Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mohbusinessmanAvatar border
TS
mohbusinessman
Konsultasi Bisnis dan Investasi HANYA 1$, Jaminan Uang Kembali.
Halo agan semuanya, Ane mau nawarin jasa konsultasi nih, sebelum masuk ke penjelasan jasa ane, ane mau cerita sedikit tentang riwayat bisnis ane yang menjadikan salah satu alasan kenapa ane buka bisnis jasa ini.

Semua berawal sejak ane SMA gan, pas SMA ane jualan voucher pulsa. Ane beli voucher pulsa ke Gerai Indosat deket sekolah ane, karena disana beli voucher sama dengan nilai yg tertera di voucher. Contoh voucher yg 5rb, beli di gerai ya segitu dan ane bisa jual 6,5rb atau 7rb ke temen2 ane. Cuman kekurangannya adalah terbatas hanya beli maksimal 3 biji voucher ajah. Dan ane siasatin dengan ajak temen2 ane dengan strategi joki beli pulsa. (kurang keren yah, biasanya kan yg jadi joki buat balapan sama Ujian, ups..). kelebihan beli di gerai lebih murah dan ga antri, dibanding belanja voucher electric waktu itu lebih mahal. Contoh pulsa 5rb, belanja voucher electric 5,400 dan dijual sama 6,5rb atau 7rb. Waktu itu tahun 2005 yah gan.

Kemudian ane kuliah gan ceritanya, masa abu2 udah kelewat. Ane mulai hidup diluar kota tanpa keluarga, tepatnya di Bogor. Ane asli dan besar di Sukabumi. Masa OSPEK (kata senior sih masa pendidikan, tapi kata ane dan temen2 waktu itu adalah masa penyiksaan) sudah beres dan kita masuk kuliah. Tingkat 1 ane ajak temen kostan ane (senior lulusan kampus yg sama) namanya bang Yoga untuk Jual SUSU MURNI, ane ambil SUSU MURNI dari KPSBU Bogor. Alasan ane jual susu murni, karena ane kuliah di Analis Kimia dan setiap hari, setiap mahasiswa beserta setiap dosen Praktek PASTI terpapar bahan kimia. Dan penetralisir yg bagus adalah SUSU MURNI. Ane ambil pagi2 ke KPSBU bareng bang yoga, dan sekitar jam 7.30 an, ane titip susunya di Koperasi Kampus, dan untuk awal2 ane promosiin susu murni ini, ane presentasi di depan kelas kakak tingkat dan ijin PUDIR 3 Kampus (Bagian Kemahasiswaan). Alhamdulillah semuanya sangat dukung ane gan, bahkan PUDIR 3 kampus sampe bilang ke Ane, “JANGAN SAMPE USAHA INI DITINGGALIN”. Ane iyahin aja gan, tapi sayangnya udah jalan 3 bulanan, Bang Yoga dapet kerja dan temen2 ane yg lain ga ada yg mau diajak belanja ke KPSBU dan ga mungkin ane bawa motor bawa susu banyak banget waktu itu.

Masuk semester 2, ane ama temen2 ane liat prospek Foto Copy an gan, Bahan Diktat dari Dosen dijual lumayan mahal, dan banyak tugas (juga contekan) yang temen2 sekelas pengen foto copy, akhirnya ane ama temen2 ane yg berfikiran usaha (duit dan keuntungan) ambil bagian untuk koordinir foto copyan sekelas, kita foto copy di kampus lain yg harganya lebih murah dan keuntungan disimpan jadi kas (sesekali dipakai buat makan bareng dan kunjungan industri).

Masuk semester 3, pas ane pulang ke rumah ada mesin cuci hadiah dari pencapaian target toko kakak ane gan, ga kepakai karena dirumah ada tetangga yang ngebantu nyuci dirumah ane, ane jadi kepikiran buat bikin laundry ajah, ya udah itu mesin cuci ane bungkus dan ane bawa ke kostan. Terus ane kumpul ama temen2 ane buat buka laundry dan nyari yg kerja buat nyucinya, mereka OK dan kita akhirnya buat pamflet promosi dan kita bagiin ke perumahan sekitar kampus dan temen2 kampus, Alhamdulillah respon bagus TAPI ternyata Kuliah Semester 3 Ampun Banget Sibuk prakteknya, masuk jam 06.30 pagi bisa kelar jam 06.00 sore, belom bikin laporannya, belom lagi ane ikut organisasi BEM dan jadi salah satu menteri di departemennya. Walhasil, mesin cucinya ane jual ke temen kostan ane sekaligus Presma ane. Waktu itu ga kepikiran kayak Mark Zuckerberg yg memilih keluar dari kampus dan mendirikan Facebook.

Masuk semester 5 yang lumayan ga terlalu sibuk, ane coba buat jualan sepatu lukis, sesuai desain pemesan dan mulai nawar2in ke perusahaan sekitar bogor untuk souvenir promosi. Ane bikin di pengrajin bogor, (darisini ane mulai tau ternyata sepatu yg dijual di Mall dengan branded mahal juga, dibuat dipengrajin sepatu dan sendal bogor). Alhamdulillah hasil jualan ini cukup untuk uang jajan..dan akhir semster 5, waktu ane ke rumah saudara ane, ane liat doi tidur2an ajah, dan ane liat ada prospek buat bikin usaha Cuci Steam Motor, dan akhirnya ane ajak buat usaha dan ane beliin mesin dan sewain tempat sekitar sana. Sehari ada sekitar 3-5 motor yg nyuci, alhamdulillah buat pemula, tapi saudara ane ga sabaran dan akhirnya malah kadang buka dan kadang tutup, doi malah lebih milih tidur2an dirumah ajah, walhasil mesin steam ane bawa pulang aja ke rumah. Karena pas semester 6, ane juga harus Kuliah Kerja Praktek di Freeport, Timika. Dan menghabiskan akhir masa kuliah disana. Di pulau sebrang yang jauh dari sukabumi dan dengan kondisi keamanan yang cukup sengit waktu ituh. Tapi disanalah ane ngerasain surganya kerja, gaji besar, fasilitas komplit dan kerjaan enak, lebih detail tanya ajah ke temen2 yg kerja disana.

Pulang dari freeport, ane cuman 3 hari di rumah dan langsung ditelpon salah satu direktur untuk jadi sektretarisnya, sambil ngerjain Tugas Akhir ane kerja juga, walhasil ga kepikiran usaha. Kemudian ane wisuda dan lanjut kerja, cuman 9 bulan, ane putuskan resign karena banyak omongan aneh2 karena ane jadi sekretaris direktur padahal baru anak kemaren sore yang nagih laporan harian ke setiap manager. Waktu itu umur ane 21 tahun.

Ane log in situs pencarian kerja, dan alhamdulillah sorenya langsung dapet panggilan dan seninnya interview dan minggu depannya lagi ane udah kerja di beda perusahaan. Kemudian ane putuskan untuk lanjutin kuliah ane di bandung, dan jadwal kerja sambil kuliah sabtu-minggu beda kota lumayan menguras tenaga dan waktu, akhirnya belom kepikiran usaha juga. Ane kerja senin-jumat di cikarang dan sabtu-minggu di Bandung. Seru dan Lelah.

Disana ane kerja cuman 9 bulan juga, karena uang gajian ga cukup buat bayar kuliah serta operasionalnya. Ane harus naik jabatan atau naik gaji. Balik lagi ane log in situs pencarian kerja dan alhamdulillah rencana ane berhasil. Diterima diperusahaan baru dengan naik gaji dan naik jabatan, jadi Supervisor di perusahaan makanan Branded Singapore. Alhamdulillah buat lulusan D3 dan umur 22 tahun. Kerja alhamdulillah nyaman dan santai, disini ane punya kebiasaan baru. Baca Manufacturing Hope Dahlan Iskan, yg terbit tiap minggu, dan suatu saat ada yang minta bikin kaos Dahlan Iskan, Filling bisnis ane keluar lagi, ane sanggupin dan ane buatin desainnya, dan ternyata orderan pertama desain ane mencapai 100 pieces. Dan terus bertambah tiap minggunya. Ini pada awal 2012.

Sudah 1 tahun kerja, kuliah dan bisnis kaos, tibalah ane harus bikin skripsi, dan disini filling bisnis ane keluar lagi, ane kuliah di jurusan Teknologi Pangan. Ane punya ide buat bikin skripsi ane sekaligus bisnis ane, akhirnya ane minta izin Ibu ane untuk resign dan mulai merintis usaha. Disinilah ane bangga ama Ibu ane gan, Ibu ane sangat dukung ane gan, Beliau Berkata, “ Kamu udah disekolahin dan udah dewasa, udah tau yang baik dan engga, kalau pengen usaha dan merintis, Cobalah!! Karena kalau ga mencoba ga akan tau, dan Mamah Doain semoga cita-cita kamu tercapai”. Disini ane nangis dan peluk beliau, ane Janji akan berusaha semaksimal mungkin buat buktiin ke Beliau dan bikin Ibu ane Bangga. Karena ga semua orang tua bisa ngasih ijin gitu gan, ane terharu banget gan. Setelah ijin ama Ibu ane, ane bikin surat resign dan akhir 2012, status ane Mahasiswa Murni (yg ga sambil kerja lagi). Ane beli mesin dan kontrak di Bandung, rencana usaha ane waktu itu adalah Keripik Strawberry, trial sudah bagus dan sangat diminati. (Hasil Survey ya gan). Terkendala awal 2013 hujan terus gan, strawberry di ciwidey ga bisa masok, karena banyak yg busuk (strawberry akan normal maksimal 3 hari hujan dalam seminggu, lebih dari itu kebanyakn strawberry akan ga bagus), akhirnya ane bikin keripik peuyeum gan (peuyeum=tape singkong), dengan Merk PeyemPuan, ada Rasa PeyemPuan Lugu (Original), PeyemPuan Bahenol (Coklat) dan PeyemPuan SeKsi (Pedas). Ane distribusiin ke toko2 wisata daerah bandung, dan juga meja Dosen Pembimbing jadi Judul Skripsi ane gan. Owh iya, kenapa merknya PeyemPuan, karena bandung adalah salah satu kota destinasi wisata yg banyak dikunjungi, dan banyak yg minta oleh2 Peyempuan Bandung (plesetan dari perempuan bandung yang cantik-cantik), dan ane bikin Make it Real, Keripik PeyemPuan Bandung, dari peuyeum Bandung. Bukan hanya plesetan dan iseng2an ajah.

Gambar Keripik Peuyeum
Konsultasi Bisnis dan Investasi HANYA 1$, Jaminan Uang Kembali.

Gambar Keripik Strawberry
Konsultasi Bisnis dan Investasi HANYA 1$, Jaminan Uang Kembali.

Setelah berjalan sekitar 9 bulan, sudah distribusi ke Hongkong, Arab Saudi dan juga beberapa kota di Indonesia, ane ada masalah keuangan, karena kurang managementnya dan ane masih royal, serasa masih kerja, dan ane masih kayak QA di perusahaan ane dulu kerja (produk ga bagus sedikit ajah langsung dibuang) harusnya pengusaha dibuat apa gituh, minimal modalnya balik. Darisini ane belajar banyak dari pentingnya memisahkan uang usaha dan pribadi. Ane bawa balik mesinnya ke sukabumi dan kemudian ane jual di FJB Kaskus.

Akhirnya ane balik lagi jualan kaos dan produk konveksi, 2014 tahun politik dan banyak orang partai yang bikin kaos dan perlengkapannya, produksi cukup banyak tapi ada ajah orang partai yg ga bayar, bahkan ampe sekarang. Awal 2015 ane buat program baru untuk Produk Konveksi dan Percetakan ane, program untuk Business to Business, Order Produk Konveksi dan Percetakan ke ane, TANPA DP, dan pembayaran termin 7 hari setelah barang diterima, syaratnya, yg order atas nama perusahaan dan harus ada MOU terlebih dahulu sama ane, Alhamdulillah banyak perusahaan yg berminat.

Nah, permasalahan ane sekarang adalah ane banyak banget ide bisnis di otak ane gan, ane ga bisa jalanin semuanya sekarang, tapi ide bisnis ane keluar terus dan ane catat di buku ide ane gan. Dan ane punya ide, ane buka konsultasi bisnis aja gan, mungkin dari agan2 yang ingin bisnis masih bingung, mau bisnis apa, mau mulainya gimana dan banyak pertanyaan lainnya. Semoga aja ide ane bisa tersalurkan dan bermanfaat buat agan semuanya.

Kenapa ane buat tarif konsultasi 1$ gan? Awalnya ane mau buat gratis gan, tapi ane berpikir harus mencoba menghargai apa yg dilakukan, karena kita pengusaha dan calon pengusaha, dan kenapa harus dollar ga rupiah aja? Untuk mengetahui dan belajar bahwa pergerakan dollar sangat mempengaruhi usaha kita gan.

Ane ada pengalaman usaha dan ada ide bisnis di bidang makanan, konveksi, percetakan, souvenir dan investasi. Ada jaminan uang kembali, jika setelah konsultasi ama ane agan ga ngerasa ada manfaatnya dan percuma ajah, ane balikin uang ente gan.
Bagi yang berminat monggo hubungi ane di 085691333174 bisa wa, sms, line untuk fanspage FB dan twitter on progress. Lagi dibikin.

Salam Pengusaha Sukses!!!

Rekomendasi HT
https://docs.google.com/forms/d/1QGV...hjOT8/viewform
Diubah oleh mohbusinessman 22-03-2015 03:48
0
1.7K
10
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan