Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

strike33Avatar border
TS
strike33
Bule Juga Manusia ( Cerita dan tips menghadapi bule )

Silahkan cek di bawah Gan..ada update terbaru emoticon-I Love Kaskus (S)

Hi Gan….emoticon-Blue Guy Peace

Kalo cuma baca judul, ente mungkin dalam hati bilang “ Ya iya lah..emangnya bule itu hantu emoticon-Takut (S)emoticon-Malu (S) hehe…
Maksud ane bikin tread ini untuk sharing cerita dan berbagi tips ketika ente bertemu dengan bule. Bule di sini bukan bulenya Pak Le alias adik perempuan Ibu atau Bapak… emoticon-Hammer (S) , tapi bule aka WNA / warga negara asing . Konotasi bule di sini bukan hanya bule yang berkulit putih, tapi juga bule-bule manca negara lainnya.

Dengan latar belakang pekerjaan ane ( Ane bantu urus visa / kitas dan ijin tinggal WNA, baca tread ane dimari emoticon-Kiss (S) Ane tinggal di Bali yang merupakan pusat pariwisata utama di Indonesia dan banyak kunjungan wisman , dari sini ane mau sharing cerita ( lucu, sedih, nyebelin, suka dan duka ) berinteraksi dengan bule dan tentunya ane akan coba berbagi tips Gan.

Tambahan : tread ini bukan untuk menjelekkan bule tetapi untuk berbagi cerita bahwa bule sama sama ciptaan TUHAN bukanlah mahluk yang perlu ditakuti. Tidak perlu kita sampai merasa rendah diri atau kurang pede karena mereka sama dengan kita, punya kelebihan dan kekurangan emoticon-Blue Guy Peace
Salam peace ya Om Bule dan Tante Bule emoticon-Peace

Yang diperbolehkan di tread ini :
1. Komentar atau berbagi cerita pengalaman ente bertemu dengan bule . Ane yakin banyak juga kaskuser yang pernah atau sering berinteraksi dengan bule, silahkan sharing di mari Gan…
2. Tanya / Jawab selama tidak oot

Mari dimulai dari cerite ini Gan……..eng ing enggg emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-Kiss (S)

Dalam beberapa tahun terakhir ini, proses pengurusan perpanjangan visa turis sempat berganti cara perpanjangannya. Tamu ane rata-rata wna yang ingin memperpanjang masa tinggal visa turisnya yang 30 hari ( bisa ditambah lagi 30 hari ). Beberapa tahun lalu yang diperlukan hanya passport asli dan tiket pesawat maka sudah cukup untuk pengurusan perpanjangan visa. Namun akhir-akhir ini ada beberapa kali perubahan proses, yaitu pernah diperlukanna photo si WNA ( sekarang WNA sudah diharuskan untuk datang langsung ke kantor imigrasi untuk difoto, cap jempol dan tanda tangan )
Banyak dari tamu-tamu ane ini yang return custumer alias langganan, dan mereka ada yang tidak tau bahwa terdapat beberapa perubahan persyaratan tsb. Saat itu peraturannya masih memperbolehkan wna memberikan photo.
Nah kebetulan tamu ane itu tidak tau bahwa dia harus memberikan photo sebagai proses perpanjangan visa, dan dia mengirimkan supir ke kantor ane untuk membawa passport & tiket pesawatnya, sedangkan dia sudah pergi berlibur ke Lombok. Lantaran ane memerlukan photo, ane telpon dia untuk menjelaskan bahwa ane perlu photo sebagai persyaratan perpanjangan visanya, dan photo bisa di emailkan ke ane.
Besoknya ane memang terima photo…bukan pas photo seperti photo untuk pengurusan dokumen, eh malah dia kirim photo liburan dengan latar belakang pemandangan laut, lengkap dengan kaca mata menggantung dan membawa ransel emoticon-Cape d... (S) ….hahaha emoticon-Hammer (S)
Ternyata penjelasan ane yang pertama mungkin kurang jelas dan logika bule ini engga jalan Gan...
Mana mungkin ane kirim foto itu ke kantor imigrasi Gan…..jiah….ini bule mungkin pikir orang imigrasi perlu foto die lagi liburan, hehehe…..
Akhirnya ane telpon lagi itu bule…minta photo yang lebih baik. Kali ini ane detailkan sebener-benernya gambaran photo yang ane perlukan ( pas foto tanpa kaca mata, tanpa ransel, dan tanpa latar belakang pemandangan, sebaiknya membelakangi tembok supaya photo mudah di edit di sotoshop ).
Untungnya setelah dijelaskan lebih detail…bulenya mengerti Gan…ane selamet dah, proses perpanjangan berjalan lancar dan wna bisa tinggal lebih lama untuk berlibur.

Tips : bukan hanya diperlukan kemampuan berbicara bahasa lain ( dalam hal ane bahasa Ingris ) tapi juga kemampuan untuk menjelaskan dengan detail apa yang kita perlukan dari bule , karna sering persepsi dia dan persepsi kita berbeda ( bahasa kerennya “ Lost in Translation “ ). Kita juga perlu sabar menjalani pekerjaan dan tetap amanah. Ingat, jaga etiket kerja yang baik.

Gitu dulu Gan untuk sekarang ...Segera ane akan tambahin lagi & update cerita dan tipsnya Gan…emoticon-Cendol (S)

Jangan lupa rate atau cendol Gan…terima kasih udah mampir. emoticon-Rate 5 Star emoticon-I Love Kaskus (S)

BONUS, nih Gan..,,ane kasih ilustrasi cerita di atas ….emoticon-Malu (S) emoticon-I Love Kaskus (S)

Ada cerita tambahan Gan...cek di bawah ye...emoticon-Sundul Gan (S)

Diubah oleh strike33 03-04-2015 04:39
anasabila
4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
21.8K
278
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan