yavid182Avatar border
TS
yavid182
Rela Gaji Turun 90% Agar Gaji Karyawan Naik, CEO Ini 'Ketiban' Rezeki
Beberapa waktu lalu, Dan Price selaku pendiri dan direktur utama (Chief Executive Officer/CEO) Gravity Payments mengumumkan penurunan gajinya 90%, demi kenaikan gaji karyawannya. Perusahaan itu langsung ketiban rezeki.

Karena memangkas gajinya 90%, gaji pegawai Gravity kini minimal US$ 70.000 atau Rp 910 juta/tahun.

Pemberitaan soal aksi Price ini menyebar luas. Kemudian, Gravity kebanjiran klien baru dan juga banyak pelamar yang ingin bekerja di perusahaan tersebut.

"Bisa dibilang kami kebanjiran dukungan," kata Price, yang gajinya turun dari US$ 1 juta atau sekitar Rp 13 miliar per tahun, menjadi hanya US$ 70.000 atau Rp 910 juta per tahun.

Price mengatakan, karena pemberitaan yang luas, puluhan klien baru membuat kesepakatan bisnis dengan perusahaan ini. Gravity memiliki 15.000 klien dan menangani pembayaran US$ 10 miliar tiap tahun.

Gravity Payments merupakan perusahaan penyedia jasa pembayaran asal Seattle, Amerika Serikat (AS).

Pria ini memang berencana menambah pegawai bila klien baru terus bertambah jumlahnya. Gravity telah menerima 3.500 lamaran kerja. Sebelum berita soal gaji merebak, paling hanya 300-400 lamaran saja yang masuk.

Para klien juga sangat positif terhadap Gravity. "Saya saat ini cukup syok dengan reaksi dari bisnis. Saya berada di langit kesembilan," kata Price.

Meski begitu, Price ingin Gravity tetap menyediakan layanan terbaik kepada pelanggan barunya.

Selaku pendiri dan direktur utama (Chief Executive Officer/CEO) perusahaan, Dan Price rela gajinya turun 90%, dan laba perusahaan dipangkas. Tujuannya, agar gaji karyawannya bisa naik.

Price selaku pemimpin dan pendiri perusahaan penyedia jasa pembayaran, Gravity Payments asal Seattle, Amerika Serikat (AS), ingin memastikan seluruh anak buahnya mendapatkan penghasilan minimal US$ 70.000 atau sekitar Rp 910 juta per tahun.

Karena itu, Price rela gajinya turun dari US$ 1 juta atau sekitar Rp 13 miliar per tahun, menjadi hanya US$ 70.000 atau Rp 910 juta per tahun. Kemudian juga memangkas hasil keuntungan perusahaan.

Kebijakan yang dilakukan Price bakal membuat gaji 30 karyawannya naik 2 kali lipat, dan juga menaikkan gaji 40 karyawan lainnya.

Adapun kebijakan baru ini diumumkan Price ke seluruh karyawannya dalam rapat besar Senin awal pekan ini. Dalam rapat itu, para karyawan yang hadir diam mendengar pidato Price, setelah pengumuman pemangkasan gaji dan keuntungan perusahaan, seluruh karyawan langsung bertepuk tangan.

"Butuh beberapa saat untuk mengerti apa yang dia (Price) katakan," kata salah satu pegawai, Phillip Akhavan seperti dilansir dari CNN, Kamis (16/4/2015).

Gaji Akhavan naik 16% karena kebijakan ini, dari US$ 43.000 menjadi US$ 50.000 per tahun. Setelah kebijakan ini, Akhavan langsung menelepon istrinya.

Nydelis Ortiz, wanita 25 tahun, karyawan yang baru bekerja sejak Januari 2015 langsung menelepon orangtuanya karena kebijakan ini. Dia dan keluarganya tidak memiliki rumah sejak pindah ke AS dari Puerto Rico. Gaji Ortiz naik dari US$ 36.000 menjadi US$ 50.000 per tahun, atau lebih besar dari penghasilan kedua orangtuanya.

"Ibu saya langsung menangis saat mendengar kabar ini," kata Ortiz.

Cerita bahagia juga datang dari Jason Byrd, 38 tahun. Penghasilan US$ 40.000 per tahun yang didapatkannya sangat pas-pasan dengan biaya hidup di Seattle.

"Kebijakan ini memberikan banyak kebebasan agar kita bekerja keras dan tidak khawatir soal uang," katanya.

Price merupakan pemilik saham mayoritas di perusahaan yang dibangunnya sejak kuliah 11 tahun lalu. Modal usaha didapatkannya dari kakaknya. Price bertekad menaikkan gaji karyawannya setelah dia membaca studi soal kebahagiaan. Studi tersebut mengatakan, tambahan pendapatan bisa memberikan perbedaan yang signifikan kepada emosional seseorang.

Dia juga sering mendengar keluhan para karyawannya soal sulitnya mencari rumah tempat tinggal, dan besarnya pengeluaran, sementara gaji tidak naik. Price berharap, kenaikan gaji karyawan bisa memberikan dorongan moral positif.

Price tidak akan menaikkan gajinya lagi, hingga keuntungan Gravity meningkat seperti 2-3 tahun yang lalu.
0
3.7K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan