Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kurniadihusengoAvatar border
TS
kurniadihusengo
TIDUR SEHAT OTAK SEHAT
Para ilmuwan Swedia mengungkap mereka telah menemukan bukti lebih jauh bahwa tidur meningkatkan kesehatan sel-sel otak. Hasil ini diperole dari dua biomarker - petunjuk dari aktivitas biologis - yang ditemukan di dalam darah dari pria muda yang kekurangan tidur.

Untuk studi ini, sekelompok peneliti dari Uppsala University merekrut 15 sukarelawan bertubuh sehat , dan membuat mereka berada dalam kondisi kekurangan tidur selama semalam/sebaliknya , membuat mereka tidur selama 8 jam.

Dari antara mereka yang mengalami kekurangan tidur , tes darah menunjukkan peningkatan sekitar 20% dalam molekul khas bernama Neuron-Specific Enolase/NSE , dan S-100 protein B pengikat kalsium , atau S-100B.

Molekul-molekul otak ini biasanya meningkat dalam darah saat seseorang berada dalam kondisi kerusakan otak , ujar pakar ilmu saraf Christian Benedict.

Ini berarti , kekurangan tidur diduga meningkatkan peluang terhadap proses-proses Neurodegeneratif , sementara tdiur malam yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan otak.

Studi yang diterbitkan di dalam jurnal Sleep tersebut merupakan lanjutan dari penelitian yang diterbitkan sebelumnya di jurnal Science , yang menemukan bahwa tidur meningkatkan pembersihan limbah sel dari otak kita. Limbah tersebut mencakup Amyloid Beta , protein yang ketika terakumulasi bisa memicu Alzheimer.





MENGENAL MELATONIN

Melatonin adalah hormon yang diproduksi di dalam Kelenjar Pineal dan memegang peran penting dalam mengatur irama biologis kita , termasuk siklus tidur dan reproduksi.

Dalam sebagian besar hewan , Melatonin juga mengatur efek fisiologis yang muncul sebagai respon terhadap perubahan musim , seperti pertumbuhan bulu tebal saat musim dingin tiba.

Pada manusia , Melatonin paling umum dikenal sebagai pengatur siklus tidur dan bangun dalam Irama Sirkadian. Produksi Melatonin dipengaruhi pemaparan cahaya terhadap mata kita ; Melatonin meningkat saat malam hari dan menurun saat siang hari.

Meski tidak secara langsung memicu tidur , Melatonin memiliki efek yang terkait dengan tidur. Studi telah menunjukkan bahwa pada dosis tinggi , Melatonin bisa menurunkan suhu tubuh , mengurangi aktivitas motorik , dan meningkatkan rasa lelah.

Kini , Melatonin dipasarkan sebagai suplemen dan digadang-gadang sebagai obat ampuh untuk Insomnia , jet lag , dan penuaan. Namun , sesungguhnya efek keseluruhan dari suplemen Melatonin terhadap kesehatan kita masih belum banyak diketahui.
0
1.1K
11
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan