Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

buwellAvatar border
TS
buwell
Cara Logis Berhenti Merokok Dengan Logis
Cara Logis Berhenti Merokok Dengan Logis

Kecanduan rokok termasuk susah untuk di lawan, apalagi jika kebiasaan itu sudah sangat lama di lakukan sehari hari bahkan dalam hitungan menit. Meskipun susah tidak berarti kecandunan rokok tidak bisa dihilangkan. berikut ini kami tuliskan cara untuk berhenti merokok :

Niat

Anda harus mempunyai tekad yang kuat untuk berhenti merokok. Jika anda membaca tread ini sampai selesai, itu sudah termasuk niat awal yang bagus buat anda. Namun itu belum cukup, anda harus mengambil tidankan nyata. Sia sia jika niat tapi tindakan anda nol. Baiknya buat niat untuk kesehatan diri sendiri dan kesehatan sekeliling anda.

Mulailah dengan tekad yang tegas, dan katakan pada diri sendiri bahwa rokok tidak ada manfaat sedikitpun. tekadkan pada diri anda untuk membenci tiap batang rokok. Jika anda membaca artikel ini sambil merokok, tindakan mematahkannya adalah salah satu permulaan yang sangat baik. Patahkan dan katakan pada diri anda "selamat tinggal penghianat".

Mulai Dari Sekarang!

Tidak ada yang namanya perlahan untuk berhenti merokok!. Tindakan menunda adalah kebiasaan buruk. Mulai dari sekarang anda harus menjauhkan benda berbahaya tersebut dari diri anda. Jika di kantong ada rokok buanglah segera.

Ada yang berpendapat bahwa berhenti merokok harus bertahap. Tetapi fakta yang terjadi adalah satu per satu batang roko terus dibakar. Anda harus buktikan pada diri sendiri bahwa anda kuat dan untuk berhenti merokok adalah hal kecil. Jika berfikiran berhenti merokok adalah hal yang sulit untuk dilakukan maka yang terjadi adalah menyerah.

Pilih Teman

Anda adalah siapa teman anda. Ungkapan tersebut sangatlah benar, terbukti pada kasus rokok. Setiap perokok sudah pasti mempunyai teman yang kebanyakan adalah perokok, dan sebaliknya. Ingat sekarang anda dalam proses menghilangkan kecanduan rokok.

Jika anda benar benar ingin berhenti merokok, mulai sekarang harus menyortir teman baik anda. Maksud dari perkataan tersebut bukanlah untuk tidak berteman dengan perokok, tetapi hindari keadaan dimana dia mulai menghisap rokok. Hindari waktu di waktu teman mempunyai kebiasaan merokok. Beri berbagai alasan dengan santun untuk menghindarinya. jika anda terus bersama perokok maka kecil kemungkinan untuk bisa menghilangkan kebiasaan buruk merokok. Ingat teman baik adalah yang memberi manfaat pada anda bukan sebaliknya.

Carilah teman yang tidak merokok dan akrablah dengannya. Mereka mungkin akan setia mengingatkan anda untuk tidak merokok, dan terus memotivasi anda. Atau teman yang sudah berhasil berhenti merokok, dan mintalah beberapa nasihat darinya.

Meskipun teman dan keluarga harus mendukung. Beberapa orang mungkin merasa terancam dengan keputusan Anda untuk berhenti. Mereka bahkan mungkin mencoba untuk merusak upaya anda. Jika merasa ada orang-orang seperti ini dalam hidup anda, hindari mereka. Jika itu tidak mungkin, duduklah bersama dan beritahu mereka mengapa berhenti merokok sangat penting bagi anda. mintalah dukungan mereka.

Buat Catatan Pengingat

Jika anda termasuk pecandu berat, maka buatlah catatan tentang bahaya rokok. Buatlah di selembar kertas dan tempel di tempat dimana anda sering membacanya. Anda juga bisa mengganti tampilan wallpaper ponsel anda dengan motivasi berhenti merokok. Dengan membuat catatan pengingat anda akan terus teringat dengan niat untuk berhenti merokok.

Air Dingin dan Makanan Ringan

Minum air dingin melalui sedotan dapat membantu mengganti kebiasaan menghisap sebatang rokok. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa hal tersebut dapat melepaskan dopamine, zat kimia otak yang mengatur perasaan tenang yang dapat membantu meringankan suasana hati yang buruk.

Makan makanan kecil juga bisa membantu melewati dorongan untuk merokok. Pilih snack yang sehat, snack yang sehat untuk menghindari kenaikan berat.

Sikat Gigi Lebih Sering

Salah satu efek sementara dari berhenti merokok adalah bahwa mulut terasa lebih baik dan aroma nafas terasa lebih segar.

Sikat gigi lebih sering. Dengan begitu, Anda akan lebih cenderung untuk menjauhi rokok, karena anda akan merasakan bahwa memiliki mulut yang segar dan nafas yang harum adalah lebih baik daripada aroma rokok yang busuk.

Hindari Alkohol

Minum beralkohol merupakan salah satu hal yang paling umum yang membuat orang kembali untuk merokok. Berikut alasannya. Alkohol dapat merusak diri dari menahan sesuatu, dan dapat mengikis komitmen untuk berhenti. Banyak orang juga mengasosiasikan tindakan minum dengan merokok, sehingga dapat memicu kembalinya kebiasaan buruk tersebut. Selain untuk berhenti merokok, alkohol juga sangat buruk untuk kesehatan.

Cari Area No Smoking

Ketika ada dorongan untuk merokok, pergilah ke suatu tempat dimana anda tidak dapat menyalakan rokok seperti bioskop, perpustakaan, atau toko misalnya. Semakin sering untuk ketempat tersebut maka dapat membantu anda menghilangkan dorongan untuk merokok.

Aktif Setiap Hari

Olahraga atau kesibukan lainnya dapat mengurangi gangguan kuat dari ingin merokok. Ketika tubuh Anda aktif, ia akan mengirimkan bahan kimia alami yang membantu suasana hati dan mengurangi stres. Berjalan adalah salah satu olahraga yang paling mudah bagi kebanyakan orang. Meskipun memilih kegiatan yang berbeda dari kebiasaan sebelumnya hal tersebut dapat membantu anda untuk tetap termotivasi. Sisihkan waktu untuk aktif secara fisik setiap hari, terutama pada bulan pertama setelah berhenti merokok.

Isi Kalender Anda

Selama beberapa minggu pertama setelah Anda menghentikan kebiasaan itu, mengisi hari-hari dengan hal-hal yang anda inginkan atau perlu dilakukan. Membuat rencana untuk makan dengan keluarga atau teman-teman, dan coba untuk menghindari godaan merokok. Semakin sibuk, maka akan semakin terganggu dari dorongan untuk merokok.

Masukan Sesuatu di Mulut

Bagian dari keinginan untuk merokok adalah memiliki sesuatu di mulut anda. Ganti rokok, dengan permen bebas gula, atau snack sehat lainnya, ketika merasa seperti ingin merokok. Selalu sediakan dalam kantong anda pengganti dari rokok. Jika khawatir dengan berat badan karena snack tersebut, pilihlah pengganti rokok dari sumber yang baik dan rendah kalori.

Jauhi Kafein atau Kopi

Kafein dalam kopi dapat membuat anda tetap terjaga meskipun dalam kondisi lelah, hal tersebut dapat memicu keinginan untuk merokok. Kopi juga dapat membuat adrenalin meningkat dan merasa gelisah, sedangkan rokok adalah kebiasaan untuk menekan depresi atau gelisah. Bahkan mindset sudah terbentuk bahwa pasangan paling tepat dari kopi adalah rokok.

Anda bisa mengganti kopi dengan susu dingin, atau minuman dingin lainnya. Seperti penjelasan poin di atas bahwa minuman dingin dapat menekan dorongan untuk merokok.

Jauhi Bad Mood

Emosi negatif seperti stres, marah dan frustrasi adalah alasan umum lain yang membuat orang kembali merokok. Suasana hati yang buruk terjadi pada setiap orang. Temukan cara untuk mengalihkan perhatian. Berkumpulah dengan teman atau melakukan sesuatu yang lain dimana anda sangat menikmati kegiatan tersebut.

Bersabarlah & Tetap pada Jalur

Setelah melalui 2 minggu pertama, Anda berada pada jalan untuk terbebas dari kecanduan nikotin hidup seumur hidup. Tapi bersiaplah jika terputus-putus. Ingat: Satu selang tidak berarti telah gagal. Hanya perlu pertimbangkan apa yang salah. Kemudian pikirkan cara untuk mencegah masalah yang sama terjadi lagi.

Dengan terbebas dari kebiasaan merokok, maka anda akan mendapatkan hidup sehat yang berkualitas. Rasakan perbedaan pada minggu pertama atau rasakan udara sejuk pada pagi hari.

Sumber : cara berhenti merokok
0
2.5K
13
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan