satriadaroAvatar border
TS
satriadaro
Stress ( Penyebab dan Cara Menghilangkanya)
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Insya Allah disini kita membahas soal Stress, maaf bila sudah ada yang membuat trit ini sebelumnya emoticon-Big Grin



Stress adalah bentuk ketegangan dari fisik, psikis, emosi maupun mental. Bentuk ketegangan ini mempengaruhi kinerja keseharian seseorang. Bahkan stress dapat membuat produktivitas menurun, rasa sakit dan gangguan-gangguan mental. Pada dasarnya, stress adalah sebuah bentuk ketegangan, baik fisik maupun mental. Sumber stress disebut dengan stressor dan ketegangan yang di akibatkan karena stress, disebut strain.

Berikut ini beberapa penyebab stres yang diketahui .

Ekonomi

Tidak semua orang terlahir dari keluarga yang berkecukupan, apalagi di negara berkembang seperti Indonesia yang mayoritas penduduknya bisa dikatakan menyandang status sosial tingkat bawah. Hal ini (ekonomi) menjadi pemicu utama seseorang mengalami stres. Sebagai contoh seorang ibu yang terus memikirkan bagaimana anaknya bisa melunasi SPP sekolah yang sudah menunggak berbulan-bulan, lama kelamaan otak akan stres hanya untuk menemukan solusi terbaik.

Kerja berlebihan

Segala sesuatu yang dilakukan secara berlebih tidaklah baik. Contoh saja, seseorang yang sakit mengira bahwa minum obat yang banyak dapat mempercepat proses pemulihan, tetapi hal tersebut justru membuat kondisi semakin memburuk, bisa overdosis bahkan berisiko kematian. Sama halnya dengan bekerja yang berlebihan. Jikalau terpaksa, alangkah baiknya disela-sela waktu kerja Anda, refresh otak dengan berjalan keluar kantor sejenak atau cuci muka dengan air dingin agar wajah tetap sehat dan tampak segar.

Percintaan

Para remaja bau kencur yang sedang menikmati manisnya cinta ataupun mereka yang sudah berkeluarga akan stres jika hubungan percintaan dalam hidupnya mengalami konflik akan merasakan stres dan kepenatan hidup. Kita ambil contoh pasangan keluarga yang berselisih untuk mengatur finansial, atau bisa juga bertengkar hanya karena masalah sepele, misalnya timbul rasa ketidakpercayaan satu sama lain jika pulang kerja terlalu larut.

Dengan melihat ketiga faktor pemicu stres barusan sepertinya sudah mewakili yang lain seperti obsesi pada kesempurnaan, kurangnya minat melakukan sesuatu, bingung akan kepastian, selalu menerima segala masalah dengan pikiran negatif, tidak mendapat waktu cukup untuk kumpul bersama teman dan masih banyak lagi

Berikut ini beberapa cara untuk Menghilangkan nya .

Menganalisis jadwal waktu Anda
Jika Anda merasa terbebani dengan banyak tanggung jawab, cobalah untuk menganalisa, mengatur dan memprioritaskan tugas-tugas Anda dengan membuat daftar yang harus dilakukan dan menyoroti tugas-tugas yang paling penting dan harus segera dilakukan. Kemudian, membagi slot waktu sesuai dengan prioritas tugas. Jika beberapa tugas terlalu besar untuk dilakukan pada satu waktu, bagilah tugas dalam kelompok-kelompok kecil. Jangan membebani diri sendiri dan coba untuk menemukan waktu untuk bersantai sejenak. banyak yang bilang bahwa manajemen waktu adalah kunci keberhasilan dan jika Anda mengatur waktu dengan baik, maka Anda merasa lebih fokus dan energik dan stres akan jauh dari anda.

Jangan menekan pikiran dan emosi
Bila perilaku seseorang yang mengganggu membuat Anda stres. Berbicara sopan dengannya dan ceritakan tentang hal itu. Kuasailah pikiran dan emosi, jangan sampai amarah membuat keadaan menjadi tanbah rumit.

Berikan waktu untuk diri sendiri
Cobalah untuk bersantai . Menghabiskan beberapa waktu dengan keluarga Anda, membaca buku atau menonton film favorit, bermain olahraga favorit tiap sore atau menikmati keindahan alam bersama teman , akan benar-benar menenangkan pikiran Anda dan melepaskan semua ketegangan dan pikiran stres.

Bergaul dengan orang-orang positif
Menghabiskan beberapa waktu dengan orang-orang positif, setidaknya memperkuat mental anda untuk bertahan menghadapi stres. sangat dianjurkan bagi anda bertukar pikiran dan membagi keluh kesah pada orang yang selalu bersikap positif.

Pola makan yang sehat dan seimbang
Faktanya ketika orang-orang dilanda stres, mereka mulai lebih sering makan junk food, meningkatkan asupan teh atau kopi. Semua ini justru menyebabkan kondisi traumatik yang parah. Seseorang harus selalu memiliki menu harian yang sehat dan seimbang lengkap dengan komponen nutrisi yang cukup. makanan organik dan termasuk sayuran berdaun hijau maupun buah-buahan memiliki anti-oksidan dan vitamin C membantu menurunkan hormon stres . Hindari alkohol, merokok, teh, kopi dan minuman ringan. tambah Meningkatkan asupan karbohidrat seperti gandum, beras merah atau gandum utuh karena mereka membantu dalam merangsang pelepasan bahan kimia serotonin yang membantu menenangkan pikiran.

Musik sebagai terapi
Musik bekerja seperti sihir untuk menenangkan pikiran Anda dan memberikan efek rileks dari semua ketegangan dan stres. Jadi mendengarkan musik favorit Anda atau memainkan gitar atau piano ketika Anda merasa stres sangatlah baik untuk dicoba.

Tetap aktif dan berolahraga setidaknya 30 menit sehari
Ketika kita berolahraga, paru-paru mengembang dan mendapatkan banyak oksigen yang meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh kita dan membantu dalam mengurangi tingkat stres. Olahraga juga membantu untuk membiasakan tidur teratur. Hal ini meningkatkan endorfin bahan kimia otak yang membuat anda merasa tenang dan juga melemaskan otot-otot Anda. Anda dapat melakukan latihan ringan seperti berjalan, berenang atau aerobik untuk mengalahkan stres.

Cukup tidur
Tidur selama minimal 6 sampai 8 jam setiap hari karena meremajakan tubuh kita dan membuatnya siap untuk hari berikutnya. Jika kita tidak mendapatkan cukup tidur, tubuh kita tetap lelah, tidak memiliki energi yang cukup untuk berkonsentrasi dan bekerja dengan baik yang selanjutnya mengarah ke stres.

Tertawa
Dikatakan bahwa tertawa adalah obat yang baik. Jika Anda memiliki rasa humor yang baik, Anda kurang rentan terhadap stres, depresi dan kecemasan. Jika Anda menghadapi beberapa fase sulit dalam hidup, jangan kehilangan senyum di wajah Anda dan hadapilah sebagai seorang pejuang yang tidak pernah mengutuk takdir.

Ok, Agan² dan Aganwati sekian dari saya...,
Walaikum salam Warahmatullahi Wabarakatu
.
Sumber : http://cakrawalasehat.blogspot.com/2...an-stres.html,
http://www.beritapilihanterbaru.com/...kan-stres.html
0
1.4K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan