jensenmonAvatar border
TS
jensenmon
Mengenai Hikmah Dibalik Sunnah dan Larangan Rasulullah S.A.W.
Assalamualaikum Wr. Wb.


Mau sekedar share Gan mengenai hikmah sunnah dan larangan Rasulullah S.A.W
Mau share buat pengetahuan aja, maaf kalo' acak-acakan maklum ane masih newbie nggak begitu ngerti bikin ginian emoticon-Salaman
buat yang bukan muslim silahkan buat pengetahuanemoticon-No Sara Please

Dijaman sekarang yang modern di segala bidang, banyak masyarakat yang lalai mengenai membedakan masalah agama dan kepentingan hidup sehari hari yang sebenarnya merugikan diri sendiri

Tentang Istirahat dan Tidur

Dalam hal urusan tidur, beliau tidak tidur melebih kebutuhan, namun tidak juga menahan diri tidak menahan diri untuk tidur sesuai dengan kebutuhan. Dalam hal kebutuhan tidur yang melebih kebutuhan. Menurut riwayat, cara tidur Rasulullah S.A.W adalah miring ke kanan, menghadap kiblat. Jika sudah penat dengan cara ini, kemudian beliau miring ke kirI sejenak dan kemudian miring ke kanan kembali.

8 Manfaat Tidur Miring ke Kanan
1. Menjaga saluran pernafasan Tidur miring mencegah jatuhnya lidah ke pangkal yang dapat mengganggu saluran pernafasan. Tidur dengan posisi telentang, mengakibatkan saluran pernafasan terhalang oleh lidah. Yang juga mengakibatkan seseorang mendengkur. Orang yang mendengkur saat tidur menyebabkan tubuh kekurangan oksigen. Bahkan terkadang dapat mengakibatkan terhentinya nafas untuk beberapa detik yang akan membangunkannya dari tidur. Orang tersebut biasanya akan bangun dengan keadaan pusing karena kurangnya oksigen yang masuk ke otak. Tentunya ini sangat mengganggu kualitas tidur.

2. Menjaga kesehatan jantung Tidur miring ke kanan membuat jantung tidak tertimpa organ lainnya. Hal ini disebabkan karena posisi jantung yang lebih condong berada di sebelah kiri. Tidur bertumpu pada sisi kiri menyebabkan curah jantung yang berlebihan, karena darah yang masuk ke atrium juga banyak yang disebabkan karena paru-paru kanan berada di atas. Sedangkan paru-paru kanan mendapatkan pasokan darah yang lebih banyak dari paru-paru kiri.

3. Menjaga kesehatan paru-paru Paru-paru kiri lebih kecil dibandingkan dengan paru-paru kanan. Jika tidur miring ke sebelah kanan, jantung akan condong ke sebelah kanan. Hal ini tidak menjadi masalah karena paru-paru kanan lebih besar. Lain halnya jika bertumpu pada sebelah kiri, jantung akan menekan paru-paru kiri yang berukuran kecil, tentu ini sangat tidak baik. Namun Rasullah juga terkadang miring ke kiri untuk sementara dan kemudian kembali lagi miring ke kanan.

4. Mengistirahatkan Otak Sebelah Kiri Secara anatomi, otak manusia terbagi menjadi 2, yaitu otak kanan dan otak kiri. Bagian kanan adalah otak kanan yang mempersarafi organ tubuh sebelah kiri dan sebaliknya. Umumnya, umat muslim menggunakan organ tubuh bagian kanan sebagai anggota tubuh yang dominan dalam beraktifitas, seperti makan, minum, menulis, memegang sesuatu, dan sebagainya. Dengan tidur dengan posisi miring ke arah kanan, maka otak bagian kiri yang mempersarafi segala aktifitas tubuh bagian kanan akan terhindar dari bahaya yang timbul akibat sirkulasi yang melambat saat tidur (diam). Bahaya tersebut meliputi pengendapan bekuan darah, lemak, asam sisa oksidasi, dan peningkatan kecepatan aterosklerosis atau penyempitan pembuluh darah. Sehingga jika seseorang berisiko terkena stroke, maka yang berisiko adalah otak bagian kanan dengan akibat kelumpuhan pada sebelah kiri (bagian yang tidak dominan).

5. Mengistirahatkan Lambung Lambung manusia berbentuk seperti tabung berbentuk koma dengan ujung katup keluaran menuju usus menghadap ke arah kanan bawah. Jika seseorang tidur ke sebelah kiri, maka proses pengeluaran chyme (makanan yang telah dicerna lambung) menjadi sedikit terganggu. Hal ini akan menghambat proses pengosongan lambung. Tetapi untuk menetralkan semua, maka Rasulullah kadang tidur kea rah kiri untuk sebentar saja.

6. Mengistirahatkan Pengosongan Kandung Empedu dan Pankreas Adanya aliran chyme yang lancar akan menyebabkan keluaran cairan empedu juga meningkat. Hal ini akan mencegah pembentukan batu kandung empedu. Keluaran getah pankreas juga akan meningkat dengan posisi miring ke kanan.

7. Meningkatkan Waktu Penyerapan Zat Gizi Saat tidur pergerakan usus meningkat. Dengan posisi miring ke kanan, makan perjalanan makanan yang telah tercerna dan siap diserap akan menjadi lebih lama. Hal ini disebabkan posisi usus halus hingga usus besar ada di bawah. Waktu yang lama selama tidur memungkinkan penyerapan dapat optimal.

8. Merangsang Buang Air Besar Dengan tidur miring ke sebelah kanan, proses pengisian usus besar sigmoid (sebelum anus) akan lebih cepat penuh. Jika sudah penuh, maka akan merangsang gerak usus besar diikuti relaksasi dari otot anus sehingga mudah buang air besar. Tidur Di Ruangan GelapRasulullah shollallâhu ‘alaihi wasallam juga bersabda: Apabila kalian tidur, maka padamkanlah lampu-lampu kalian. Sebab, setan-setan berkeliaran seperti tikus dan menabrak (lampu-lampu kalian) sehingga kalian terbakar. [HR Ibnu Hibban] Penemuan Tracy Bedrosian, seorang mahasiswa doktor dalam ilmu saraf di Ohio State University, yang melakukan penelitian terhadap tupai, juga menjelasakan bahwa perubahan otak pada tupai timbul dari fluktuasi dalam produksi hormon melatonin. Melatonin memberi sinyal ke tubuh bahwa sedang malam hari, tapi cahaya di malam hari menghambat produksi hormone melatonin. Hormon melatonin atau N-acetyl-5-metoksitriptamin sendiri merupakan hormon pengatur utama dari seluruh hormon yang berfungsi mengatur dan memelihara irama sirkadian (sistem jam biologis tubuh yang memegang peranan penting dalam mengatur saat untuk tidur dan bangun). Hormon melatonin sebagian besar dibuat oleh kelenjar pineal dan sebagian kecilnya dibuat di usus dan retina mata. Produksi hormon melatonin dipengaruhi oleh tingkat intensitas cahaya lingkungan dan akan selalu bertambah banyak jika manusia berada dalam lingkungan yang gelap dan suasana hening namun produksinya akan dihambat oleh adanya rangsangan luar seperti sinar yang terang dan medan elektromagnetik.

Sebagai hormon yang memiliki fungsi utama menciptakan kualitas tidur yang baik, maka hormon melatonin memiliki kegunaan sebagai berikut:
# Menjaga keharmonisan metabolisme sel, mempertahankan efisiensi/efektivitas kerja sel, membuat sel tidak mudah rusak sehingga meningkatkan daya tahan sel terhadap berbagai gangguan dari luar.
# Mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.
# Mempengaruhi kerja organ tubuh terutama di saat tidur
# Mempengaruhi kesehatan psikologis seseorang terutama terhadap mood. Seseorang kurang tidur akan memiliki kadar melatonin yang rendah sehingga mengalami gangguan perasaan (mood) seperti mudah gelisah, mudah lelah, mudah marah.
# Berperan sebagai sistem alami yang mengatur masa penuaan tubuh
# Membuat tidur menjadi lebih nyenyak sehingga meningkatkan kualitas tidur.
# Membantu tubuh memerangi sel-sel kanker seperti pada kanker payudara, kanker prostate, penyakit Parkinson, dan jantung aritmia. Melatonin berperan mendorong aktifitas antioksidan secara optimal di dalam tubuh sehingga mencegah kerusakan DNA akibat ulah zat-zat karsinogenik penyebab kanker dan memberhentikan mekanisme pertumbuhannya.
Sebelum tidur dianjurkan untuk berdoa, sebagaimana Rasulullah S.A.W mencontohkan doa sebelum tidur: “Dengan namaMu ya Allah, aku hidup dan aku mati” (HR Bukhari-Muslim). Kemudian ketika bangun tidur kita juga dianjurkan untuk berdo’a: “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah Ia mematikan kami. Dan kepadaNya kita semua berkumpul” (HR Bukhari)


Tentang Makan


Menu Makan Rasulullah
1/3 perut untuk makanan, 1/3nya lagi untuk makanan, dan 1/3 sisanya untuk udara”. Kita mungkin sudah akrab dengan diet anjuran Rasul yang satu ini. Bisa jadi kita lakukan, atau kita abaikan. Namun sudah tahukah kita, kalau berbagai penelitian masa kini menemukan bahwa diet tersebut dapat memperpanjang umur seseorang?

Mengawali Pagi dengan Minuman Madu
Rasulullah S.A.W membuka menu sarapannya dengan air dingin yang dicampur dengan madu. Dalam Al Qur’an, madu merupakan syifaa (obat) yang diungkapkan dengan isim nakiroh, menunjukkan arti umum dan menyeluruh. Pada dasarnya madu bisa menjadi obat atas berbagai penyakit. Madu berfungsi untuk membersihkan lambung, mengaktifkan usus-usus, dan menyembuhkan sembelit, wasir, luka bakar, dan peradangan.

Konsumsi Snack Sehat
Tujuh butir kurma ajwa (matang) menjadi kebiasaan Rasulullah S.A.W menjelang siang.Beliau pernah bersabda, "Barang siapa yang makan tujuh butir kurma, maka akan terlindungi dari racun." Hal ini terbukti ketika seorang wanita Yahudi menaruh racun dalam makanan Rasulullah S.A.W pada sebuah percobaan pembunuhan di perang Khaibar, racun yang tertelan oleh beliau kemudian bisa dinetralisir oleh zat-zat yang terkandung dalam kurma. Sementara itu Bisyir ibu al Barra’, salah seorang sahabat yang ikut makan racun tersebut akhirnya meninggal, tetapi Rasulullah S.A.W selamat dari racun tersebut. Rahasianya adalah tujuh butir kurma yang biasa dikonsumsi Rasulullah S.A.W.

Menu Sore Hari
Sore hari, menu Rasulullah S.A.W biasanya adalah cuka dan minyak zaitun. Tentu saja tidak hanya cuka dan minyak zaitun, tetapi dikonsumsi dengan makanan pokok seperti roti. Manfaatnya banyak sekali, diantara mencegah lemah tulang, kepikunan, melancarkan sembelit, menghancurkan kolesterol, dan melancarkan pencernaan.

Menu Malam Hari
Di malam hari, menu utama makan malam Rasulullah S.A.W adalah sayur- sayuran. Secara umum, sayuran memiliki kandungan zat dan fungsi yang sama, yaitu menguatkan daya tahan tubuh dan melindunginya dari serangan penyakit.

Aktifitas Sebelum Tidur
Setelah makan malam Rasulullah S.A.W tidak langsung tidur. Beliau beraktivitas terlebih dahulu supaya makanan yang dikonsumsi masuk lambung dengan cepat dan mudah dicerna. Caranya bisa juga dengan shalat. Hal yang DIHINDARI Rasulullah ketika Makan : 1.Mencampurkan berbagai jenis makanan dalam sekali makan, terutama ketika tubuh sedang sakit. 2.Memakan buah setelah makan utama. Prinsip ini dapat dijelaskan dengan gamblang dalam treori food combining di mana hal ini merupakan salah satu prinsip dasar. Tujuannya adalah untuk mencegah fermentasi dan pembusukan makanan dalam lambung. Menurut Nur Rachmiseorang praktisi food combining, buah2 dapat dicerna oleh lambung dalam waktu 15 hingga 20 menit, kecuali pisang yang membutuhkan waktu 45 menit untuk tercerna. Jika buah dimakan setelah makan utama yang membutuhkan waktu lebih lama untuk tercerna, maka ia tidak bisa turun ke usus halus. Sebaliknya ia akan tertahan di lambung oleh makan utama yang kita makan sebelumnya. Padahal asam lambung terus diproduksi untuk mencerna buah2an itu. “Akibatnya terjadi fermentasi yang selanjutnya justru membusukkan makanan yang sebelumnya kita makan,” kata salah seorang program assistant di friedrich Nauman Stifting yang pernah menderita komplikasi berbagai penyakit ketika berusia 32 tahun dan sembiuh total setelah menjalankan food combining secara disiplin selama tiga bulan.
Makanan yang sangat asam karena akan mempercepat penuaan.
Terlalu sering makan makanan bergaram karena akan membuat badan kering dan kurus. Jika wadah makan terbuat dari kuningan Rasulullah S.A.W tidak memakan makanan berikut ini secara berbarengan, dan beliau juga menganjurkan para sahabatnya berlaku serupa :
Jangan Makan:Susu+Daging
Jangan Makan:Susu+Ikan
Jangan Makan:Susu+Ayam
Jangan Makan:Susu+Buah
Jangan Makan:Susu+Cuka

Jangan Makan:Ikan+Daging
Jangan Makan:Ikan+Telur
Jangan Makan:Ikan+Daun Salad

Kesimpulan: Rasulullah tidak mencampur Makanan dari Darat dengan dari Air/Laut, tidak mencampur Susu dengan Cuka dan Susu dengan Buah/Memakannya bersamaan.


Larangan Makan dan Minum Sambil Berdiri
Hadits Rasulullah : Nabi Sholallahu 'alaihi Wasallam bersabda : "Jangan kalian minum sambil berdiri! Apabila kalian lupa, maka hendaknya ia muntahkan!" (HR. Muslim) Alasan ilmiah larangan makan dan minum sambil berdiri : Tubuh manusia terdapat suatu jaringan penyaring (filter). Atau disebut juga sfringer, adalah struktur maskuler (berotot) yang dapat membuka (sehingga air kemih dapat lewat) dan menutup kembali. Ginjal memiliki "pos - pos" penyaringan. Saat Anda minum, air akan disalurkan menuju "pos - pos" tersebut. Sfringer ini akan terbuka pada saat Anda duduk, dan akan menutup saat Anda berdiri. Karena itu, air yang Anda minum pada saat posisi berdiri akan langsung masuk hingga ke kantong kemih tanpa melalui proses penyaringan. Yang berakibat pada pengendapan di saluran ureter, maka hal ini dapat memicu gangguan pada ginjal Anda
Maka sebaliknya, pada posisi duduk, sfringer akan terbuka dan memprosesnya lebih dulu sebelum disalurkan ke berbagai organ lainnya. Kemudian diolah lagi hingga air masuk ke kantong kemih.


Anjuran Makan Dengan Menggunakan Tangan (Tanpa Sendok dan Garpu)
Salah satu hadits Rosululloh : Dari 'Umar bin Abi Salamah radhiallahu 'anhu dia berkata : Dulu aku adalah anak kecil yang berada di bawah pengasuhan Rosulluloh shallallahu 'alaihi wasallam. Ketika makan, tanganku berpindah - pindah kesana kemari diatas piring. Maka beliau bersabda kepadaku :"Wahai nak, sebutlah nama Allah, makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah yang ada didekatmu." (HR. Al-Bukhari no. 5376 dan Muslim no. 2022)

Alasan Ilmiah Makan Dengan Menggunakan Tangan (Tanpa Sendok dan Garpu) : Seperti dijelaskan Prof. Dr. Abdul Busith Muhammad As-Sayyid dalam buku "Inilah Makan Rosululloh Sholallahu 'Alaihi Wasallam.'
Sebagai berikut : "Fakta makan dengan menggunakan tangan ternyata bisa lebih sehat daripada makan dengan sendok. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan tangan kita terdapat sebuah enzim, yaitu enzim RNase yang dapat menurunkan aktivitas bakteri - bakteri patogen yang terdapat pada tangan kita sewaktu kita makan. Ketika kita menyuap makanan dengan tangan, bakteri yang terdapat pada makanan dapat terikat enzim RNase yang dihasilkan oleh tangan kita. Jangan lupa untuk cuci tangan dulu sebelum makan tentunya.


Larangan Meniup Makanan dan Minuman Yang Panas
Salah satu hadits Rasulullah : Sebagaimana dikatakan dalam hadits Ibnu Abbas menuturkan : "Bahwasanya Nabi Sholallahu 'alaihi wasallam melarang bernafas pada bejana minuman atau meniupnya". (HR. At Turmudzi)

Alasan ilmiah larangan meniup makanan dan minuman yang panas : Apabila kita meniup makanan atau minuman yang panas atau bahkan kita menghembuskan nafas ke dalam gelas pada saat kita minum, maka kita akan mengeluarkan karbondioksida (CO2) yang apabila bercampur dengan air (H2O), maka akan membentuk H2CO3 (sama dengan cuka), yang dapat merubah sifat air minuman menjadi senyawa asam karbonat (carbonic acid) yang bersifat asam. Ketika makanan atau minuman kita tiup, lalu karbondioksida dari mulut akan mengikat uap dari makanan / minuman dan akan menghasilkan asam karbonat yang akan mempengaruhi tingkat keasaman dalam darah kita sehingga akan menyebabkan darah menjadi lebih asam dari yang seharusnya, sehingga pH dalam darah menurun.

Mencelupkan Lalat Yang Mampir ke Dalam Minuman
Hadits Rosululloh :
Dari Abu Said Al-Khudri dari Rosululloh bersabda : "Sesungguhnya pada salah satu diantara dua sayap lalat itu terdapat racun dan sayap lainnya terdapat obat penawarnya. Apabila lalat jatuh di makanan, maka celupkanlah karena lalat mengedepankan racun dan mengakhirkan obat penawarnya". (HR. Ahmad)

Alasan ilmiah mencelupkan lalat yang mampir ke dalam minuman :
Menurut Dr. Muhammad M. El Samahy (Universitas Al-Azhar, Mesir) telah menulis sebuuah artikel bahwa para pakar mikrobiologi telah menemukan adanya sel - sel dengan posisi membujur yang hidup sebagai parasit di perut lalat. Namun ketika lalat dicelupkan seluruhnya ke dalam air, maka terjadi perubahan tekanan osmosis yang menyebabkan sel pecah.
Isi sel tersebut ternyata adalah penangkal patogen (zat pembawa penyakit) yang dibawa lalat dalam tubuhnya. Artinya, ketika kita mencelupkan lalat, ternyata bermakna untuk mencegah bibit penyakit masuk ke dalam tubuh manusia.


Tentang Adat Berbusana


Larangan Memakai Perhiasan Emas dan Sutera Bagi Pria Salah satu hadits Rosululloh : Dari Abu Musa, Rosululloh sholallahu 'alaihi wasallam bersabda : "Emas dan sutera dihalalkan bagi para wanita dari umatku, namun diharamkan bagi para pria." (HR. An Nasa'i dan Ahmad) Alasan ilmiah pria dilarang memakai perhiasan emas : Para ahli fisika telah menyimpulkan bahwa partikel atom yang terdapat pada emas mampu menembus ke dalam jaringan kulit dan terus akan masuk ke dalam darah manusia. Seandainya para pria mengenakan emas dalam jumlah tertentu dan jangka waktu yang lama, maka akan memberikan dampak yaitu ; di dalam darah dan urine akan mengandung atom emas dalam prosentase yang melebihi batas (dikenal dengan istilah "migrasi emas"). Apabila hal ini terjadi, maka akan menimbulkan penyakit Alzheimer, yaitu ; suatu keadaan dimana orang tersebut kehilangan seluruh kemampuan mental dan fisik. Dan akan menjadikannya seperti anak kecil.
Alzheimer bukanlah penuaan normal, melainkan penuaan paksaan atau terpaksa. Dan tahukah Anda mengapa Islam membolehkan wanita untuk mengenakan perhiasan emas? Karena perlu kita ketahui bersama bahwa wanita tidak menderita masalah ini, karena setiap bulan, partikel berbahaya tersebut akan keluar dari tubuh wanita melalui haid / menstruasi (datang bulan).


Anjuran Kencing Sambil Duduk / Jongkok (bagi pria maupun wanita)


Rosululloh S.A.W menganjurkan untuk kencing dalam keadaan duduk atau jongkok, namun beliau juga tidak melarang untuk kencing sambil berdiri bagi para pria.
Berikut penjelasannya. Hadits Rosululloh : Hadits berikut menunjukkan bahwa Nabi shollallahu 'alaihi wasallam pernah kencing sambil jongkok. 'Abdurrahman bin Hasanah mengatakan, "Nabi shollallahu 'alaihi wasallam pernah keluar bersama kami dan ditangannya terdapat sesuatu yang berbentuk perisai, lalu beliau meletakkannya kemudian beliau duduk lalu kencing menghadapnya". (HR. Abu Daud) Hadits berikut ini menceritakan bahwa Nabi shollallahu 'alaihi wasallam pernah kencing sambil berdiri. Diriwayatkan Bukhari dalam kitab shahihnya pada Bab "Kencing dalam keadaan Berdiri dan Duduk". "Nabi shollallahu 'alaihi wasallam pernah mendatangi tempat pembuangan sampah milik suatu kaum. Lalu beliau shollallahu 'alaihi wasallam kencing sambil berdiri. Kemudian beliau minta diambilkan air. Aku pun mengambilkan beliau air, lalu beliau berwudhu dengannya". (HR. Bukhari no. 224 dan Muslim no. 273)

Alasan ilmiah kencing sambil jongkok : Secara medis, kencing berdiri adalah penyebab utama penyakit kencing batu dan merupakan salah satu penyebab penyakit lemah syahwat bagi sebagian pria. Kebiasaan orang yang kencing sambil berdiri akan mudah lemah bathin, karena sisa air dalam pundi - pundi yang tidak habis terpancar menjadikan kelenjar otot - otot dan urat halus sekitar buah zakar akan menjadi kendur dan lembek. Berbeda dengan orang yang kencing dalam keadaan jongkok, dalam keadaan bersinggung tulang paha dikiri dan kanan merenggangkan himpitan buah zakar. Hal ini memudahkan aliran air kencing mudah mengalir sampai habis dan memudahkan untuk menekan buah zakar sambil mengejan.
Dengan cara ini, air kencing akan keluar sampai habis dan kekuatan sekitar otot zakar dapat terpelihara dengan baik. Ketika kencing sambil berdiri kadang ada rasa tidak puas, karena masih terdapat sisa air di dalam kantong zakar dan telur zakar di bawah batang zakar. Berkemungkinan besar dapat menyebabkan kencing batu.

Sekian thread ane semoga bermanfaat, maaf kalo terlalu panjangemoticon-Sorry

sumber www.google.com
[U][/U]
Diubah oleh jensenmon 14-01-2015 08:46
0
18.1K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan