Jumpa lagi dengan ane, pemuda penuh semangat yang tak pernah padam...
Episode kali ini ane ingin mengenang salah satu mobil kesayangan ane gan, yaitu chevrolet camaro
Agan agan tau camaro kan? Itu lho, mobil kek macem yang dipake bikin film transformer...
Spoiler for Camaro ane:
Cantik banget kan gan... Karena modelnya yang cantik itulah ane kemudian tertarik untuk mengupas bagaimana cara merakit si cantik ini sampe bisa jadi begitu...
Yah, meskipun masih jauh lebih cantik pacar ane sih gan
FYI, ane pernah punya mobil kek gini gan, 6 biji!
Tapi beberapa bulan yang lalu terpaksa ane jual jualin semuanya buat beli gundam, soalnya ane mau ngelawan kaiju gan
Okelah, sebagai kaskuser yang baik hatinya, tentu tidak segan untuk memberikan rate bintang 5 demi kemajuan ilmu pengetahuan
Trit ini jelas no repos gan, kalo nggak percaya cari aja sendiri... soalnya ane males screenshot
Gambar yang ane sertakan disini adalah hasil ekstraksi daripada video dokumenter bikinan temen temen ane di national geographic (Sumber dibawah).
karena ane ekstrak dari pidio, mohon maap kalo gambarnya enggak smooth... ane udah coba edit pake kamera 360 tetep nggak bisa bagus hasilnya
Penasaran? baiklah, langsung saja kita segerakan
Spoiler for 1:
Stamping
Proses pertama adalah stamping. Yaitu mencetak lempengan logam menjadi bentuk bentuk kek semisal body, pintu, kap mesin gitu gan...
Jadi logam yang berbentuk lembaran lembaran itu dimasukin ke sebuah mesin khusus kemudian ditindih sama mesin tersebut sehingga menjadi bentuk yang sudah diatur.
Proses stamping itu dilakukan otomatis oleh robot gan... keren kan? mungkin ada agan agan disini yang berkompeten menjelaskan gambaran prosesnya? ntar ane update...
awalnya dia berbentuk seperti ini gan:
proses pencetakan oleh robot:
Kalau sudah selesai dicetak semuanya, kemudian dikumpulkan untuk diangkut ke proses perakitan selanjutnya gan...
nih gan hasil cetakan pintu mobil kalo udah jadi:
Spoiler for 2:
Body Shop
Selanjutnya kita menuju ke Body Shop. Yaitu tempat hasil cetakan cetakan tadi dirakit jadi satu, mulai dari rangka, body, pintu, dll.
Lagi lagi prosesnya dilakukan dengan bantuan robot. Setelah disusun, baru deh di las sama robotnya... Untuk rangka saja, kira kira diperlukan sekitar 2000 titik buat di las gan
Oh iya, ini mesin las nya bukan kayak yang biasa agan lihat buat nge las pager depan rumah ya, mereka nge las rangka camaro pake teknologi canggih yang terbuat dari masa depan gan
seperti ini:
Tingkat ketelitiannya sangat tinggi sekali gan, kesalahan kecil aja bisa bikin berantakan pastinya kalo dibawa lari dengan kecepatan tinggi... Atau malah nanti nggak bisa disekrupin
Proses pengelasan bagian bawah membutuhkan waktu sekitar 6 menit. Setelah itu, dilakukan pengecekan dengan robot.
Robot robot ini ditugaskan untuk mengambil tiap lubang terkecil untuk dicocokkan dengan data rancangannya gan. Jika robot ini misalnya menemukan lubang sekrup yang melenceng lebih dari 1mm (satu milimeter), maka akan di reject... Tingkat ketelitiannya ngeri banget ya gan...
ini penampakannya gan:
Nah kalo misalnya si robot mendeteksi ada kesalahan, komputer akan menghentikan prosesnya. Di tahap ini, teknisi manusia harus turun tangan gan, buat memeriksa apakah kesalahan tersebut masih dapat ditoleransi apa terlalu fatal. Kalau masih bisa ditoleransi, maka si teknisi akan menyuruh robot melanjutkan dan mengabaikan bagian yang error tadi. Nah kalau misal errornya terlalu parah, jelas langsung di reject di reject di reject ajaaaaa
Setelah selesai dilakukan pengecekan, tahap selanjutnya adalah menggabungkan rangka bagian atas dengan bawah biar bisa ditempelin pelat yang sudah dibikin di awal dan nantinya akan membentuk 'camaro' gan...
gini nih:
Kalo udah tinggal tempel tempelin aja pelat body nya gan, kayak gini:
Mulai kelihatan 'camaro'-nya
Spoiler for 3:
Paint Shop
Proses selanjutnya adalah mewarnai. Proses ini dilakukan di bagian paint shop gan.
Teknisi yang mau masuk ruangan pengecatan harus dibebaskan dari debu gan, sebelum masuk mereka ini harus melewati pembersih debu dulu... Supaya kuman kuman yang menempel nantinya tidak merusak proses pengecatan.
Sebelum diwarnai, mobilnya harus dikasih pelapis anti bocor dulu gan, biar ntar kalo kehujanan nggak bochor bochor
Apakah sekarang sudah boleh diwarnai?
eittttt... tunggu dulu gan... Sebelum diwarnai, disemprot dulu dengan bubuk putih yang terbuat dari medan elektromagnetis, biar cat nya bisa langsung nempel gan...
Nah sekarang baru boleh diwarnai gan...
Proses pengecatan [lagi lagi] dilakukan oleh robot...
Ane yakin di masa depan nanti robot robot ini akan menguasai dunia gan!
Menurut mitos yang ane dapat, robot robot ini mampu mengecat dengan kecepatan 40 mobil per jam gan...
Nah kalau sudah, mobilnya dimasukkan ke dalam alat pengering, ini fungsinya biar cat nya cepet kering gan...
Spoiler for 4:
Trim Shop
Proses selanjutnya adalah interiorisasi, a.k.a. memasang komponen interior semisal kabel, panel elektronik, dashboard, dll.
Di tahap ini, mobilnya disuruh baris gan, terus pintunya dicopot copotin semuanya biar memudahkan para teknisi melakukan pemasangan.
Oh iya, di tahap ini proses pemasangannya dilakukan oleh manusia gan, nggak kayak tadi yang dilakukan oleh robot...
Pemasangan kabel oleh teknisi:
Kalau kabelnya sudah beres, selanjutnya dipasangin dashboard biar tambah keren:
Tentu saja, camaro nggak bisa disebut camaro kalo nggak punya otot...
Sekaranglah saat yang tepat untuk memberinya kekuatan gan...
Si camaro mesinnya dibikin di pabrik terpisah gan, yaitu pabrik GM di St. Catharines, kanada.
Camaro ada beberapa varian, ada yang pake mesin 6 silinder, ada yang pake 8 silinder.
Begini nih gan kalo mesinnya lagi disambungin sama transmisi:
Saatnya menempelkan semua bagian bawah:
Mesin, knalpot, shock absorber, rem, dll. dirakit jadi satu sebelum ditempel ke body camaro.
Kemudian tibalah kita di saat paling menegangkan... yaitu memasang chasis tersebut ke rangka yang sudah jadi sebelumnya.
Proses penggabungan ini dilakukan sambil bergerak gan... Lagi lagi dengan bantuan robot super canggih...
Sambil dipasangin bumper... Apakah agan agan sudah bisa mengenali bentuknya sekarang?
Jangan lupa pasang ban, biar nggak dikira mobil rusak...
Pemasangan ban dilakukan dengan bantuan teknologi super canggih.
Akhirnya komponen terakhir sudah terpasang...
Sekarang saatnya kita borong semuanya
Spoiler for Last:
hold on, tiger... sebelum agan agan memborong semua mobil ini, harus dilakukan pengecekan dulu gan...
pengecekan fungsi rem sama performa nya gan...
Habis itu camaro nya dikasih mandi gan, biar wangi kalo diajak jalan jalan...
Waktu dimandikan juga di cek sekalian jendela sama bagasinya bocor apa enggak... Kan males banget kalo lagi diajak jalan jalan tiba tiba pohon dan kebun basah semua...
Selesai deh...
Si camaro sudah siap di ajak jalan jalan keliling dunia sama nande tigan kesayangan ane...
Ente ente jangan pada ngikut ya gan
Tahukan agan, untuk perakitan satu mobil hanya diperlukan waktu 18 jam saja dari bentuk lempengan logam sampai menjadi mobil siap ngebut?
Kalo agan agan disini, kira kira apa aja yang bisa agan lakukan dalam waktu 18 jam?