- Beranda
- Komunitas
- Automotive
- Kendaraan Roda 2
[Share]All About Scrambler
TS
demiskin
[Share]All About Scrambler
Met tahun baru buat agan2 semua
mudah2an ngga repost ...
ane ingin share tentang salah satu aliran di dunia roda dua,yaitu SCRAMBLER......monggo disimak
mudah2an ngga repost ...
ane ingin share tentang salah satu aliran di dunia roda dua,yaitu SCRAMBLER......monggo disimak
Spoiler for Scrambler:
SCRAMBLER....istilah/penamaan ini digunakan untuk menyebut motor jalanan (street bikes) yang dimodifikasi untuk peruntukan segala medan, bisa aspal, gunung, padang rumput, pasir ato istilah kerennya cross country.
karakter dari scramblerini mempunyai ciri khas di knalpot yg tinggi (untuk melewati lumpur atau sebrangi sungai) tapi kadang knalpot standar juga sering dipakai, stang lebar ala motorcross dan penggunaan ban segala medan.Dan printilan yang ngga penting yang ada di motor kadang dilepas untuk mengejar bobot yang ringan.
*sumber wikipedia
Spoiler for History:
Apa itu motor scrambler ?
Kembali ke tahun 50-an, di Inggris terdapat salah satu jenis kompetisi roda dua yang disebut scramble (berebut/mengacak(?)). Seperti olahraga khas Inggris, ada beberapa aturan, mulai dari start-finish secepat mungkin dan kebanyakan trek-nya adalah cross country, tanah yang berlumpur, bebatuan (lintas alam).
Kata scramble sendiri yg artinya memanjat atau bergerak cepat dengan satu tangan dan kaki.
Dan olahraga ini berkembang menjadi trials, dimana motor bisa berjalan lambat untuk mendaki tapi bila kaki menyentuh bawah/tanah akan kekurangan point. Atau motorcrossbisa berlari cepat di trek tertentu dengan beberapa lap/putaran. Di USA, california ada desert sled/lintas gurun,dimana motor jalanan dimodifikasi menjadi balap off road, ini jauh sebelum motor spesial off road/special engine ada.
Di pertengahan 60-an "street scrambler" lahir, yang kebanyakan adalah konsep marketing : motor jalanan yang dimodifikasi sedemikian rupa dan bisa digunakan untuk off road. Ini adalah pendahulu dari SUV modern."Street Scrambler" mempunyai tangki lebih kecil dari model motor jalanan (street bike),tidak diketahui mengapa memakai tangki kecil, yang biasanya untuk kompetisi memerlukan tangki yg lebih besar untuk menyelesaikan pertandingan.
Alasan memakai knalpot tinggi dikarenakan bila melewati aliran sungai/lumpur mesin bisa terjebak atau mati bila memakai knalpot pendek. Setang lebar dengan crossbar dipakai untuk berjaga-jaga atau antisipasi pengendara jatuh melewati medan. Rem depan memakai tromol/drum, bukan cakram, karena orang offroad 70-an tidak percaya dengan cakram . Spakbor pendek, lampu kecil dan selain itu tidak ada yg dirubah.
Dengan perubahan menjadi scrambler,motor menjadi tidak nyaman untuk jalanan, knalpot yg melewati kaki penumpang dan tangki kecil mesti sering diisi.
Namun daya tarik terbesar adalah bahwa dengan scrambler, Anda bisa membayangkan terus berjalan bahkan jika jalan aspal sudah habis.Perasaan itu tidak akan pernah hilang.
*sumber lost motorcyclist,terjemahan bebas
Spoiler for the Bikes:
setiap produsen motor rata2 mempunyai jajaran/model scrambler di setiap produknya,seperti dibawah ini
Spoiler for HONDA:
Spoiler for YAMAHA:
Spoiler for KAWASAKI:
Spoiler for SUZUKI:
Spoiler for EUROPE (Triumph,Norton,BSA, etc):
Spoiler for SMALL BIKES:
Spoiler for infographics:
Quote:
INGAT!! Scrambler bukanlah trail, dia hanya aliran roda dua yang berfungsi semi / light offroad, bila ingin motor anda bermain maksimal dimedan offroad / hard bisa menengok saudara atau turunan dari scrambler, yaitu vintage enduro atau langsung ke SE / MX.
Motto dari scrambler adalah "dirt, grass, sand, asphalt....you name it, we play it for fun"
Kira-kira untuk saat ini segini dulu materinya (kyk kuliah ),monggo dishare segala info tentang scramble lokal maupun luar,mungkin tunggangan agan2 yg scrambler bisa dipajang disini, ntar ane update di page 1..tengkyu
Diubah oleh demiskin 05-09-2014 07:03
0
140.8K
Kutip
572
Balasan
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan