Dunia Ads Network Penuh trik dan intrik, serta dibalut dengan kebebasan yang kadang suka bikin kebablasan!
Agan pernah nggak lihat iklan-iklan nyeleneh di situs-situs? Atau justru iklan yang bikin mata pria terbelalak waktu lagi asyik stalking di Facebook?
Nah kadang iklan-iklan kayak gitu memang menggoda banget buat diklik. Soalnya gambarnya itu gan, syur bener! Ditambah lagi, judulnya itu lho gan. Walaaahh, bohong kalau nggak penasaran dan pengen ngeklik! Soalnya nih ya, biasanya judulnya tuh ada hubungannya sama sensasi yang lagi seru dibahas.
Kadang, kita langsung sebel sama pihak seperti situs atau brand yang namanya tertulis di iklan nyeleneh itu. Tapi sebenarnya, itu belum tentu salah mereka lho! Bisa jadi nama mereka cuma dipakai saja dan disalahgunakan oleh pihak yang nggak bertanggung jawab.
Dari baca-baca dan tanya sana-sini, ane akhirnya paham juga nih soal permainan ads network (begini sebutannya) ini. Memang nggak sampai dalam banget sih, tapi paling nggak, ane jadi ngerti, “begini toh cara main dunia ads network itu…”. Ane sekadar sharing aja nih ya gan.
Spoiler for Platform Bebas:
PLATFORM BEBAS
Dari yang ane dapat, ads network ini punya platform khusus untuk memasarkan atau mempromosikan sesuatu. Baik itu situs atau aplikasi untuk gadget. Nantinya iklan itu akan dipasang di situs atau aplikasi atau bahkan media sosial.
Lewat sistem rumit yang mereka miliki, si pemasang iklan bisa langsung memasukkan kampanye atau promosi yang mereka inginkan. Cuma dengan daftar, login, agan langsung bisa jadi si pemasang iklan, yang bisa dengan bebas membuat iklan sesuai dengan keinginan.
Dalam membuat iklannya, agan jangan lupa masukin APK atau link URL ke situs yang agan pengen promosiin. Gampang banget kan?
Spoiler for Kebebasan Yang Kebablasan:
KEBEBASAN YANG KEBABLASAN
Sayangnya, dengan semua kebebasan itu, masih ada kebablasan yang harus dihadapi. Parahnya lagi, kebablasan ini bisa melibatkan nama dan pihak lain yang juga menggunakan layanan ads network ini.
Gimana kebablasannya?
Dari info yang ane dapat nih ya gan, sekali agan tergabung dengan salah satu platform ads network, agan bisa bebas melihat beragam APK atau promosi lain yang juga ada di ads network itu! Lebih parahnya lagi, semua yang tergabung di platform ads network bisa menggunakan semua materi promosi yang ada di sana!
Agan bisa deh tuh promosiin produk dagangan agan, tapi pake nama brand lain yang agan pengen, dan pake judul yang agan pengen juga. Ditambah lagi, agan juga bisa pake foto atau gambar apa aja yang agan mau!
Jadi, jangan heran kalau ada iklan yang berjudul bombastis, dengan foto atau gambar yang sangat menggoda, dan dengan embel-embel salah satu brand. Padahal, begitu agan klik iklan itu, belum tentu agan diarahkan ke situs atau aplikasi brand tersebut!
Kusut? Memang seperti itu kurang lebih kusutnya ekosistem ads networks ini. Siapa pun bisa mendompleng nama besar, bahkan menyalahgunakan nama besar yang ada.
Kalau ane rangkum secara singkat nih ya, siapa pun yang tergabung di platform ads networks bisa membuat promosi dengan menggunakan materi, nama, link URL, APK, dan gambar seperti apa pun. Semua demi tujuan yang mungkin kita sama-sama tahu, keuntungan. Atau bahkan kejahatan, untuk menjatuhkan pesaing bisnis misalnya.
Spoiler for Ada Aturannya Nggak Sih?:
ADA ATURANNYA NGGAK SIH?
Kalau memang ekosistem ads networks itu segitu bebasnya, masa iya nggak ada peraturannya?
Kayak yang kita sama-sama tahu, sebuah bisnis pasti punya Syarat dan Ketentuan yang tentunya berlaku di bisnis itu. Begitu juga ads networks. Setiap platform ads networks punya regulasinya masing-masing.
Lalu, kenapa mereka nggak menurunkan iklan yang nggak sepantasnya, atau iklan yang cenderung misleading dan menipu? Mereka bisa kok menurunkan iklan itu. Dengan catatan, ada pihak yang mengadu atau protes ke mereka.
Kalau nggak ada yang mengadu bagaimana? Ya iklan itu akan terus beredar di berbagai situs dan media sosial. Karena memang ekosistem ads networks ini susah sekali untuk dikontrol dengan detail.
Spoiler for Yuk Belajar!:
BELAJAR DAN LEBIH TAHU
Jujur, setelah tahu lebih banyak soal ekosistem ads networks ini, mata ane jadi lebih kebuka banget nih gan. Ane jadi bisa lebih paham lagi kalau melihat iklan-iklan aneh di dunia maya. Ane jadi nggak langsung percaya kalau itu ulah brand yang namanya dijadiin judul iklan, atau brand yang situsnya kebuka pas ane ngeklik iklan itu. Dan bukan salah mereka juga gan, kalau jadi ada iklan kayak gitu pake nama mereka. Abis, ekosistemnya emang ribet banget gan!
Seluk beluk ekosistem digital dan ads networks memang luar biasa rumit. Yuk gan, sama-sama belajar, dan jadi lebih tahu soal semua trik dan nggak gampang percaya kalau menemukan iklan-iklan penuh tipuan seperti ini.
gimana gan? yuk share di sini kalau ada tambahan lagi. ane mau tahu lebih lagi nih soal beginian. entar ane pekiwan kalo ada yang manteb.