eashariAvatar border
TS
eashari
Bubur Pedas Khas Sambas (West Borneo) Di Klaim Oleh Malaysia (Sarawak)

Bubur pedas adalah bubur yang terbuat dari berbagai macam sayur yang diiris halus-halus serta diberi bumbu dari beras yang sudah dihaluskan serta diberi santan kelapa. Bubur pedas ini adalah makanan khas Melayu Sambas khususnya, Kalimantan Barat pada umumnya.

Bubur pedas ini ternyata tidak hanya ada di Sambas, Singkawang, Bengkayang, Mempawah, dan Pontianak. Ternyata bubur pedas ini ada juga di Negeri Jiran yaitu Sarawak, Malaysia. Menurut informasi dari para TKI (Tenaga Kerja Indonesia) atau TKW (Tenaga Kerja Wanita) yang berasal dari Kalimantan Barat (Sambas, Singkawang, Bengkayang, Mempawah, dan Pontianak serta Sintang) mengkhabarkan bahwa Malaysia (Sarawak) telah mengklaim bahwa “bubur pedas” itu adalah milik mereka, punya mereka, berasal usul dari Malaysia.

Berdasarkan keterangan di atas bahwa semua itu tidak benar, permasalahan malaysia Negeri Jiran tersebut memang suka mengklaim produk-produk asli Indonesia. Sebenarnya Negeri Jiran (Malaysia) mengklaim “bubur pedas” ini, sejak tahun 2009 sebagai acara tradisional mereka. Mengapa sekarang permasalahan “mengklaim” itu terulang kembali? Apa yang menyebabkan mereka seperti itu, dan apa yang mereka inginkan dari Indonesia? Nanti bisa kualat lho... kenapa? Karena Indonesia adalah guru bagi “Negeri Jiran”, hormatilah guru, hargailah guru yang telah menjadikan kamu sukses dan berilmu.

Bukan hanya bubur pedas yang mereka klaim milik mereka, sate, batik, tari, cerita rakyat, pulau, dan entah apa lagi dikemudian hari. Sebenarnya “bubur pedas” ini adalah asli dari Kebudayaan Sambas (Kesultanan Sambas) Kalimantan Barat, Indonesia.
Kami juga mendapatkan artikel di wikipedia yang dikenal sebagai sumber artikel terpercaya juga dengan jelas menyatakan bahwa bubur pedas merupakan masakan khas negara Malaysia yang menjadi favorit masyarakat Sarawak saat Ramadhan. anda bisa lihat disini http://en.wikipedia.org/wiki/Malaysian_cuisine

Anda juga bisa melihat di website resmi malaysia mengenai resep / masakan di myresipi.com yang dengan jelas menyatakan bahwa bubur pedas merupakan kuliner dari negeri Sarawak. Berikut merupakan cuplikan kata yang kami ambil dari website malaysia di myresipi.com : "masakan (bubur Pedas) negeri burung kenyalang (Sarawak) ini pada kebiasaannya menjadi sajian utama paling istimewa hanya di bulan Ramadhan". anda bisa lihat disini http://www.myresipi.com/top/detail/1130

Spoiler for cek1:


Keterangan Bubur Pedas Khas Sambas:
Spoiler for cek2:

Cara membuat bubur pedas khas Sambas tidak jauh beda dengan bubur pedas yang telah diklaim oleh Malaysia.
Resep bubur pedas dari Sarawak yang lain adalah:
Spoiler for cek3:

Setelah “bubur pedas” khas Sambas ini, apa lagi yang akan di klaim oleh Negeri Jiran?????emoticon-Mad (S)

sumber

UPDATE
Spoiler for about bubur pedas:



trit lainnya
Spoiler for cekidot:
Diubah oleh eashari 07-09-2013 11:25
0
10.3K
121
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan