliah di luar negeri kalo waktu SMA dulu, ane kurang tau teknisnya) untuk apply kerja di sana? Atau apa ada prosedur khusus untuk penerimaan kerja bagi WNA?

Nah khusus bagi agan yang sebidang sama ane nih.

3. Ane masih bingung dengan pembidangan hukum yang punya kesempatan lebih besar untuk kerja dengan skala internasional. Lebih besar kesempatan di Hukum Bisnis atau Hukum Internasional? (Untuk HI ane minat di Internasional Publik)

Lanjut gan, gak necessary ane mau nyari cewek Jepang juga di sana (menghindari stereotype), lagipula katanya nikah sama orang sana lebih susah. Ane cuma mau menjelajah dunia aja, apa ya istilahnya - pergi ke dunia baru. (kok kayak impian anak TK ya-_-)

Untuk negara tujuan ane yang kedua yaitu Belanda, ane belom sempet research. Mungkin kalo ada yang punya info juga bisa sekalian dishare.

Sekian dan terima kasih bagi agan yang mau menyediakan waktunya untuk menjawab.
Diubah oleh muhammadsulthan 24-03-2015 14:12
0
4.2K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan