hotelbandunganAvatar border
TS
hotelbandungan
Wisata Bandungan Semarang



Semarang tidak hanya ada Simpang Lima plus segala bentuk pusat perbelanjaan yang ada disana. Semarang juga tidak melulu Lawang Sewu dan Tugu Muda yang merupakan saksi sejarah perlawanan di semarang kepada penjajah Belanda. Masih banyak lagi tempat-tempat wisata Semarang yang kadang kala luput dari kunjungan anda bersama keluarga. Memang lokasinya sedikit terpencil, menepi dari hiruk pikuk kesibukan khas kota besar. Tapi kesan dan sensasinya pasti akan membuat agan sekeluarga ketagihan dan enggan untuk segera beranjak dari sana.

Namanya Bandungan sebuah objek wisata pegunungan yang terdapat di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

Obyek wisata bandungan ini dapat ditempuh dengan kendaraan selama 1 jam di sebelah selatan Semarang atau sekitar 20 menit dari Ungaran, atau sekitar 15 menit dari Ambarawa melalui jalur pegunungan. Mungkin untuk yang tinggal di Jakarta saat liburan tiba kalian sering berwisata ke Puncak Bogor ? nah jika Puncak terletak di Bogor, Semarang juga mempunyai Puncak yang namanya Bandungan.

Kenapa Dinamakan Bandungan ?

Dikisahkan dari Pasutri K. Sanggem yang memperoleh wangsit untuk mencari sumur di lereng Gunung Ungaran, yaitu sumur yang airnya mengalir seperti sungai agar dia dapat memiliki anak. Setelah sumur ditemukan dan dia memiliki banyak anak, lalu dia mendapatkan wangsit lagi untuk menutup (membendung) sumur tersebut agar tidak menyebabkan malapetaka bagi kampong dibawahnya, dengan konsekuensi di desanya tidak akan ada sumber mata air dan akhirnya sumur tersebut di tutup dengan gong. Desa tersebut akhirnya di kenal dengan Bandungan (bendungan).

Adapun obyek wisatanya adalah:

1. Candi Gedongsongo

Candi Gedong Songo (Sembilan Bangunan) adalah nama candi yang berada di bukit pegunungan Ungaran. Candi Gedong Songo terletak pada ketinggian sekitar 1.200 DPL dengan suhu sekitar 19 – 27 °C. Candi ini banyak kemiripan dengan candi yang ada di Dieng .

Spoiler for Penampakan Candi Gedong Songo:


2. Umbul Sido Mukti
Wisata Bandungan Umbul Sidomukti merupakan salah satu Wisata Alam Pegunungan di Semarang, berada di Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang.
Keelokan alam bakal membuat agan terpaku begitu tiba dipelataran lokawisata Girigahana Sidomukti. Hamparan sawah berundak, sungai kecil, air terjun, dan hutan pinus, begitu memesona. Jauh di seberang sana terlihat Gunung Ungaran, Gunung Merbabu dan Bukit Kembar Cimanggal. Sebuah harmoni alam nan menawan.
Wisata Bandungan umbul Sidomukti tidak hanya menawarkan keelokan alam, dan kesegaran udara, tapi juga menantang pengunjung untuk menguji nyali. Wahana Flying fox sepanjang kurang lebih 100 meter melintasi jurang yag cukup dalam. Dengan kedalaman lembah lebih dari 70 meter akan memacu adrenalin siapun yang melintasinya.
Selain itu juga tersedia Marine Bridge (jembatan tali) sepanjang 60 meter dengan jurang dibawahnya dengan kedalaman lebih dari 30 meter. Jika masih belum puas, masih ada tantangan lain yaitu menaklukkan dinding bukit setinggi 25 meter dan memacu kendaraan ATV menyusuri jalan tanah yang ada di sekitar jurang. Wow, sebuah pengalaman sensasional, mendebarkan, dan mengasyikkan.

Spoiler for Penampakan Umbul Sidomukti:


Apa Saja Aktifitas yang Bisa Anda Lakukan di Objek Wisata Bandungan ?

Di Objek Wisata Bandungan ini anda bisa mencoba outbound yang disediakan ditempat ini. Mulai dari Flying Fox, dan melewati jaring yang dibawahnya adalah jurang yang sangat dalam.

Dengan menyewa sebuah motor ATV agan bisa berkeliling Objek Wisata Bandungan, Agan juga bisa berkeliling perbukitan dan perkebunan buah di Bandungan.

Agan juga bisa menyewa kuda di Objek Wisata Bandungan ini,Agan bisa mendaki dan menuruni bukit dengan kuda di Bandungan, tentu dengan didampingi oleh si pemilik kuda.

Di Objek Wisata Bandungan ini terdapat kolam dengan mata air alami, berendam dipemandian ini memang sangat menyenangkan. Apalagi sehabis bersenang-senang dan menghabiskan waktu untuk berkeliling.

Satu lagi yang khas dari Bandungan adalah Bandungan ini merupakan salah satu tempat penghasil buah kelengkeng yang cukup besar. Buah Kelengkeng yang dihasilkan oleh daerah Bandungan juga sangat bagus kualitasnya, selain rasanya yang sangat manis daging buahnya juga cukup tebal.Selain itu juga ada Pasar Bunga Bandungan. Di pasar bunga ini puluhan petani penghasil bunga segar menjajakan bunga hasil kebun mereka kepada para tengkulak. Dan daerah ini juga terkenal sebagai salah satu daerah sentra bunga segar.

Akomodasi

Bagi para turis yang berkunjung ke Bandungan sekarang ini sudah tidak perlu khawatir mencari penginapan. Di Bandungan sekarang ini telah banyak sekali terdapat penginapan yang sangat bervariasi. Dari segi harga maupun fasilitasnya para wisatawan bisa bebas memilih. Dari yang paling murah dengan fasilitas sederhana namun tetap memuaskan, sampai dengan penginapan dengan kelas dan harga yang sedikit mahal.

Para pengunjung bisa menyesuaikan dengan kebutuhan mereka masing-masing. Bahkan sekarang ini beberapa tempat juga telah menyediakan kolam renang sebagai fasilitas pelengkap. Jadi untuk para wisatawan yang memang tidak ingin menginap, mereka bisa hanya sekedar berenang atau menikmati pemandangan pegunungan saja.

emoticon-I Love Indonesia (S)Ayo Gan Visit Semarangemoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh hotelbandungan 19-03-2015 12:54
0
24.8K
113
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan