Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nael83natanaelAvatar border
TS
nael83natanael
SEPUTAR JUAL BELI ONLINE YANG PERLU ANDA KETAHUI
Halo Warga Kaskus..
Apa kabarnya niiihh..??
Ane doakan semoga ente-ente dalam kondisi sehat luar biasa..
emoticon-I Love Kaskus (S)

Langsung aja ya Gan ane cuap-cuap..

Tidak bisa kita pungkiri, sekarang ini yang namanya online shop sudah gak asing lagi di telinga kita ya..
Dunia perdagangan online pastinya diisi setidaknya oleh 2 dari 3 pemeran utama:
1. SELLER alias PEDAGANG
2. BUYER alias PEMBELI
3. REKBER alias PERANTARA

Nah..
Yang ingin ane sampaikan di sini adalah beberapa poin positif dan negatif dari ketiga pemeran di atas..



1. SELLER, terbagi menjadi dua, GOOD SELLER alias Pedagang Baik/Jujur, dan satunya lagi adalah FAKE SELLER alias Pedagang Tukang Tipu.

Beberapa tips mengenali Good Seller atau Fake Seller:

* PERHATIKAN NOMOR KONTAKNYA.
Semakin cantik/unik/rapi nomor kontaknya, semakin memperkuat status bahwa itu adalah Good Seller, karena pada dasarnya nomor rapi/unik/cantik itu tidak murah harganya, bahkan ada yang berharga ratusan juta rupiah. Tetapi sebaliknya, mulai waspada bila kontak seller terlihat berantakan gak karuan, karena prinsip Fake Seller adalah segera menonaktifkan (membuang) nomor setelah berhasil menipu buyer yang malang, dan mengganti nomor baru lainnya untuk mendapatkan korban yang baru.

* PERHATIKAN STATUSNYA.
Lihatlah statusnya di Kaskus, biasanya seorang Kaskuser, Kaskus Addict, Kaskus Maniac, Kaskus Donatur, dkk, berkemungkinan besar bukanlah Fake Seller, tetapi jangan juga judge Newbie sebagai Fake Seller, karena niat awal ane membuat ID Kaskus adalah karena mau menjual barang bekas ane, jadi gak semua Newbie adalah Fake Seller, walaupun hampir seluruh Fake Seller adalah Newbie.

* MELAYANI COD ATAU TIDAK.
Ini juga salah satu poin penting yang harus diperhatikan. COD adalah transaksi yang sangat teramat nyaman khususnya untuk para buyer, karena prinsip COD adalah cek barang dahulu, bila oke baru bayar. Sebisa mungkin hindari membayar uang muka sebelum COD. Tidak semua Good Seller melayani COD, tetapi hampir seluruh Fake Seller tidak melayani COD.

* APAKAH BARANGNYA READY STOK?
Langkah cermat untuk memastikan apakah barang yang dijual sungguh ada atau tidak adalah meminta seller untuk foto barangnya dengan kondisi unik tertentu, misalnya: Minta seller untuk foto barangnya bersebelahan dengan HP yang memajang DP BBM/WA buyer dengan segera, tetapi ingat, permintaan tersebut tidak dapat disanggupi oleh seller yang hanya memiliki 1 buah HP. Cara cermat dan unik lainnya adalah meminta seller untuk foto barangnya sambil menunjukan jari manisnya, atau dengan kertas bertuliskan tulisan sesuai permintaan buyer, dsb. Perlu diingat bahwa permintaan foto unik dengan segera ini takkan dapat dilalukan oleh seller yang statusnya adalah Dropship Seller alias menjual barang milik pedagang lain.

* TESTIMONIAL.
Good Seller biasanya memiliki testimonial yang baik. Kenali testimonial yang asli dengan cara: Adanya foto barang yang diterima. Atau tertera nama/jenis barang yang dijual oleh seller. Sebagian besar Good Seller memiliki testimonial yang baik, sedangkan hampir seluruh Fake Seller tidak memiliki testimonial yang baik.



2. BUYER, terbagi menjadi dua juga, yaitu Good Buyer alias Pembeli Serius dan Fake Buyer alias Pembeli Penipu.

Beberapa hal yang perlu dibahas tentang Seorang Buyer:

* PEMBELI DI POSISI LEBIH KUAT.
Ini tidak dapat dipungkiri, bahwa sebagian besar buyer bukanlah Fake Buyer. Mengapa? Karena seorang buyer akan diketahui alamatnya, berbeda dengan seller yang kebanyakan tidak diketahui alamatnya. Itulah mengapa jumlah Fake Buyer sangat sedikit dibanding dibandingkan dengan Fake Seller.

* BID AND RUN.
Nah, ini dia nih salah satu karakteristik utama dari Fake Buyer yang membuat seller murka, hahaha. Udah tanya harga, udah minta keep/booked barang, eh ternyata hilang entah ke mana. Antisipasi untuk buyer seperti ini hampir tidak ada, selain latihan sabar untuk para seller. Semoga Tuhan mengampuni type buyer yang bid and run seperti ini.

* MEMBANDINGKAN HARGA.
Memang tidak salah, alias hak penuh dari seorang buyer untuk mencari seller/lapak termurah, tetapi buyer yang baik akan memberikan alasan/perkataan yang baik kepada seller supaya tercipta atmosfir yang dinamis, bukannya seperti mengadu domba antar seller dengan memberikan perbandingan harga dengan kata-kata yang tidak mengenakan hati.

* NEGO AFGAN (SADIS).
Nego adalah hak mutlak bagi para buyer, tetapi baiknya dilakukan dengan akal sehat dan itikad yang baik, tawarlah harga barang dengan harga yang masuk akal, jangan membuat seller berkesal hati karena penawaran yang keterlaluan. Saran: Sebaiknya kenali dulu kisaran harga untuk produk yang akan dibeli, tawarlah minimal setara dengan kisaran harga terendah yang ada di pasaran.

* VERY GOOD BUYER.
Ini nih yang membuat seller bahagia. Ada loh buyer yang menghubungi seller hanya untuk menanyakan ketersediaan barang, bila ada, ia langsung menanyakan nomor rekening dan total yang harus ditransfer tanpa nego. Buyer seperti ini biasanya buyer yang sudah terlebih dahulu mengecek harga pasaran dan reputasi seller, sehingga tidak membuat ribet, transaksi pun simpel dan selesai dengan cepat.



3. REKBER, alias Perantara antara Buyer dan Seller.

Kita semua tahu, bahwa jasa rekber adalah jasa penitipan uang buyer, yang nantinya akan diteruskan (ditransfer) kepada seller bila buyer sudah mengkonfirmasi barang yang dikirim oleh seller sudah diterima dan sesuai dengan keterangan/perjanjian.

Ada beberapa hal yang ingin ane utarakan:

* REKBER, LEBIH PRO KEPADA BUYER.
Tidak dapat dipungkiri, awal mula terbentuk jasa rekber adalah untuk memfasilitasi buyer agar terhindar dari "rasa takut" atau "rasa cemas" kepada seller bila ternyata sellernya adalah seorang Fake Seller. Pesan untuk para seller adalah pastikan bahwa buyer ente bukan Fake Buyer, yang akan memanipulasi barang kiriman ente. Biasakan juga untuk foto bahkan video proses pembungkusan dan detail barang kiriman ente, jangan abaikan hal ini, demi keselamatan proses transaksi.

* PILIH JASA REKBER DENGAN CERMAT.
Pilihlah jasa layanan rekber yang sudah masuk kategori Pemain Lama. Semakin lama beroperasional dan semakin banyak digunakan untuk transaksi jual beli, sebuah jasa rekber semakin dapat dipercaya.
Ini pun menjadi tantangan tersendiri untuk ente penyedia layanan rekber agar bersikap profesional jangka panjang, bagaimana pun, pengelola jasa rekber adalah manusia biasa, mungkin saat ini jasa rekber dipercaya untuk menampung dana titipan hingga puluhan juta rupiah perharinya, dan tentunya semakin lama akan semakin meningkat nominal titipannya seiring bertambahnya kepercayaan buyer dan seller, saat itulah jasa rekber harus menunjukkan sikap profesionalnya, untuk menjadi berkah/berkat kepada seluruh buyer dan seller yang sudah mempercayai jasa ente.



Nah, sekian yang ingin ane sampaikan kepada Warga Kaskus mengenai dunia jual beli online, semoga thread ini menjadi pengetahuan dan berguna buat Warga Kaskus.

Akhir kata, terima kasih sudah mengunjungi thread ane, semoga ente semua dilimpahi kesehatan dan kesuksesan.

Salam sejahtera,
NATANAEL.

emoticon-I Love Indonesia (S)
0
1.8K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan