hayden.cAvatar border
TS
hayden.c
Ahok: Kita Mulai Era Baru di Indonesia dengan "E-Budgeting"
Ahok: Kita Mulai Era Baru di Indonesia dengan "E-Budgeting"

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI akan membuka kunci e-budgeting pada pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) 2015 bersama DPRD DKI, Kamis (19/3/2015) ini. Basuki mengungkapkan sengaja mengundang DPRD DKI agar tidak lagi menimbulkan prasangka satu sama lain. Sehingga ia akan memberikan password serta mengajarkan e-budgeting kepada Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi.

"Kita mulai era baru e-budgeting di Indonesia. Nanti waktu kami ngisi ini (e-budgeting) semua media boleh lihat, kenapa seperti ini dan SKPD enggak bisa lagi 'main' nih," kata Basuki di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (19/3/2015).

Dengan langkah ini, Basuki meyakini warga dapat mengetahui pihak-pihak mana saja yang kongkalikong dan "bermain" dengan anggaran. Warga maupun DPRD kini bisa ikut menilai anggaran mana saja yang dirasa tidak sesuai atau tidak masuk akal. Akan ada proyektor yang memperlihatkan sistem e-budgeting dalam pembahasan RAPBD 2015. Pihak mana yang memasukkan serta mencoret anggaran dapat terlihat jelas dengan e-budgeting itu.

"Jadi misalnya Pak Pras, saya sudah minta untuk hadir dan lihat nanti, kami kasih dia password e-budgeting. Jadi Ketua DPRD punya password dan bisa lihat staf-stafnya untuk kunci anggaran. Kalau stafnya sembarang kunci dan kurang-kurangin gimana? Kan kebaca ada password-nya, berarti Ketua DPRD yang mengunci dan pasang sembarangan," kata Basuki.

Rencananya, pembahasan RAPBD DKI 2015 akan berlangsung pada pukul 10.00 di Ruang Pola Bappeda Blok G lantai 2. Sebelumnya beberapa pihak yang memiliki password e-budgeting adalah Gubernur, Sekda, Kepala BPKAD, Kepala Bappeda, serta penanggung jawab di masing-masing SKPD.

source

rakyat mendukung terobosan demi transparansi.. emoticon-I Love Indonesia (S)
0
7.1K
144
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan