Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fadilcihuyAvatar border
TS
fadilcihuy
Segera Laporkan Pajak Tahunan Agan, Sekarang bisa online!
emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)

Sebagai warga negara yang baik tentunya kita harus menjalankan kewajiban kita sebagai warga negara, salah satunya adalah kewajian perpajakan agan2 sekalian. Orang yang memiliki kewajiban perpajakan disebut Wajib Pajak (WP). Karena sistem yang diterapkan Direktorat Jenderal Pajak adalah Self Assesment, maka yang berperan aktif dalam kewajiban perpajakan adalah WP itu sendiri.

Dalam upaya meningkatkan penerimaan dan administrasi dibidang perpajakan, pemerintah telah meluncurkan berbagai program yang memudahkan Wajib Pajak untuk memenuhi kewajiban perpajakannya gan, salah satunya adalah penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan secara online yang disebut e-Filing. Pada kesempatan kali ini ane jelasin e-Filing yang menggunakan formulir SPT Tahunan Orang Pribadi 1770SS dan SPT Tahunan 1770S. Apa itu? Bingung ya gan? santai ane jelasin dengan penuh sesakk.. eh semangat!! Hehe.. yang penting agan punya keinginan utk belajar. Oh ya gan, topik kali ini hanya seputar WP Orang Pribadi (bukan WP Badan) lho ya.

Sebelum ane jelasin dan bagaimana cara melaporkan pajak secara e-filing, lebih dulu ane jelasin apa itu formulir SPT Tahunan Orang Pribadi 1770SS dan 1770S. Formulir ini digunakan oleh orang pribadi yang HANYA bekerja sebagai karyawan atau pegawai. Agan termasuk? Akan lebih bermanfaat agan menyimak thread ini.


Quote:

Quote:


Mengapa harus e-filing?

Karena e-filing mempunyai beberapa keunggulan:

1. Real time, dengan e-Filing kita tidak perlu menunggu dan antri di KPP, karena begitu kita submit, laporan SPT Tahunan PPh kita sudah masuk ke database Direktorat Jenderal Pajak.
2. Bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, melalui e-Filing kita dapat mengisi dan melaporkan SPT Tahunan PPh kita di rumah, di perjalanan, di kafe, di mall selama ada koneksi internet. Kita pun mempunyai waktu selama 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu untuk mengisi dan melaporkan SPT, Tidak terbatas di hari dan jam kerja saja.
3. Go green, karena menghemat penggunaan kertas.
4. Bagi pegawai pajak, e-filing memudahkan pemrosesan data perpajakan karena SPT sudah dalam bentuk digital.


Tata Cara Penyampaian SPT Tahunan Secara e-Filing Melalui Website DJP
(www.pajak.go.id)

1. WP yang akan menyampaikan SPT Tahunan secara e-filing melalui website Direktorat Jenderal Pajak (www.pajak.go.id) harus memiliki e-FIN. e-FIN adalah nomor identitas yang diterbitkan oleh Kantor Pelayanan Pajak kepada Wajib Pajak yang mengajukan permohonan untuk melaksanakan e-Filing.

Bentuk Formulir Permohonan e-FIN disini

2. WP yang sudah mendapatkan e-FIN, harus mendaftarkan diri paling lama 30 hari kalender sejak diterbitkannya e-FIN untuk terdaftar sebagai Wajib Pajak e-filing melalui website Direktorat Jenderal Pajak (www.pajak.go.id). Pendaftaran dilakukan melalui website Direktorat Jenderal Pajak (www.pajak.go.id) dengan mencantumkan alamat surat elektronik (e-mail address); dan nomor telepon genggam (handphone), untuk pengiriman kode verifikasi dan notifikasi dan Bukti Penerimaan Elektronik. eFIN yang sudah diperoleh tetapi WP yang sudah mendapatkan e-FIN tersebut tidak mendaftarkan diri sebagai WP e-Filing melalui Website Direktorat Jenderal Pajak (www.pajak.go.id) sampai batas waktu yang ditentukan, e-FIN tersebut tidak dapat dipergunakan lagi, sehingga WP harus mendaftarkan diri lagi untuk memperoleh e-FIN yang baru.
3. WP yang telah terdaftar sebagai WP e-Filing melalui website Direktorat Jenderal Pajak (http://efiling.pajak.go.id) dapat menyampaikan SPT Tahunan secara online atau e-filing.
4. Tutorial Pengisian e-Filing dapat agan lihat di youtube.. kalau masih bingung silahkan komen di thread ini gan. Atau hubungi langsung 08962638367 (hanya telepon)

Quote:
Diubah oleh fadilcihuy 19-03-2015 13:35
0
4.2K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan