Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hotelbandunganAvatar border
TS
hotelbandungan
Mengenal Banyak Ragam Suku Dayak
Mengenal Banyak Ragam Suku Dayak


Suku Dayak, adalah sebagai bangsa Proto Malayan atau salah satu suku tertua di Indonesia yang memiliki ras mongoloid. Pada umumnya suku Dayak bermukim di seluruh wilayah pulau Kalimantan (Borneo), tapi suku Dayak terdapat juga di Filipina, dan sepupunya terdapat di Madagascar, yang walaupun tidak mengaku sebagai orang Dayak, tetapi mereka menggunakan bahasa Dayak atau 70% mirip dengan bahasa Dayak.

Asal usul suku bangsa Dayak sangat beragam, menurut penelitian sebagian besar suku Dayak berasal dari dataran tinggi Yunnan di China Selatan dan Formosa Taiwan, dan juga berasal dari beberapa daerah di Indochina, seperti Burma, Thailand dan lain-lain. Selain itu, kemungkinan juga arus migrasi nenek moyang orang Dayak setelah pendaratannya di pulau Kalimantan ada yang meneruskan perjalanan menuju ke daerah lain, seperti ke Filipina, Madagascar bahkan sampai ke daerah India (Assam, Nagaland, Manipur, Tripura dan Arunachal Pradesh). Selain itu pada beberapa suku di Sumatra diperkirakan ada yang berkerabat secara sejarah asal-usul nenek moyang dengan suku Dayak di Kalimantan, seperti suku Nias, Mentawai dan Enggano, dan juga dengan suku Shompen di kepulauan Nicobar, serta dengan beberapa suku di Sulawesi.

Masyarakat suku Dayak pada umumnya lebih memilih pemukiman di sekitar tepian sungai-sungai dan danau.


Suku Dayak terdiri dari 6 Rumpun dan lebih dari 405 Suku:

  1. rumpun Punan
  2. rumpun Klemantan
  3. rumpun Iban
  4. rumpun Apokayan
  5. rumpun Murut
  6. rumpun Ngaju


Suku Dayak di Kalimantan Tengah
Provinsi Kalimantan Tengah, sering disebut sebagai pusat sebagian besar suku-suku Dayak yang ada di pulau Kalimantan. Suku Dayak, sebagai bangsa Proto Malayan atau salah satu suku tertua di Indonesia yang memiliki ras mongoloid.

Menurut beberapa cerita yang terdapat di Kalimantan Tengah, maupun di luar Kalimantan Tengah, beberapa suku Dayak dikatakan berawal dari daerah Kalimantan Tengah, salah satu tempatnya adalah sungai Kahayan.
Masyarakat suku Dayak yang terdapat di provinsi Kalimantan Tengah pada umumnya tinggal dan bermukim di sekitar tepian sungai-sungai dan danau.


Berikut suku-suku Dayak yang ada di Kalimantan Tengah.
Spoiler for Suku Dayak Kalimantan Tengah.:


Suku Dayak di Kalimantan Timur
Kalimantan Timur, merupakan salah satu provinsi yang memiliki sejarah panjang tentang masyarakat suku Dayak. Beberapa kerajaan tertua di wilayah ini diduga merupakan kerajaan suku Dayak di masa lalu.
Selain itu di provinsi Kalimantan Timur juga terdapat lebih dari 40 suku Dayak yang berbeda antara satu dengan yang lainnya dengan tradisi dan budaya masing-masing. Beberapa suku Dayak di wilayah ini menyebut dirinya bukan Dayak, karena telah memeluk agama Islam. Tapi secara tradisi, budaya dan bahasa tidak dapat disangkal karena mereka tetap lah orang Dayak.


Spoiler for Suku Dayak Kalimantan Timur:


Suku Dayak di Kalimantan Barat
Provinsi Kalimantan Barat, adalah salah satu provinsi di Kalimantan yang memiliki banyak ragam suku dayak. Diperkirakan Kalimantan Barat memiliki suku-suku dayak yang terbanyak. Pada satu kabupaten saja ditemukan lebih dari 30 suku dayak yang memiliki tradisi dan budaya masing-masing, dan saling berbeda.

Suku Dayak, adalah sebagai bangsa Proto Malayan atau salah satu suku tertua di Indonesia yang memiliki ras mongoloid. Keberadaan suku-suku Dayak di Kalimantan Barat ini banyak memiliki versi yang berbeda tentang asal usul mereka. Antara satu suku dayak dengan suku dayak lainnya, beberapa memiliki cerita asal usul yang berbeda, walaupun terdapat juga beberapa lain yang memiliki kemiripan cerita asal usul.


Spoiler for Suku Dayak Kalimantan Barat:


Suku Dayak di Kalimantan Selatan
Kalimantan Selatan, seperti yang diketahui adalah wilayah kediaman masyarakat suku Banjar atau suku Melayu Banjar. Suku Melayu Banjar merupakan suku mayoritas di provinsi Kalimantan Selatan ini. Hampir seluruh wilayah Kalimantan Selatan dihuni oleh etnis Melayu Banjar ini. Tapi sebenarnya di wilayah ini terdapat beberapa kelompok suku Dayak yang juga merupakan penduduk asli wilayah Kalimantan Selatan.

Suku-suku Dayak di Kalimantan Selatan walaupun hidup di antara budaya Melayu Banjar, namun mereka tetap dapat mempertahankan tradisi adat dan budaya Dayak. Sebagian besar masyarakat suku Dayak di wilayah ini memeluk agama Kristen, sedangkan masyarakat suku Banjar yang menjadi mayoritas adalah pemeluk agama Islam. Tapi kerukunan beragama tetap terjaga di antara mereka. Menurut mereka antara suku Dayak dan suku Banjar adalah berkerabat sejak zaman nenek moyang mereka.


Spoiler for Suku Dayak Kalimantan Selatan:


Suku Dayak di Sarawak, Malaysia
Sarawak, salah satu negara bagian di Malaysia, juga banyak terdapat etnis dayak yang dianggap sebagai penduduk asli wilayah ini. Sebenarnya daerah Sarawak ini yang menjadi mayoritas adalah kaum Melayu Sarawak. Tapi keberadaan suku Dayak juga menjadi bagian penting bagi perkembangan Sarawak.


Spoiler for Suku Dayak Di Serawak Malaysia:


Suku Dayak di Sabah, Malaysia
Sabah, merupakan negara bagian Malaysia. Wilayah Sabah ditempati oleh berbagai suku, seperti kaum (suku) Melayu, Bajau, Brunei, Banjar, Suluk dan Bugis, selain itu Sabah juga menjadi wilayah pemukiman suku Dayak yang dianggap sebagai Orang Asli wilayah Sabah.

Menurut cerita, suku-suku Dayak di Sabah Malaysia ini masih merupakan kerabat dari suku-suku Dayak yang berada di Indonesia. Karena dilihat dari tradisi kepercayaan tradisional, tradisi, budaya, bahasa, kebiasaan serta berbagai jenis senjata tidak jauh berbeda dengan suku-suku Dayak yang ada di Indonesia.


Spoiler for Suku Dayak Sabah Malaysia:


Suku Dayak di Brunei
Brunei, atau nama lengkapnya Brunei Darussalam, merupakan sebuah Negara di Borneo sebelah utara. Mayoritas penduduk di Brunei adalah kaum Melayu Brunei, selain itu terdapat juga beberapa etnis Dayak di wilayah ini.


Spoiler for Suku Dayak Brunai:


Suku Dayak di Filipina
Filipina, adalah suatu negara yang penduduk mayoritasnya adalah orang Filipino (Tagalog). Sekilas negara ini tidak memiliki hubungan sejarah langsung dengan Borneo atau pulau Kalimantan. Tapi ternyata di suatu tempat di Filipina, yaitu di kepulauan Sulu terdapat beberapa suku yang memiliki hubungan sejarah masa lalu dengan penduduk dari pulau Kalimantan. Menurut cerita masa lalu di kepulauan Sulu, bahwa penduduk asli di kepulauan Sulu, dahulunya adalah para perantau yang menyeberang ke daratan kepulauan Sulu yang sekarang menjadi bagian dari negara Filipina.

Bahkan, menurut cerita lama suku-suku setempat di kepulauan Sulu, menceritakan tentang kisah perjalanan nenek moyang mereka yang berasal dari pulau Kalimantan. Beberapa tradisi dan budaya mereka juga menampakkan banyak persamaan dengan tradisi dan budaya suku-suku Dayak di Kalimantan. Walaupun saat ini mereka tidak lagi menyatakan diri sebagai Dayak, tapi dalam hati dan sejarah mereka tetaplah mengakui bahwa nenek moyang mereka adalah orang Dayak dari Kalimantan.


Spoiler for Suku Dayak Filipina:


Demikian Gan Banyak Ragam Suku Dayak Buat Nambah Pengetahuan emoticon-I Love Indonesia (S)

Mengenal Banyak Ragam Suku Dayak
Mengenal Banyak Ragam Suku Dayak


*Mungkin ada yg mau nambahin gan??emoticon-Blue Guy Peace

Sumber :Planet Dayak
Diubah oleh hotelbandungan 18-03-2015 06:08
0
13.7K
27
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan