Tiket KA Lebaran: Pembayaran Dibatalkan Sepihak hingga Habis Dalam 5 Menit.
TS
sadjar
Tiket KA Lebaran: Pembayaran Dibatalkan Sepihak hingga Habis Dalam 5 Menit.
Quote:
(Foto: Hasan Al Habsy/detikcom)
Tiket KA Lebaran: Pembayaran Dibatalkan Sepihak hingga Habis Dalam 5 Menit.
Jakarta- Rochmad Djunaedi adalah salah satu calon pemudik yang berhasil menembus 'benteng' situs reservasi tiket KAI melalui aplikasi Android, KAI Access. Namun dia terkejut pembayaran dibatalkan sepihak. Ada pula yang mendapati tiket KAI sudah habis dalam hitungan 5 menit saja.
"Setelah berjibaku untuk mendapatkan tiket kereta api online melalui aplikasi android (KAI Access) dengan keberangkatan tanggal 15 Juli 2015 tujuan Stasiun Gambir - Madiun yang dimulai pada pukul 00.01 WIB pagi, Kamis 16 April 2015 hingga pukul 03.00 WIB, saya tidak dapat mengakses pembelian online tiket kereta api," demikian keluh Rochmad melalui suara pembaca detikcom, pada 16 April 2015 lalu.
Tetapi pada pukul 08.02 WIB akhirnya Rochmad berhasil yaitu mendapatkan nomor transaksi yakni 9994173240203 dan nomor booking CPC6C3. Setelah mendapatkan hal itu, Rochmad melakukan pembayaran lewat ATM BCA. Tetapi alangkah kecewanya transaksi pembayaran tidak dapat dilakukan bahkan setelah muncul data diri beserta kereta yang dipilih di mesin ATM BCA.
"Setelahnya saya langsung pergi ke lokasi Stasiun Gambir dikarenakan untuk menghubungi layanan telepon 121 amat sangat susah (tidak dapat tersambung). Di Stasiun Gambir saya bertemu dengan bagian layanan pelanggan dan juga bertemu dengan Bapak Ados sebagai wakil dari Kepala Stasiun waktu itu, setelah dilakukan pengecekan melalui komputer di Layanan Pelanggan ternyata pesanan saya dengan nomor booking di atas sudah dibatalkan sepihak oleh SISTEM SERVER (keterangan dari Layanan Pelanggan)," demikian tulis warga Kayu Putih, Pulogadung, Jakarta Timur ini.
Pembaca detikcom lain, Rheana Hafni, bahkan mendapati bahwa tiket KA habis hanya dalam waktu 5 menit saja. Padahal sangat sulit mengakses situs reservasi tiket PT KAI itu.
"Saya telah mencoba untuk memesan tiket kereta api untuk Lebaran pada 13 Juli 2015 dengan tujuan Weleri berangkat dari Pasar Senenen pada 14 April 2015 lalu. Hasilnya berhasil dan tidak berhasil," demikian kata Rheana dalam emailnya ke suara pembaca detikcom pada Rabu (15/4/2015) lalu.
Dirinya ingin memesan jumlah yang cukup banyak yaitu untuk 10 orang, tetapi karena minimal memesan tiket tersebut 4 orang saja, maka Rheana hanya berhasil memesan 4 tiket.
"Awalnya tepat pada pukul 00.00 situs resmi PT KAI sangat sulit diakses, setelah di refresh beberapa kali akhirnya saya berhasil membooking walaupun hanya 4 orang dan saya salah tulis nama salah satu penumpangnya. Lalu ayah saya memesan 6 tiket lainnya, tetapi sudah habis padahal itu masih pukul 00.05 WIB. Hal ini sangat aneh dan tidak masuk akal, apakah mungkin puluhan ribu tiket habis dalam 5 menit?" protesnya.
Pembaca detikcom lainnya, Ondho, juga mengaku susah mengakses situs reservasi tiket KA Lebaran.
"Tiket Lebaran H-90 telah dibuka. Tetapi sangat susah untuk sekadar masuk melihat tiket yang tersisa. Saya rasa, pihak KAI belum sepenuhnya siap baik secara tenaga ataupun teknologi. Saya harap ada kebijakan dari Kementerian Perhubungan untuk membenahi masalah ini. Mengingat banyak yang dikecewakan dengan layanan tiket online ini. Atau sekalian mungkin ditiadakan sementara hingga teknologi sudah mampu menangani 50 juta hit per detik dan menangani dugaan permainan internal KAI dengan pihak agensi," tulis Ondho yang juga warga Tamansari, Jakarta Barat, ini.
Antrean pembeli tiket di St Senen (Foto: Rachman Haryanto/detikcom)
Beli Tiket KA Lebaran di Stasiun Dapat Antrean No 410, No 1 Sudah Habis
Jakarta- Banyak cara berburu tiket KA Lebaran. Membagi tugas dengan istri untuk mengakses berbagai saluran pembelian tiket. Hingga datang ke stasiun mendapat nomor antrean ratusan namun nomor antrean 1 saja tiket sudah habis, bak judul lagu dangdut "Sakitnya Tuh Di Sini".
Berikut suara para pembaca detikcom yang belum berhasil mendapatkan tiket KA Lebaran yang diterima pada hari Minggu (19/4/2015) :
Spoiler for :
Quote:
Hery DNP
Ketika saya ingin memesan tiket untuk ke Yogyakarta di tiket.com memang benar sunguh sangat susah untuk mengaksesnya. Langsung saya pergi ke Indomaret, tetap saja tidak bisa diakses. Ketika pukul 03.00 WIB baru bisa diakses, yang anehnya, pemesanan tiket menunjukan kursi penuh. Padahal saya dari pukul 00.01 WIB itu sangat sulit.
Akhirnya saya pergi ke Stasiun Pasar Senen. Setelah mendapatkan nomor antrian 410, alangkah herannya nomor antrean 1 tiket untuk H-2 juga sudah habis. Yang jadi pertanyaan, apakah ada oknum orang dalam yang melakukan kecurangan?
Quote:
Ferdi
Saya pada hari Rabu lalu memesan tiket KA untuk H-2 Lebaran tepatnya 15 Juli rute Pasar Senen-Paron (Ngawi-Jatim). Saya sudah persiapkan pemesanan melalui online, antre di Alfamidi, telepon 121 dan dari web KAI, serta aplikasi KAI.
Saya lakukan itu dengan istri saya. Pertama, saya telepon 121 dari pukul 23.00 WIB dan tersambung pukul 01.00 WIB. Operator mengatakan jaringan error dan sedang diperbaiki. Saya disuruh menutup telepon dan menelepon lagi nanti. Istri saya mencoba menelepon kembali dan bisa masuk pukul 02.30 WIB dan operator bilang tiket habis untuk semua kelas.
Operator lantas meminta mengecek kembali pukul 03.00 WIB karena jam tersebut adalah batas pembayaran. Saya sempat membooking namun begitu direfresh ada tulisan '502 Gateway Timeout'. Begitu pula di Alfamidi, tidak bisa terkoneksi, semua saya lakukan sambil pegang HP, istri saya bertugas telepon 121 dan juga cek dari web di HP. Padahal saya sudah 3 tahun tidak Lebaran di Ngawi.
Quote:
Hendra Kurniawan
Saya sudah siap-siap dari pukul 23.00 WIB begadang mencari wifi namun pas pukul 00.00 WIB mau di-booking sudah tidak bisa dibuka, data error saat dibuka pada aplikasi KAI Access. Berharap PT KAI memberikan solusi untuk masyarakat supaya lebih mudah untuk mendapatkan tiket lebaran.
Quote:
Mujiyono
Saya sudah mempersiapkan 2 notebook, 2 smartphone dan aplikasi Android pemesanan, masing masing dengan modem dan kartu perdana berbeda guna untuk akses internet, dalam waktu 3 malam berturut-turut untuk tiket H-3-H1.
Mulai pukul 00.00 WIB saya sudah mulai akses situs [url=http://www.tiket.kereta-api.co.id,]www.tiket.kereta-api.co.id,[/url] KAI Access dan lainnya. Hasilnya, tak satupun tiket yang saya peroleh. Bahkan untuk H-1 dalam waktu 27 menit tiket sudah habis terjual, padahal saya menyasar 2 kereta api ekonomi untuk tujuan Sragen, KA kahuripan dan KA Pasundan yang total keseluruhan kursi kurang lebih 1.200 kursi untuk setiap harinya.
Untuk H-2 saya sempat mendapatkan kode booking dan telah saya bayar tapi ternyata kode booking telah kedaluwarsa padahal dalam waktu itu juga langsung saya bayar. Dan saat ini saya sedang menunggu pengembalian dana yang telah masuk. Yang saya bingung, aplikasi apa suapaya saya dapat tiket? Jangan-jangan masih ada oknum pengawai KAI yang jadi calo ini?
Quote:
Totok Waluyatmoko
Penjualan tiket KA lebaran PT KAI masih sangat mengecewakan seperti tahun lalu. Penjualan tiket KAI online untuk Lebaran tahun 2015 yang seharusnya terbuka dan mudah untuk masyarakat. Pada kenyataannya tidak mudah, tidak terbuka dan tidak untuk masyarakat umum. Kejadian ini adalah persis seperti penjualan tiket KAI lebaran tahun lalu, yang seharusnya sudah dibuka pada jam 00.05 pada kenyataannya baru bisa diakses jam 06.00 pada tanggal 12 April 2015 (untuk tiket 11 Juli 2015).
Apakah PT KAI masih juga buka suka-suka untuk penjualan tiket online untuk H-5 dan seterusnya? Mari kita tunggu dan buktikan saja dengan membuka http://tiket.kereta-api.co.idpukul 00.10 tanggal 13 April nanti. Dan jika masih penasaran kapan bisa diakses, siapkan kopi 3 gelas untuk begadang sampai pagi.
Quote:
Gus Marto
13 April kemarin saya booking tiket KA Lebaran dengan tiketkai.com sudah berhasil booking dan melakukan pembayaran. Seharusnya setelah bayar bebrapa menit kemudian dapat SMS kode booking.
Tapi kali ini sampai pukul 08.00 WIB nggak dapat SMS kode booking. Setelah saya tanyakan ke CS tiketkai.com katanya pembayaran expired. Padahal jarak saya booking dengan transfer hanya 1 jam dan maksimal kan 2 jam. Bukti transfer sudah saya email ke tiketkai.com dengan seenaknya dia jawab dana mau dikembalikan. Dia tidak merasakan betapa sulitnya booking, dan itupun sampai Sabtu 18 April kemarin belum dikembalikan.
Quote:
Isa Azis
Kemarin saya coba booking buat tanggal 14 atau 15 Juli, mau mudik ke Purwokerto. Pukul 23.30 udah stand by pakai KAI Access. Tulisannya, tidak bisa mengambil data dari server.
Terus saya mencoba telepon kontak 121, baru diterima pukul 00.30 WIB tapi sudah habis semua. Kok bisa cepat banget habis, pada booking lewat mana? Jadi bingung sayaa. Tinggal berharap ama tiket tambahan..
Quote:
Riko Yoga Prawira
Dari tanggal 16-18 April 2015, sudah 3 malam begadang untuk cari tiket kereta mudik Lebaran, selalu saja kehabisan, padahal baru 5-10 menit lewat jam 00.00 WIB semua tiket habis. Siapa pemesan tiket yang bisa secepat itu padahal reservasi baru dibuka?
Tanggal 18 April coba konfirmasi CS KAI, alasannya memang tiketnya sudah habis terjual semua. Tapi setiap kali ditanya solusi bagaimana cara pemesanan biar dapat tiket, silahkan coba lewat aggen. Agen yang tersebut siapa, orang atau perusahaan tidak dijelaskan.
Quote:
Andrian Sulistiawan
Memang susah banget pesan tiket KA Lebaran. Saya stand by tengah malam untuk pemesanan 14-16 Juli ke situs reservasi KA, tidak bisa masuk sama sekali sampai pukul 08.00 WIB. Dan setelah terbuka, kereta sudah habis.
Saya coba ke aplikasi tiket.com dan PadiTrain juga sama. Kenapa yah? Apakah KA sengaja menutup akses? Bagaimana bisa tiket langsung habis seketika? Aneh bin ajaib. Mohon penjelasan dari KA, kenapa bisa begitu sulitnya. Jika ada teman-teman yang bisa pesan, mohon info triknya. Tapi saya yakin tidak ada bisa pesen tiket online selama tanggal 14-17 Juli.
Quote:
Julianti Erma
Pengalaman saya, 16 April 2015 pukul 00.05 WIB sudah mulai online. Netbook dan 3 smartphone. Saya mencari jurusan Gambir-Solo Balapan untuk 15 Juli. Apa yang terjadi? Semua sudah tertulis habis. Tidak logis saja dan berasa janggal. Sekarang saya hanya mengharapkan tiket kereta tambahan.
Quote:
Purwanto
Saya berburu tiket untuk orang tua saya dari Pasar Senen tujuan Sragen dari H-4 sampai hari-H yang teramat sangat susah. Tiap malam pukul 23.30 WIB, saya dan kbtulan ditemani kawan saya sudah siap dengann peralatan jihad seperti komputer dan 3 HP.
Pukul 23.40 WIB saya sdah nengakses situs resmi atau mitra dari KAI. Pada saat itu bisa tapi pas pukul 00.00 WIB teng semua nge-blank. Hingga pukul 03.00 WIB baru bisa dibuka dan itupun sudah habis.
Quote:
Iswanti
Selamat sore, Assalamualaikum, saya ingin berbagi cerita, pada hari Rabu, 15 April 2015 sejak pukul 23.30 WIB saya sudah siap tempur untuk memesan tiket mudik Lebaran, dengan 1 laptop, 3 HP, 1 telepon rumah. Sebelum pukul 00.00 WIB, lancar, semua bisa diakses. Dari tiket.com, situs resmi KAI, tiketkai.com, semua bisa diakses.
Tetapi masuk pukul 00.00 WIB sampai pukul 03.00 WIB lebih, semua nggak bisa diakses. Tiket.com bisa diakses tetapi ada jawaban "Jadwal belum tersedia", situs resmi KAI tidak bisa diakses, telepon lewat 121 tidak bisa juga. Akhirnya saya pasrah, capek sendiri dan ngantuk. Pagi pukul 07.00 WIB di kantor bisa akses, tetapi "Tiket sudah habis". Tanggal 16 April 2015 saya ulang lagi, nggak bisa juga.
Heran ke mana ya tiket lebaran itu habis? Siapa yang mendapatkan tiket tersebut dan bagaimana kiatnya bisa mendapatkan tiket itu? Saya 2 malam begadang belum berhasil mendapatkan tiket.