Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

1897persempreAvatar border
TS
1897persempre
Pernah lihat modifikasi mobil yang bannya miring-miring? Baca nih..
Ini trit pertama ane gan. emoticon-Malu (S)
mohon maaf yaa jika ada yg tidak berkenan. emoticon-I Love Kaskus (S)

Kata Pengantar

Chamber adalah istilah otomotif untuk menyatakan sudut kemiringan ban mobil, baik ban depan ataupun ban belakang mobil. Biasanya dinyatakan dalam chamber negatif atau chamber positif.
Spoiler for ilustrasi chamber positif dan negatif:

Dalam beberapa waktu terkhir, semakin banyak modifikasi chamber mobil yang terlihat di jalanan.

Spoiler for modifikasi chamber:

Spoiler for modifikasi chamber:


Chamber sebenarnya adalah istilah otomotif untuk menyatakan kemiringan pada ban mobil. Bermacam-macam tujuan chamber pada mobil antara lain untuk pengaplikasian pada mobil balap khususnya Nascar yang menggunakan track belok dan miring dalam kecepatan tinggi. Juga pengaplikasian pada mobil touring untuk meringankan beban kemudi, dan lain-lain, sesuai prosedur yang tepat di bawah pengawasan profesional.

Nah, bagi Anda yang ingin mengaplikasikan low rider ataupun 'kaki' mobil chamber ini, ada baiknya Anda pelajari terlebih dahulu apa saja kekurangan atau nilai minus/negatif dari modifikasi mobil ceper/low rider/chamber:

1. Bantingan Suspensi Lebih Keras

Dengan memotong atau mengganti suspensi dengan lebih pendek, praktis yang dapat Anda rasakan adalah bantingan suspensi yang lebih keras dari kondisi normal. Anda akan merasa kurang nyaman dibandingkan mengendarai mobili kondisi standar, saat melaju di kondisi jalan tidak rata.

2. Kendala karena Ground Clearance Rendah

Jika Anda tinggal di Indonesia dengan jalan yang belum tentu selalu rata sepanjang jalan dan penuh hambatan 'super bowl' atau polisi tidur, maka keputusan Anda menceperkan mobil terlalu rendah untuk keperluan sehari-hari adalah salah besar. Bayangkan jika Anda sedang terburu mengemudi menggunakan mobil terlalu ceper, dan tidak sengaja melewati polisi tidur dengan kecepatan kencang. Gubrakk!! Body kit, bumper ataupun side skirts mobil Anda pasti 'terluka' entah itu 'luka parah' ataupun 'luka ringan'.

3. Guncangan Mobil Bertambah pada Modifikasi Chamber

Dalam pengaturan chamber ban atau sudut ban/kaki mobil, selayaknya hanya chamber negatif dengan sudut sangat tipis ditujukan untuk memudahkan pengemudi dalam berkendara karena mobil tidak mudah selip saat belok, serta mobil tenang saat melewati jalan tidak rata. Namun yang terjadi pada modifikasi mobil chamber, sudut chamber dibuat negatif dalam sudut sangat tebal agar ban dapat masuk dalam fender mobil. Padahal jika sudut chamber yang digunakan terlalu besar dan sudut tidak sama antara kedua ban, maka yang terjadi adalah ban menarik mobil ke salah satu sisi, dan mobil menjadi berguncang tidak wajar.

4. Umur Ban Lebih Pendek

Dalam modifikasi chamber negatif sudut tinggi, bisa diamati bahwa tumpuan berat mobil pada ban hanya di bagian sisi dalamnya saja, bukan pada seluruh bagian bawah ban seperti layaknya mobil standar. Hal ini menyebabkan ban mobil berumur jauh lebih pendek karena menumpu beban mobil yang tidak seharusnya hanya ditumpu dengan bagian dalam ban mobil saja.

5. Umur Kaki Mobil Lebih Pendek

Karena dalam perlakuan chamber negatif sudut tebal ini menyebabkan guncangan terus menerus, serta tumpuan rotasi roda yang berat sebelah, maka otomatis akan mempengaruhi umur kaki mobil Anda.

Dari segi eksterior, mobil yang ceper dan chamber sangat memikat mata. meskipun tidak semuanya menyukai ini, tapi patut diakui tren ini memang memikat mata para pengguna jalan. Apalagi dikombinasi dengan interior mewah dan tanpa memakai kaca film sehingga semakin wah terlihat di jalan, dan lain sebagainya.

Namun pertimbangkan kembali sebelum Anda memodifikasi mobil dengan model ceper ataupun chamber. Apakah mobil modifikasi akan dipakai harian, khusus kontes, dan pertimbangan lainnya.


sumber: http://mynewcarindonesia.com/blog/mo...lihat--tapi---
0
91.2K
94
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan