azurrafumiAvatar border
TS
azurrafumi
ini lah salah satu contoh perusahaan yang GA BANGET
Assalamualaikum wr wb

Ane baru pertama kali bikin thread lewat henpon pula mohon maklum kalo thread ini berantakan
Ane adalah kawan dari salah satu karyawan PT.PIONIRBETON INDUSTRI yaitu sebuah anak persahaan dari INDOCEMENT yg bergerak di bidang ready mix
Ane mau berbagi berita ini sama agan2 sekalian

Berikut berita yg ane kutio dari gelora.com

JAKARTA- Hingga hari ini Selasa (14/4) ratusan pekerja PT. PionirBeton Industri – sebuah anak perusahaan PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk - yang tergabung dalam Serikat Buruh PT. PionirBeton Industri (SB-PBI – KASBI) masih terus melakukan mogok kerja melawan kesewenang-wenangan pihak PT. PionirBeton Industri. Mogok kerja yang dimulai sejak tanggal 6 April 2015 ini dipusatkan di Kantor Pusat Operasional PT. PionirBeton Industri di plant Pulo Gadung yang berlokasi di jalan Rawa Sumur IV Blok BB9 A-B, Kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur.



Mogok kerja ratusan buruh PT. PionirBeton Industri dipicu sikap arogan management yang menolak untuk melakukan pertemuan bipartit terkait berbagai pelanggaran ketenagakerjaan. Selama bertahun-tahun PT. PionirBeton Industri telah mempraktekkan sistem kerja kontrak dan outsourcing yang melanggar ketentuan perundang-undangan. Ratusan pekerja yang rata-rata telah bekerja belasan tahun hingga hari ini masih berstatus pekerja kontrak dan ratusan pekerja lainnya bekerja dengan status outsourcing.

PT PionirBeton Industri juga tidak membayarkan upah pekerja sesuai dengan upah minimum sektoral sesuai ketentuan pemerintah dan tidak mendaftarkan pekerja sebagai peserta BPJS. Lebih parah lagi, PT. PionirBeton Industri melakukan PHK dan mutasi sepihak kepada anggota serikat buruh SB PBI–KASBI untuk menakut-nakuti dan meredam tuntutan buruh.

Adapun yang menjadi tuntutan buruh dalam mogok kerja kali ini adalah penghapusan System Kerja Kontrak, di PT. PionirBeton Industri dan mengangkat seluruh Pekerja Kontrak (PKWT) menjadi Pekerja Tetap (PKWTT) sesuai UU no. 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan.

SB PBI–KASBI juga menuntut pemberlakuan kenaikan upah sesuai dengan ketentuan upah minimum sektoral dan pemberlakuan upah kerja lembur (overtime) sesuai ketentuan yang berlaku.

“Kami juga menuntut agar seluruh pekerja PT. PionirBeton Industri didaftarkan oleh perusahaan ke dalam program BPJS dan penghapusan system kerja OUTSHOURCHING, Angkat seluruh pekerja outshourching menjadi buruh tetap,” tegas Ketua Umum Konfederasi Konggres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), Nining Elitos kepada Bergelora.com di Jakarta.

Menurutnya, buruh juga menolak PHK sepihak, menuntut mempekerjakan kembali Durahman, Agam, Rustandi, di PT. PionirBeton industry pada bagian Driver Truk Mixser (DTM), seperti semula.

“Kami juga menolak mutasi sepihak, plant soekarnoHatta Bandung 9 orang, Plant Kamal Jakarta 6 Orang, kembali kan seperti semula,” tegasnya.

Manajemen Arogan

Sekjen KASBI, Sunarno menjelaskan bahwa dalam perundingan yang dilakukan selama mogok kerja, pihak manajemen PT. PionirBeton Industri tetap dengan sikap arogansinya untuk menolak tuntutan kaum buruh bahkan mengancam akan melakukan PHK kepada pekerja yang melakukan mogok.

Menurutnya, situasi ini jelas memprihatinkan bagi seluruh rakyat Indonesia, terutama kaum buruh Indonesia tengah mempersiapkan diri untuk merayakan Hari Buruh Sedunia (Mayday).

“Oleh karena itu, kami mendesak kepada Manajemen PT. PionirBeton Indonesia untuk segera memenuhi tuntutan para pekerja. Kami juga mendesak kepada Kementrian Tenaga Kerja Republik Indonesia agar segera mengambil upaya yang diperlukan untuk segera menyelesaikan permasalahan di PT. PionirBeton Industri,” tegasnya

KASBI juga menuntut Pemerintah Republik Indonesia untuk:

1. Hapus sistem kerja kontrak dan outsorcing

2. Upah layak bagi kaum buruh

3. Jaminan sosial bukan asuransi sosial

4. Subsidi untuk rakyat

5. STOP Privatisasi Dan Nasionalisasi semua aset-aset strategis

6. STOP Union Busting dan kriminalisasi aktifis buruh

7. Turunkan harga BBM dan sembako

8. Bangun industri nasional yang kuat untuk mensejahterahkan rakyat

9. Tanah untuk kesejahterahan rakyat

10. Pendidikan gratis dan berkwalitas untuk seluruh rakyat

“Hidup Buruh! Satu Tekad, Satu Sikap, Satu Tindakan: Hancurkan Neoliberalisme!” tegasnya. (Eka Pangulimara H)


Begitu gan berita nya
Ane di ceritain sama kawan ane ini, beberapa diantara mereka gaji nya ada yg belom di bayar.
Ada bapak2 yg dah berumur sampe pingsan buat perjuangin hak2 mereka tapi apa agan tau reaksi orang2 yg berkuasa di perusahaan tersebut? Mereka tertawa... ngetawain usaha mereka, ane denger gan rekaman pas merka mencibir, ngetawain, ngatain mereka pikiran nya rendah OH MY pengen emoticon-Mewek ane

Quote:


Mereka ga mau ada pengangkatan karyawan meskipun ada karyawan kontrak udah bertahun2 (Ada yg malah udah 14tahun) masih aja ga jelas status nya
Dan gaji UMR mereka dibawah UMR readymix jakarta


Update 16 april
Gaji karyawan yg belom dibayar udah turun hari ini emoticon-Big Grin
Update lagi
Gaji yg turun baru yg pokok, uang lembur belom turun... dijanjiin bareng sama gaji bulan april

Terima kasih gan udah sempet mampir dan baca ini,


Sumber: http://bit.ly/1IYTVIE
Diubah oleh azurrafumi 16-04-2015 12:18
0
45.1K
191
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan