arts821Avatar border
TS
arts821
Mengenal kaum Yazidi
Yazidi




mungkin juragan-juragan sekalian pernah mengenal atau membaca tentang Yazidi di Internet yang banyak berita tentang kaum Yazidi yang mengungsi dari irak karena takut kepada Islamic State of Irac (ISIS) akan tetapi tidak tahu apakah dan bagaimanakah Yazidi itu, berikut adalah sepenggal cerita tentang mereka, silahkan menyimak.

Yazidi adalah salah satu dari sekte Syiah yang ekstrim (Ghulat) dan memiliki pengikut di seluruh dunia sekitar 300.000 orang. Kelompok utama 150.000 Yazidi tinggal di gunung Jebel Sinjar dan distrik Shaikhan dari baratlaut Irak. Setidaknya 50.000 Yazidi tinggal di bekas Uni Soviet (Armenia dan negara-negara Kaukasus lainnya). Mereka juga dapat ditemukan di Tenggara Turki sekitar Diyarbakir dan Mardin (10.000) tetapi kebanyakan beremigrasi dari sana ke Jerman pada tahun 80-an. Mereka juga tinggal di Suriah dan sekitar Aleppo (5.000), dan di beberapa bagian Iran. Diperkirakan 50.000 telah beremigrasi ke Eropa Barat, terutama ke Jerman, untuk mencari suaka dan pekerjaan.

Yazidi menyebut diri mereka Dawasi. Mereka disebut "penyembah Iblis". Mereka terkait erat dengan sekte yang sama seperti Ahl-i-Haqq.

Agama Yazidi adalah kombinasi sinkretis dari Zoroaster, Manichaean, Yahudi dan Kristen Nestorian dengan Syiah Islam dan elemen Sufi dan memiliki banyak varian. Mereka percaya bahwa mereka diciptakan secara terpisah dari semua umat manusia dan merupakan keturunan dari Adam saja - bukan dari Adam dan Hawa seperti umat manusia. Oleh karena itu mereka mengisolasi diri mereka dari masyarakat lain, dan tidak kimpoi dengan yg bukan dari kaum mereka. Mereka juga menyebut diri mereka "Anak Adam" dan melihat diri mereka sebagai umat pilihan.

Meski tersebar, masyarakat mereka terorganisir dengan baik. Emir mereka (Mirza Beg) yang tinggal di Ba'dari (65 km sebelah utara dari Mosul), adalah kepala sekuler yang mewakili Yazidi kepada pemerintah pusat. Dia melantik seorang Sheikh (Sheikh Nazir, Baba Sheikh) yang tinggal di Beled-Sinjar sebagai otoritas mutlak dan pemuka agama tertinggi pada kitab suci mereka.

Secara etnis Yazidi adalah etnis Kurmanji berbahasa Kurdi. Praktik keagamaan mereka berpusat pada makam tokoh pendiri mereka, Sheikh 'Adi bin Musafir di Lalesh, sekitar 60 km utara-timur dari Mosul, seorang sufi dari abad ke-12.

KEYAKINAN




Yazidi percaya bahwa Tuhan Yang Maha Esa menciptakan dunia, tetapi hirarki pemeliharaan didelegasikan kepada tujuh malaikat di antaranya Malak Ta'us (the Peacock Angel) menempati peringkat pertama. Malak Ta'us berdosa dengan tidak menyembah kepada Adam, dan dihukum dengan dilempar dari surga. Setelah menangis selama 7000 tahun, membuat api neraka menjadi padam, ia bertobat dari dosa kesombongannya, diampuni dan kembali sebagai kepala malaikat.

Dalam keyakinan Yazidi, Malak Ta'us adalah setan juga penguasa dunia, dan mereka berusaha untuk menenangkannya karena mereka takut akan kekuasaannya. Mereka tidak benar-benar menyembahnya, tetapi berusaha untuk menghormati dan menenangkan dia, percaya bahwa kuasa atas dunia telah didelegasikan oleh Yang Mahatinggi kepadanya. Mereka tidak akan pernah mengucapkan nama "shaitan"(Arabic) atau menggunakan kata yang dimulai dengan "SH". Ia dipandang sebagai Tuhan yang selalu berubah-ubah dalam menentukan nasib manusia sesuai yang ia kehendaki dan di antaranya penggabungan prinsip-prinsip kebaikan dan kejahatan. dan meyakini bahwa ia muncul dalam bentuk yang berbeda di berbagai periode sejarah(Reinkarnasi), reinkarnasi terakhirnya adalah Sheikh 'Adi ben Musafir (d. 1162).

Malak Ta'us mengatur alam semesta dengan bantuan enam malaikat lain, dan ia juga penjaga pintu surga. Tujuh malaikat disembah oleh Yazidi dalam bentuk tujuh patung merak perunggu atau Sanjaq, yang terbesar beratnya mencapai 320 kg. Enam lainnya diambil setiap tahun pada putaran utama Yazidi pusat.

Malaikat lain, Sultan Ezi adalah peringkat kedua dari Malak Ta'us dan banyak legenda yang menceritakan tentang dia. Dia kadang-kadang diidentifikasi sebagai Khalifah Umayad kedua Yazid bin Mu'awiyah. Malaikat penting lainnya adalah Sherf-Edin (tuan mulia agama) yang dipandang sebagai Al Mahdi (kembalinya Mesias), dan She-Shims (sun syekh) yang menyajikan doa-doa Yazidi kepada takhta Tuhan tiga kali sehari.

Setelah neraka dihancurkan oleh Malak Ta'us, maka tidak ada lagi neraka. Tidak ada konsep pengampunan dosa. Perbuatan seseorang menerima hukuman atau pahala adalah dengan reinkarnasi berikutnya. Transmigrasi jiwa adalah proses pemurnian bertahap melalui kelahiran kembali berturut-turut sampai hari penghakiman.

Seperti semua kelompok Syiah, Yazidi sangat mempercayai Taqiyya, dengan menutup-nutupi kepercayaan mereka dalam menjalani kelangsungan hidup dalam bermasyarakat.


RITUAL DAN PERAYAAN




Sheikh 'Adi, pendiri tokoh Yazidi, adalah Sufi mistik abad ke-12 yang dipercayai sebagai manifestasi akhir dari Malak Ta'us. Makamnya adalah pusat agama mereka dan titik fokus dari ziarah tahunan mereka.

Sekali setahun, pada awal Oktober, semua Yazidi berkumpul di maqam Sheikh 'Adi. Perayaan diawasi oleh Emir dan Baba Sheikh. Para peziarah ritual mandi di sungai dan membentuk prosesi di mana beberapa kasta pendeta membawa Sanjaqs, memainkan seruling dan drum, bernyanyi dan menari. Ratusan lampu minyak wijen yang dinyalakan di makam dan dan membawa beberapa persembahan khusus. Dan mereka juga mengorbankan Banteng putih dan beberapa makanan dari pepohonan. Sebuah ular hitam, simbol Malak Ta'us, diukir di pintu kuil dan dicium oleh para peziarah. setelah semua itu mereka bersukacita dengan bernyanyi dan menari. Para pendeta terlibat dalam ritual rahasia yang orang biasa tidak memiliki akses.

Ritual Yazidi berdoa tiga kali sehari menghadap kepada matahari setelah pertama mencuci tangan dan wajah mereka. Doa-doa dilantunkan dalam bahasa Kurdi dengan mengucapkan syukur dan memohon untuk berkat dan bantuan. Hari suci mereka adalah hari Rabu, di mana mereka berkumpul pada waktu fajar di Ziyaret (pusat ziarah lokal). Hari istirahat adalah hari Sabtu. Dua kali setahun mereka puasa selama tiga hari: di festival matahari (ida roja, 1 Desember) dan pada Khidr Elias Festival (hari Nabi Elia, 18 Februari).

Festival tahun baru (ida sersale, Rabu pertama bulan April) adalah waktu untuk bersukacita. mereka mengorbankan Domba, kambing atau ayam, rumah-rumah dihiasi dengan bunga-bunga. Api unggun yang menyala di malam hari. Yazidi merayakan festival lainnya, termasuk dua hari di akhir Ramadhan umat Muslim dan pesta Yesus (Isa ida) pada waktu Paskah.

Yazidi menghormati mereka yang mati, memberikan persembahan, terutama buah sulung, di kuburan mereka. Banyak desa Yazidi memiliki makam orang suci di dekatnya yang digunakan sebagai pusat ziarah lokal. Peziarah mencari berkah, perlindungan dan penyembuhan di makam tersebut.

Yazidi mengharamkan makan selada, karena mereka percaya bahwa ada kejahatan di dalamnya. Tradisi mengatakan bahwa "setan pernah bersembunyi di potongan selada". Kemungkinan ini kembali kepada ajaran Manichaean yang percaya bahwa Divine Light(Cahaya Tuhan) terkandung dalam tanaman lebih dari pada dalam zat lainnya. Umumnya Yazidi tidak boleh memakai pakaian warna biru gelap yang spesifik, atau kemeja yang terbuka di bagian depan. Pakaian harus putih. Yazidi yang sangat fanatik tidak makan ayam atau daging rusa.

Menurut orang tua Yazidi kelahiran adalah satu-satunya jalan ke masyarakat. Sejak lahir setiap Yazidi secara otomatis terkait dengan Sheikh atau Pir tertentu. Hubungan ini tidak dapat diubah. Anak-anak dibaptis dalam minggu pertama setelah lahir, sementara sunat adalah opsional. Antara 7 sampai 11 bulan, anak laki-laki akan masuk ke dalam keanggotaan penuh dari masyarakat melalui upacara khusus di mana Sheikh memotong tiga kunci rambut anak itu yang lalu disembunyikan oleh ibu.

Para Syaikh tampil di pernikahan dan pemakaman dengan doa-doa khusus dan liturgi.

Kitab-kitab suci Yazidi adalah dua buku pendek yang ditulis dalam bahasa Arab: Kitab al-Jilwah (book of revelation) ditulis oleh Sheikh 'Adi sendiri, dan Mishaf Rash (black book) oleh Sheikh Hasan ibn-'Adi. Sebuah nyanyian Arab memuji Syaikh 'Adi sangat dihormati sebagai bagian dari liturgi mereka.

The Black Book, Revelation of Melek Taus(Satan/Qu'ratal Yazid/The Peacock Angel/The Fallen Angel)- Kitab pedoman Agama Yazidi, kaum esoteris dr Sinjar Iraq/Iran Persia-mesopotamia,
pengamat memandang bahwa ajaran Yazidi menyebar luas dianut bnyk satanis/masonry Eropa.



berikut adalah kutipan dari kitab Yazidi
"There is NO GOD but My Self"
"KNOWING this.. who dares worship the false Gods of the Koran and Bible?”-[Revelation of Melek Taus/Quratel Yazid]


MASYARAKAT


 


Masyarakat Yazidi dibagi menjadi dua kelas, kaum awam dan ulama. Pernikahan secara ketat terbatas pada kelasnya sendiri, pada sukunya sendiri dan lebih utama kepada sepupu sendiri.

Orang Awam dari mayoritas Yazidi diharapkan untuk tidak belajar membaca atau menulis (hak istimewa ini hanya untuk Imam yang mengklaim keturunan dari Sufi terkenal Hasan al-Basri). Mereka tidak dibolehkan mempelajari lebih dalam misteri agama mereka, tugas mereka hanya untuk menjaga ritual keagamaan dan mematuhi pemimpin spiritual mereka. Setiap Yazidi terhubung sebagai murid ke Sheikh tertentu atau Pir, yang mereka cium tangannya setiap hari.

Para pendeta atau imam (Ruhan, Kahana) sangat dihormati dan tidak boleh memotong rambut atau jenggot. Mereka dibagi menjadi enam kelas:

1. Syaikh yang berasal dari lima keluarga yang terkait erat dengan Sheikh 'Adi.

2. Pirs, keturunan dari beberapa murid Syekh Adi.

Syaikh dan Pirs bertanggung jawab atas kesejahteraan rohani keluarga murid di bawah perawatan mereka, dan untuk mengajarkan kepada mereka ritual dan upacara Yazidi yang benar. Mereka juga berfungsi pada festival keagamaan dan pada upacara peralihan (kelahiran, pernikahan, kematian, dll).

3. fakir atau Karabash yang mengenakan kemeja hitam di samping kulit mereka dan mengenakan topi turban hitam bulat. Mereka terorganisir seperti tarekat sufi dan memiliki aturan asketis mereka sendiri.

4. Kawwals, yang bernyanyi dan bermain musik di festival. Perwakilan mereka membawa Sanjaqs sekitar desa Yazidi, mengundang mereka untuk ziarah ke Sheikh Adi dan mengumpulkan sumbangan mereka kepada Emir dan pemeliharaan pusat keagamaan.

5. Kocaks - penari yang melayani di makam Syekh 'Adi.

6. Awhan atau diakon yang melakukan layanan membantu di makam.

Setiap Yazidi ditetapkan sebagai "Saudara laki-laki atau saudara perempuan dari Dunia Lain" pada saat mencapai pubertas. Ini adalah hubungan spiritual yang berlangsung sampai kematian dan membawa tanggung jawab seremonial tertentu (mirip dengan wali baptis dalam kekristenan).

Bahasa Yazidi, baik dalam ibadah maupun kehidupan sekuler, adalah Kurmanji dialek Kurdi. Yazidi diatur dalam suku, dengan kepala (Agha) yang mengepalai masing-masing suku. Setiap suku dibagi menjadi kelompok-kelompok suku. Pernikahan adalah monogami dan terbatas pada kasta dan suku seseorang.

wassalam,

sumber : ane bingung nyantumin sumbernya gansoalnya sumbernya dari banyak website, silahkan kreatif gan cari deh kata yazidi di website dengan keyword " Yazidi " dan " Malak Taus"/"Melek Taus" artikel ane dari hasil translate website2 tersebut, dari wikipedia juga ane ambil garis besarnya aja.emoticon-Blue Guy Peace
Diubah oleh arts821 19-04-2015 04:34
1
15.3K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan