hatak3Avatar border
TS
hatak3
Berkaca dari Kasus GermanWings, Info Seputar Penyakit Psikosomatik



Sebelumnya ane minta maaf kalo salah kamar, abis bingung mau taro di forum mana, so ane pilih aje di forum yang cukup netral emoticon-Blue Guy Peace

Ane ngangkat judul ini berkaitan dengan kasus kecelakaan pesawat Germanwings di Prancis beberapa hari lalu, menurut hasil investigasi di sebutkan bahwa kopilot Germanwings tersebut memiliki penyakit kejiwaan psikosomatik yang mengharuskannya istirahat pada saat pesawat naas itu jatuh, namun si kopilot tidak pernah melaporkan hasil medis terrsebut ke pihak perusahaan. Selain itu, berdasarkan informasi dari mantan pacar kopilot sendiri, yang bersangkutan bisa sewaktu-waktu meledak emosinya bahkan sampai mengurung si pacar di kamar mandi emoticon-Takut (S)

Nah, tau kah agan kalo penyakit Psikosomatik ini bisa menyerang siapapun termasuk agan, penyakit psikosomatik atau kerennya di barat sono disebut Psychosomatic berasal dari kata Psyche yang artinya Jiwa, dan Soma yang artinya Tubuh/ Badan. Jadi Psychosomatic adalah hal-hal yang berhubungan antara Jiwa / Psikologis dengan Tubuh. Jika hubungan itu memberikan Pengaruh Negatif yaitu menimbulkan penyakit / gangguan pada tubuh atau sistem organ tubuh disebut Penyakit Psikosomatik (Psychosomatic Ilnnes). Namun hubungan ini juga dapat bersifat positif yaitu meningkatkan Kesehatan Tubuh bahkan dapat juga membantu Proses Penyembuhan bagi yang sakit. Jadi Penyakit Psikosomatis adalah Penyakit / Gangguan Kesehatan pada Tubuh atau Organ-organ Tubuh yang dipicu oleh Factor Psikologis / Pikiran seperti Depresi (stress), Kecemasan (anxiety) dll.

Kasus-kasus Penyakit Psychosomatic sangat banyak ditemukan khususnya di kota-kota besar. Berdasarkan survei dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM Tahun 2006 saja, yang dilakukan terhadap 1.639 responden (pasien) pada lima wilayah DKI Jakarta, ternyata68,2%nya adalah Penyakit Psikosomatik (Depresi 39,8% dan Kecemasan / Ansietas 28,4%).

Saat ini banyak sekali ditemui orang-orang yang mengalami Gangguan Kesehatan atau Sakit seperti Jantung Berdebar, Sering Pusing, Sakit Perut (seperti Mual & Melilit), Sesak Nafas, Gatal-gatal, Badan sering Nyeri, Sering Keluar Keringat Dingin dll, namun setelah diperiksa secara klinis oleh Dokter bahkan telah melalui proses seperti CT-Scan/MRI, EKG, EEG, Endoskopi, Kolonoskopi dll, ternyata tidak ditemukan kelainan yang berarti pada Tubuh ataupun Organ-organ Tubuhnya. Fenomena Gangguan Kesehatan atau Penyakit seperti ini disebutPenyakit Psikosomatik (Psychosomatic Ilnnes).
Secara umum para Penderita Penyakit Psikosomatik mengeluhkan adanya gangguan yang berkaitan dengan sistem organ-organ seperti :
1. Kardio-vaskuler : keluhan jantung berdebar-debar, cepat lelah
2. Gastro-intestinal : keluhan ulu hati nyeri, mencret kronis
3. Respiratorlus : keluhan sesak napas, asma
4. Dermatologi : keluhan gatal, eksim
5. Muskulo-skeletal : keluhan encok, pegal, kejang
6. Urogenital : keluhan masih ngompol, gangguan gairah seks
7. Serebro vaskuler : keluhan pusing, sering lupa, sukar konsentrasi, kejang epilepsy dll.

So, bagi agan/aganwati yang pernah mengalami atau sedang mengalami gejala di atas sebaiknya mengecek diri agan ke dokter atau psikiater untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Ada beberapa cara untuk mengobati penyakit ini :
1. Pengobatan secara medis dengan obat anti depresan
2. Hipnoterapi dengan memanfaatkan pikiran bawah sadar agan


Demikian informasi dari ane, semoga bermanfaat buat agan semua. Buat agan yang punya ilmu seputar penyakit ini atau pernah mengalami penyakit ini silahkan di share disini emoticon-Blue Guy Peace

Ane tidak menolak kalo di suguhin emoticon-Cendol (S)

Dan ane sangat menolak emoticon-Bata (S)

Dari beberapa sumber :
sumber 1
sumber 2
sumber 3
0
3.2K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan