- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Surat Terbuka (Juga) untuk Lazada Indonesia


TS
bibia
Surat Terbuka (Juga) untuk Lazada Indonesia
Karena males ngetik lagi, ane copas dari apa yang ane ketik ke Surat Pembaca web Kompas barusan (in review process oleh web Kompas). Anggap aja kalo yang di web Kompas gagal tayang.
Ga perlu bukti screenshot lah ya..
Informasi di atas valid. Pihak lazada bisa cek dari nomor tiket komplain ane.
And pleasS E N S O R
1. Patch your system bug!
2. Review your SOP and customer satisfaction!
3, Respond with faster and better solution!
Note:
Yang komen n nanya2, ane ga akan respon ya.
Kecuali ane lagi kurang kerjaan.

Quote:
Pada tanggal 6 April 2015 jam 21.49 WIB, saya melakukan pembayaran orderan di Lazada Indonesia (www.lazada.co.id) dengan nomor transaksi 336325862 melalui KlikPay BCA; dan dikonfirmasi oleh BCA melalui email bahwa transaksi sedang diproses dan rekening saya sudah terdebet sesuai nilai nominal transaksi order.
Saya menunggu konfirmasi dari Lazada hingga keesokan harinya, tapi tetap tidak ada email ataupun sms. Status order di web Lazada sendiri juga tetap kosong Kemudian esok siangnya (7 April 2015) saya mempertanyakan status transaksi dan pembayaran saya via chat 2 kali di web Lazada, dengan CS RK_Sri (jam 14.37) dan RK_Nurul (jam 15.10). Saya juga menelpon ke nomor layanan pelanggan 021-29490200 (namun saya lupa nama CS pria yang menerima saya). Semua jawabannya senada: pesanan saya terbatalkan oleh sistem Lazada; dan solusinya hanya: pengembalian dana ke rekening saya dengan estimasi waktu 7 hingga 14 hari kerja. Bagi saya itu sama saja dengan 9 hingga 18 hari kalender (Sabtu dan Minggu dihitung).
Jam 15.35 (masih di tanggal 7 April 2015), saya mengirimkan email keluhan ke support@lazada.co.iddengan nomor tiket 2246515 beserta bukti screenshot konfirmasi dari BCA, dan baru ditanggapi tanggal 9 April 2015 jam 12.53 oleh CS bernama Sapto. Jawaban yang saya terima lagi-lagi mengecewakan dan mengulang sebagian hal yang sudah saya ketahui sebelumnya: "Sehubungan dengan konfirmasi Bapak mengenai bukti pembayaran untuk nomor pesanan 336325862 yang telah terbatalkan secara sistem, kami informasikan bahwa kami telah menindaklanjuti ke pihak Finance. Pengecekan pembayaran membutuhkan waktu 3x24 jam. Sebelumnya mohon maaf atas ketidaknyamanannya."
Saya sangat kecewa dengan solusi seperti ini dan lambannya respon dan action dari tim support@lazada.co.id. Transaksi saya dibatalkan sepihak begitu saja, uang saya dikembalikan lama, dan respon lamban dari perusahaan yang dikatakan sebagai web jual beli online nomor satu di Indonesia.
Saya cukup kaget saat melakukan kata pencarian "Surat terbuka Lazada" di Google. Bahkan ada customer lain yang kasusnya sangat mirip dengan saya: pembatalan sepihak dan juga dengan pembayaran KlikPay BCA. Sedangkan selama ini KlikPay BCA tidak pernah bermasalah saat saya melakukan transaksi pembayaran dengan web lain.
Saya menunggu konfirmasi dari Lazada hingga keesokan harinya, tapi tetap tidak ada email ataupun sms. Status order di web Lazada sendiri juga tetap kosong Kemudian esok siangnya (7 April 2015) saya mempertanyakan status transaksi dan pembayaran saya via chat 2 kali di web Lazada, dengan CS RK_Sri (jam 14.37) dan RK_Nurul (jam 15.10). Saya juga menelpon ke nomor layanan pelanggan 021-29490200 (namun saya lupa nama CS pria yang menerima saya). Semua jawabannya senada: pesanan saya terbatalkan oleh sistem Lazada; dan solusinya hanya: pengembalian dana ke rekening saya dengan estimasi waktu 7 hingga 14 hari kerja. Bagi saya itu sama saja dengan 9 hingga 18 hari kalender (Sabtu dan Minggu dihitung).
Jam 15.35 (masih di tanggal 7 April 2015), saya mengirimkan email keluhan ke support@lazada.co.iddengan nomor tiket 2246515 beserta bukti screenshot konfirmasi dari BCA, dan baru ditanggapi tanggal 9 April 2015 jam 12.53 oleh CS bernama Sapto. Jawaban yang saya terima lagi-lagi mengecewakan dan mengulang sebagian hal yang sudah saya ketahui sebelumnya: "Sehubungan dengan konfirmasi Bapak mengenai bukti pembayaran untuk nomor pesanan 336325862 yang telah terbatalkan secara sistem, kami informasikan bahwa kami telah menindaklanjuti ke pihak Finance. Pengecekan pembayaran membutuhkan waktu 3x24 jam. Sebelumnya mohon maaf atas ketidaknyamanannya."
Saya sangat kecewa dengan solusi seperti ini dan lambannya respon dan action dari tim support@lazada.co.id. Transaksi saya dibatalkan sepihak begitu saja, uang saya dikembalikan lama, dan respon lamban dari perusahaan yang dikatakan sebagai web jual beli online nomor satu di Indonesia.
Saya cukup kaget saat melakukan kata pencarian "Surat terbuka Lazada" di Google. Bahkan ada customer lain yang kasusnya sangat mirip dengan saya: pembatalan sepihak dan juga dengan pembayaran KlikPay BCA. Sedangkan selama ini KlikPay BCA tidak pernah bermasalah saat saya melakukan transaksi pembayaran dengan web lain.
Ga perlu bukti screenshot lah ya..
Informasi di atas valid. Pihak lazada bisa cek dari nomor tiket komplain ane.
And pleasS E N S O R
1. Patch your system bug!
2. Review your SOP and customer satisfaction!
3, Respond with faster and better solution!
Note:
Yang komen n nanya2, ane ga akan respon ya.
Kecuali ane lagi kurang kerjaan.

Quote:
UPDATE hari ini (10 April 2015):
Tadi ga lama abis Jum'at-an ane ditelpon ama CS Representative Lazada, dan ane ditawarin 2 opsi: duit dikembalikan, atau transaksi dilanjutkan.
Berhubung udah ga yakin bakal lancar juga pengirimannya (karena dari hasil Googling, masih banyak kasus pengiriman yang telat), ane milih opsi pertama. Dan di awal dijanjikan 3 hari. Ane ngotot minta paling lambat besok. Dinego lagi, kemungkinan besar baru bisa Senin. Tapi ane tetap ngotot besok paling lambat. Trus diproses oleh mereka (katanya), tadi ane cek saldo masih belum balik. N jujur pesimis besok juga bakal belum. Jadi case blom closed buat ane.
I did some bullshit with some customers in the past.
So I know the drill.
We called it "Company Policy".
Well, I'm the customer now.
And I know shits too well.
Tadi ga lama abis Jum'at-an ane ditelpon ama CS Representative Lazada, dan ane ditawarin 2 opsi: duit dikembalikan, atau transaksi dilanjutkan.
Berhubung udah ga yakin bakal lancar juga pengirimannya (karena dari hasil Googling, masih banyak kasus pengiriman yang telat), ane milih opsi pertama. Dan di awal dijanjikan 3 hari. Ane ngotot minta paling lambat besok. Dinego lagi, kemungkinan besar baru bisa Senin. Tapi ane tetap ngotot besok paling lambat. Trus diproses oleh mereka (katanya), tadi ane cek saldo masih belum balik. N jujur pesimis besok juga bakal belum. Jadi case blom closed buat ane.
I did some bullshit with some customers in the past.
So I know the drill.
We called it "Company Policy".
Well, I'm the customer now.
And I know shits too well.
Quote:
Update Selasa, 14 April 2015, 16.54:
Jumat lalu gw dah ngotot duit ditransfer balik paling lambat Sabtu, walo saat tu gw tau kalo tetep aja bakal masuk ke rekening gw Senin.
Tapi, hingga hari ini, masih belum gw terima. Email gw ga direspon lagi sejak kemaren. Ni perusahaan, kecil apa gimana ya? Ga profesional banget ama omongan.
Senin kemaren gw malah terima notifikasi email dan sms, agar gw transfer pembayaran ke rekening Niaga mereka.
Yang bego di dalam perusahaan siapa sih?
Udah jelas dikonfirmasi by phone n email (dengan CS Amalia), kalo gw batalin order n minta duit kembali Sabtu paling lambat. Trus Senin malah terima notif seperti itu?
Pada bisa kerja bener ga sih pegawainya?
Buka lowongan, kalo kekurangan orang!
Baru kali ni gw ketemu system kampret gini, dibiarin berulang2 kejadian, ga ada solusi yang cepat.
Jumat lalu gw dah ngotot duit ditransfer balik paling lambat Sabtu, walo saat tu gw tau kalo tetep aja bakal masuk ke rekening gw Senin.
Tapi, hingga hari ini, masih belum gw terima. Email gw ga direspon lagi sejak kemaren. Ni perusahaan, kecil apa gimana ya? Ga profesional banget ama omongan.
Senin kemaren gw malah terima notifikasi email dan sms, agar gw transfer pembayaran ke rekening Niaga mereka.
Yang bego di dalam perusahaan siapa sih?
Udah jelas dikonfirmasi by phone n email (dengan CS Amalia), kalo gw batalin order n minta duit kembali Sabtu paling lambat. Trus Senin malah terima notif seperti itu?
Pada bisa kerja bener ga sih pegawainya?
Buka lowongan, kalo kekurangan orang!
Baru kali ni gw ketemu system kampret gini, dibiarin berulang2 kejadian, ga ada solusi yang cepat.
Quote:
Update Kamis, 16 April 2015, 20.53:
Tadi pagi (jam 9.21), akhirnya pihak Lazada ngontak gw lagi. Singkatnya gw debatin lagi kejadian ini, dan kejadian2 yang mirip di customer yang lain. Gw diminta untuk tunggu tanpa kejelasan waktu. Trus dijanjikan kompensasi voucher Lazada tanpa minimum order; yang kemudian gw bilang gw ga butuh karena udah kapok order ke Lazada. Inti pembicaraan telpon, gw ngomel2 - dy dengerin. Dy ngomong - gw dengerin. Tapi tetap gw bilang gw ga puas dan kecewa. Dy janjiin akan eskalasi internal; walo gw sumpah udah pesimis ada hasil yang berarti. Gw dah kaya' mak2 yang ngoceh2 ga jelas di pasar ikan.
Pulang kerja gw iseng cek rekening, dan ternyata udah balik duit transaksi gw. So, berarti secara general, case gw closed.
Cuman tetap menyayangkan, kenapa harus gw ribut2 dulu, baru ada progress dan action?
Saran ane buat rekan kaskuser laen:
1. Kalo belanja mending cari di luaran yang bisa COD, ato ke toko langsung yang direkomendasikan temen (ato emang toko langganan).
2. Kalo belanja di Lazada, hindari pake KlikPay BCA.
3. Kalo belanja di Lazada, berarti dah siap alamin: sistem ngaco karena hal laen (thanks to their awesome programmer), orderan lama diproses dan dikirim (ni bisa karena seller yang "numpang" di sana yang emang lama proses pengiriman).
Saran untuk tim Lazada:
1. Tolong banget, cukup gw aja yang alamin gini. Kalo emang customer yang salah; cancel orderan, trus minta refund cepat + ngomel2, maka wajar customer tersebut mengikuti aturan menunggu proses refund sekian hari. Kejadian gw? Sistem yang batalin, ga bisa tetap diproses (krn di awal gw ga mo cancel), tapi tetap ga bisa (duit dikembalikan dalam 7-14 hari kerja). Makanya gw ributin. Cape ngributin hal kaya' gini ama staf. Saya masih ada rasa kasian, dan ga ada masalah personal dengan staf biasa di sana. Makanya lagi, di awal gw berharap bisa ngomong ama level SPV atau Manager. Tugas mereka ngadapin customer rese kaya gw.
2. Salam ama programmer atau siapapun admin system nya. Good job!
3. Ada lowongan ga di sana? Biar gw bantu benahin deh. manajemen operasional nya.
--> seriusan iniih!
4. Udah gitu aja. CASE CLOSED --> walo kompensasi voucher tetap ga gw trima di email.
tapi gpp. ga guna juga.
Tadi pagi (jam 9.21), akhirnya pihak Lazada ngontak gw lagi. Singkatnya gw debatin lagi kejadian ini, dan kejadian2 yang mirip di customer yang lain. Gw diminta untuk tunggu tanpa kejelasan waktu. Trus dijanjikan kompensasi voucher Lazada tanpa minimum order; yang kemudian gw bilang gw ga butuh karena udah kapok order ke Lazada. Inti pembicaraan telpon, gw ngomel2 - dy dengerin. Dy ngomong - gw dengerin. Tapi tetap gw bilang gw ga puas dan kecewa. Dy janjiin akan eskalasi internal; walo gw sumpah udah pesimis ada hasil yang berarti. Gw dah kaya' mak2 yang ngoceh2 ga jelas di pasar ikan.

Pulang kerja gw iseng cek rekening, dan ternyata udah balik duit transaksi gw. So, berarti secara general, case gw closed.
Cuman tetap menyayangkan, kenapa harus gw ribut2 dulu, baru ada progress dan action?

Saran ane buat rekan kaskuser laen:
1. Kalo belanja mending cari di luaran yang bisa COD, ato ke toko langsung yang direkomendasikan temen (ato emang toko langganan).
2. Kalo belanja di Lazada, hindari pake KlikPay BCA.
3. Kalo belanja di Lazada, berarti dah siap alamin: sistem ngaco karena hal laen (thanks to their awesome programmer), orderan lama diproses dan dikirim (ni bisa karena seller yang "numpang" di sana yang emang lama proses pengiriman).
Saran untuk tim Lazada:
1. Tolong banget, cukup gw aja yang alamin gini. Kalo emang customer yang salah; cancel orderan, trus minta refund cepat + ngomel2, maka wajar customer tersebut mengikuti aturan menunggu proses refund sekian hari. Kejadian gw? Sistem yang batalin, ga bisa tetap diproses (krn di awal gw ga mo cancel), tapi tetap ga bisa (duit dikembalikan dalam 7-14 hari kerja). Makanya gw ributin. Cape ngributin hal kaya' gini ama staf. Saya masih ada rasa kasian, dan ga ada masalah personal dengan staf biasa di sana. Makanya lagi, di awal gw berharap bisa ngomong ama level SPV atau Manager. Tugas mereka ngadapin customer rese kaya gw.

2. Salam ama programmer atau siapapun admin system nya. Good job!

3. Ada lowongan ga di sana? Biar gw bantu benahin deh. manajemen operasional nya.

4. Udah gitu aja. CASE CLOSED --> walo kompensasi voucher tetap ga gw trima di email.

Quote:
Komen senada dari kaskuser laen:
Quote:
Original Posted By pura2ninja►lazada emang
, transaksi 2 april 2015 sampe hari ini 10 april 2015 kagak dikirim-kirim barangnya, tranfer sudah, upload bukti tranfer juga sudah, sampe kirim email support juga sudah, livechat juga
muter kagk jelas kelanjutannya, tiap hari livechat gak ada hasil, akhirnya telepo CS nya, juga
tapi gak ada kejelasan barang. muter-muter, banyak alasan, yang masih dicek lah, masih nunggu antrian (padahal udah 1 minggu, masak antri mulu)....padahal barang tersedia...
live chat anggi,anton,eka, dicky gak pernah ada solusi yang terukur, meraka tidak bisa kasih kepastian....sampe pada akhirnya hasil live chat ane kopi, ane kirimkan email support, malah robot yang bales...

jadi perdetik ini tidak ada kejelasan barang saya di kirim.................barang ready, transaksi selesai...




live chat anggi,anton,eka, dicky gak pernah ada solusi yang terukur, meraka tidak bisa kasih kepastian....sampe pada akhirnya hasil live chat ane kopi, ane kirimkan email support, malah robot yang bales...


jadi perdetik ini tidak ada kejelasan barang saya di kirim.................barang ready, transaksi selesai...
Quote:
Original Posted By soulfighter►Banyak komplain ternyata Lazadut...ane kemaren ngincer barang tapi berhubung feeling gak enak akhirnya ngambil lewat tokopedia walaupun lasadut lebih murah 50k... akhirnya jadi klik ke tokopedia besoknya barang sampai cuma sehari 
Kayaknya manajemen gak beres nih Lazadut

Kayaknya manajemen gak beres nih Lazadut

Quote:
Original Posted By kaiketsu13►Dikaskus aja udah ada 10 tread yang gw baca tentang surat terbuka buat lazada ...
Lazada kalau begini terus bisa kolaps di tinggal buyernya
...
Lazada kalau begini terus bisa kolaps di tinggal buyernya

Quote:
Original Posted By zdravstvuytye►Hahaha..
Ane juga waktu tgl 24Maret kemaren tercengang dengan galaxy A5 di lazada yg didiskon 60%
Gila banget siapa yg ga ngiler, kebetulan jg mang lagi ngincer..
Pas ane selesain pembayaran pake cc, ane liat pesanan ane lagi diverifikasi..
Eh pas siangnya ane liat pesanan ane dibatalkan, dan pengembalian dana akan dilakukan segera.
Trus berhubung nelpon ke lajadah juga agak susah ya ane tungguin aja tu limit sampe balik lagi, kira2 10harian lebih sih, dongkol si iya pasti..
Dan lebih parahnya lagi kemaren nyoba PO redmi 2. Padahal udah masuk ke pesanan ane tinggal diverifikasi sama mereka, eh malemnya tiba2 ilang tu redmi2 dari pesanan ane. Heran dah. Tapi untungnya limit ane belum kepotong. Padahal baru 3 hari yg lalu baru dibalikin tu limit sama lajadah, kalo ke hold lagi bisa2 ane maki2 dah orang lajadanya..
Agak sedikit menguji kesabaran mang lajadah akhir2 ni..
Tapi dudulnye sekarang ane tetep belanja di situ
Ane juga waktu tgl 24Maret kemaren tercengang dengan galaxy A5 di lazada yg didiskon 60%
Gila banget siapa yg ga ngiler, kebetulan jg mang lagi ngincer..
Pas ane selesain pembayaran pake cc, ane liat pesanan ane lagi diverifikasi..
Eh pas siangnya ane liat pesanan ane dibatalkan, dan pengembalian dana akan dilakukan segera.
Trus berhubung nelpon ke lajadah juga agak susah ya ane tungguin aja tu limit sampe balik lagi, kira2 10harian lebih sih, dongkol si iya pasti..
Dan lebih parahnya lagi kemaren nyoba PO redmi 2. Padahal udah masuk ke pesanan ane tinggal diverifikasi sama mereka, eh malemnya tiba2 ilang tu redmi2 dari pesanan ane. Heran dah. Tapi untungnya limit ane belum kepotong. Padahal baru 3 hari yg lalu baru dibalikin tu limit sama lajadah, kalo ke hold lagi bisa2 ane maki2 dah orang lajadanya..
Agak sedikit menguji kesabaran mang lajadah akhir2 ni..
Tapi dudulnye sekarang ane tetep belanja di situ

Quote:
Original Posted By ikiepersib►pengalaman ane juga
ane dan temen2 komunitas mobil ada beli Jamper Aki Ken#aster 5in1 pada tanggal 27 Maret 2014, dan sampai saat ane ngetik ini itu barang belom nyampe, ane udh komplen ke lazada sejak tanggal 8 april dan dijawab oleh cs phone lazada sudah diproses tanggal 6 april (WTF!!! berapa hari coba itung sendiri) dan ane dikasih AWB RPX untuk memudahkan pelacakan sendiri.
Hari ini ane coba tracking lagi di halaman RPX dan ternyata masih on process, ane coba telp ke CS by phone lebih menyakitkan hati, ane nanya status kiriman ane, pertama malah diputus (atau terputus??? gak tau yang bener), kedua ane telp ke nomor RPX Centre (021) 759 01800 malah dijawab saya cuma operator, bapak harus menelpon lagi ke nomor 021-75998800, diangkat oleh cewe (apesnya ane blom sempet nanya nama tuh cs karena dia nanya data2 & kronologis ane, dan sampe detik posting ini diketik, ane masih di gantung di telepon tanpa nada tanpa apapun (sudah sekitar 7 menit )
Saran ane, JANGAN BELI APAPUN LAGI DI LAZADA!!!
ane dan temen2 komunitas mobil ada beli Jamper Aki Ken#aster 5in1 pada tanggal 27 Maret 2014, dan sampai saat ane ngetik ini itu barang belom nyampe, ane udh komplen ke lazada sejak tanggal 8 april dan dijawab oleh cs phone lazada sudah diproses tanggal 6 april (WTF!!! berapa hari coba itung sendiri) dan ane dikasih AWB RPX untuk memudahkan pelacakan sendiri.
Hari ini ane coba tracking lagi di halaman RPX dan ternyata masih on process, ane coba telp ke CS by phone lebih menyakitkan hati, ane nanya status kiriman ane, pertama malah diputus (atau terputus??? gak tau yang bener), kedua ane telp ke nomor RPX Centre (021) 759 01800 malah dijawab saya cuma operator, bapak harus menelpon lagi ke nomor 021-75998800, diangkat oleh cewe (apesnya ane blom sempet nanya nama tuh cs karena dia nanya data2 & kronologis ane, dan sampe detik posting ini diketik, ane masih di gantung di telepon tanpa nada tanpa apapun (sudah sekitar 7 menit )



Saran ane, JANGAN BELI APAPUN LAGI DI LAZADA!!!
Quote:
Original Posted By k44ud►tipikal perusahaan indo kan begitu gan, maunya untung gede banget tapi pelayanan ya........
Quote:
Original Posted By siegheilhitler►ini komen ane, ane tujukan buat ente lazada, silahkan lanjutkan saja klemahan anda, Dan bersiap menjadi seperti perusahaan macam Nokia, atau friendster. dunia ini kejam, kalau tidak Mau berbenah, anda layak mati. pada akhirnya? tetap pelanggan yang menang.
Quote:
Original Posted By nejadien►
wah ane juga kena kasus minta refund g dibalikin2...selalu 3 sampai 7 hari... setiap telp jd status awal proses permintaan pengembalian uang ( refund) memang nanda2 seperti mau nahan2 uang oranv yuh lazada taikk
wah ane juga kena kasus minta refund g dibalikin2...selalu 3 sampai 7 hari... setiap telp jd status awal proses permintaan pengembalian uang ( refund) memang nanda2 seperti mau nahan2 uang oranv yuh lazada taikk
Quote:
Original Posted By someone2712►advennmemang gitu kok
ane waktu itu pesen barang, eh di cancel 3 hari berikutnya, katanya uangnya nggak masuk dan suruh bikin pesenan ulang lagi (karena setelah dicek uang ane masuk
itu pun harus TAMBAH 50.000 karena voucher cuma berlaku 1 kali!!) oke, yaudah ane pesen lagi, tapi barang yang ane pesen malah hilang dari daftar item, oke deh, pesen yang lain (ane pesen itu harganya lebih murah 20.000 dari uang yang ane transfer. Dan hari ini ane dapet email kalo pesanan ane yang terakhir itu out of stock! (Padahal waktu ane pesen masih ada lo stock nya) dan ane malah di suruh refund
dan benar, ane pake BCA



Diubah oleh bibia 16-04-2015 21:17
0
10.1K
Kutip
52
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan