Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bayu.indraAvatar border
TS
MOD
bayu.indra
Mesh Smooth VS Turbo Smooth
Basic Modeling - Box Modeling - Autodesk 3DS Max
Gan ... yuk kita coba Box Modeling ... !
Basic Modeling - Attach Detach and Merging
Ayoo gannnnn ... buat pesawat pakai Box Modeling !!! ... SEMUA PASTI BISA !!
ayooo gan ... bgmn rasanya naik pesawat yg satu ini ...

sebelum nge texture ... kita set UV layout dulu gan ...


BAYU Animation Online Class - 3DS Max 2013
3DS Max Modeling /Mesh Smooth VS Turbo Smooth

smoothing ... ya smoothing ... tool penting yg sering banged kita pakai ... entah utk subdividing atau pun sekedar final smooth, kalau harus manual subdivide pasti lama, satu persatu dan susah sekali utk mendapatkan flow surface yg benar benar halus ... ada 2 smoothing tool yg sering kita pakai ... dan semenjak ada nya SF animasi ini sudah berkali kali menjadi pertanyaan dan sedikit perdebatan mana mana yg lebih bagus untuk produksi ...

satu hal ya gan ... sebisa mungkin jangan kita memilih, atau terlalu pro pada software atau tool tertentu, santai aja ... mana mana kita perlu, mana mana sesuai dengan kebutuhan hajar aja ... pake bebas bebas aja ...

kali ini Mesh Smooth versus Turbo Smooth
simple nya Turbo Smooth instant version dr Mesh Smooth ... secara algoritma juga akan lebih simple, Turbo Smooth lebih cepat kalkulasinya, nga terlalu banyak makan memory ... karena itu modifier ini nga terlalu berat di gunakan ...

Turbo Smooth lebih simple dalam smoothing Methode ... basically cuma NURMs ( Non-Uniform Rational Mesh Smooth) tetapi kalau kita menggunakan Mesh Smooth kita akan mendapat kan option Classic, Quad Output, NURMs ...

NURMs disini sebenar nya ide nya berasal dari NURBs ... dimana seiap vertex nya masih mempunyai weight control (sama dengan NURBs), begtu juga dengan edge nya ... mempunyai weight control nya juga ...



Turbo Smooth
kita bisa apply ke satu object seperti box, lalu apply Turbo Smooth modifier dengan interation 5, lalu apply Edit Poly, bisa kita banding kan Mesh Smooth dengan parameter yg sama akan terasa lebih berat ketika menggunakan Mesh Smooth



Interations
interaions itu seberapa besar level dari Subdivided, atau seberapa halus smoothing yg kita mau ... setiap satuan interation akan menambah dua kali lipat dr jumlah sebelumnya ... baik vertex, edge, face ... tapi bukan berarti dua kali lipat yg sebenar nya ... default setting akan di 1, lalu nilai maksimal nya di 10, jika masih kurang bisa mengambil atau apply Turbo Smooth beberapa kali ... tapi hampir tidak pernah, krn akan membuat terlalu berat kerja komputerya ...

ada baiknya berhati hati ketika kita menentukan interations, biasanya dengan menambah interation akan memperberat kerja komputer hampir 2 kali sampai 4 kali setiap penambahan nilai interatons nya ...dengan menambahkan sampai 4 ke dalam interations sdh membuat kerja computer menjadi sangat lah berat ...

Render Interations
sebagai solusi dr interations yg tinggi yang dapat membuat kinerja computer melambat, di buatlah Render Interations, parameter ini sedikit similiar dengan Interations yg pertama dimana Render Interation hanya akan di apply ketika sebelum melakukan rendering, sehingga kita dan computer tidak akan terbebani dengan berat nya interations


Mesh Smooth
sedikit similiar dengan Turbo Smooth tapi lebih mempunyai option beragam ... btw seperti Turbo Smooth dengan Mesh Smooth kita juga bisa membuat NURMs ( Non-Uniform Rational Mesh Smooth) yg juga mempunyai weighting pada setiap vertex dn edge nya ...

bakalan bagus kalau kita pakai untuk smoothing box dan banyak object lain yg mempunyai sudut yg tajam, sehingga terasa sekali waktu smoothing, tapi akan sangat tidak terasa effect nya ketika kita apply ke object seperti sphere atau object lain yg similiar.



SubDivition Method
NURMS Non-Uniform Rational MeshSmooth object. Strength and Relax smoothing parameters tidak ada.
NURMs disini sebenar nya ide nya berasal dari NURBs ... dimana seiap vertex nya masih mempunyai weight control (sama dengan NURBs), begtu juga dengan edge nya ... mempunyai weight control nya juga ...

Classic three- and four-sided facets. (This is the same as applying MeshSmooth in version 2.x without turning on Quad Output.)

Quad Output yah versi perbaikan dr ver Classic, bisa menghilangkan triangle atau segitiga face face nya ...

sebagai saran akan banyak menggunakan NURMs karena sudah pasti quad output, dan mempunyai weight di setiap vertex dan edge nya ...


Apply To Whole Mesh
kalau aktif sama saja selection apapun sebelum modifier ini akan di abaikan, smoothing akan di apply secara keseluruhan object ... bukan berdasarkan sub object selection



Iterations
interaions itu seberapa besar level dari Subdivided, atau seberapa halus smoothing yg kita mau ... setiap satuan interation akan menambah dua kali lipat dr jumlah sebelumnya ... baik vertex, edge, face ... tapi bukan berarti dua kali lipat yg sebenar nya ... default setting akan di 1, lalu nilai maksimal nya di 10, ... tapi hampir tidak pernah, krn akan membuat terlalu berat kerja komputerya ...

ada baiknya berhati hati ketika kita menentukan interations, biasanya dengan menambah interation akan memperberat kerja komputer hampir 2 kali sampai 4 kali setiap penambahan nilai interatons nya ...dengan menambahkan sampai 4 ke dalam interations sdh membuat kerja computer menjadi sangat lah berat ...

Smoothness
menentukan seberapa tajam dan halus nya setiap sudut setelah Mesh Smooth di apply, value antara 0.0 dan 1.0

untuk di apply hanya pada ujung ujung yg tajam gunakan smoothness dengan value di bawah 1.0, dan kalau mau melihat dalam wireframe atau edges matikan isoline display nya ...

Render Values
simply gini ... buat bedain interation di viewport dan interation sebelum render, Render Value kita pakai untuk sebelum render, gitu juga smoothness nya ...

bagusnya viewport value lebih kecil value nya, jadi ringan di viewport waktu kerja, tpi kita tinggikan di Render Value supaya render nya lebih bagus qualitas nya ... krn Render Value akan menaikan iteration pada waktu sebelum rendering ...


begitu kira kira agan agan n sista semua ... semoga bisa membantu mempercepat kerja agan n sis semua
dan kalau agan agan ada tambahan silahkan ya gan ... tolong tambahkan ... thanks ya gan n sis



emoticon-I Love IndonesiaMAJU TERUS ANIMASI INDONESIA emoticon-I Love Indonesia










Diubah oleh bayu.indra 19-04-2015 16:13
0
4.6K
9
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan