nang_teaAvatar border
TS
nang_tea
Petani Ponorogo Kaget Ratusan Traktor dari Jokowi Ditarik Lagi

Selasa, 17/03/2015 09:40 WIB
Budi Sugiharto - detikNews
Surabaya - Beberapa waktu lalu, petani Ponorogo, Jawa Timur, menerima ratusan traktor dari Presiden Jokowi. Pemberian alat pertanian itu jadi isu hangat, karena setelah kegiatan, traktor tersebut ditarik lagi.

Jokowi hadir di Desa Jetis, Ponorogo dalam rangka panen raya, Jumat (6/3/2015) lalu. Di hadapan ratusan petani, ia mengatakan pemerintah akan memberikan bantuan traktor sebanyak 41 ribu ke seluruh Indonesia.

"Ingin saya sampaikan, pemerintah tahun ini akan membagikan traktor kurang lebih 41 ribu. Itu untuk Indonesia. Untuk di sini (Ponorogo), 3 ribu. Kalau disyukuri, Alhamdulillah," ujar Jokowi saat itu. Pernyataan tersebut disambut tepuk tangan para petani.

Dilansir situs Forum Hijau Indonesia 15 Maret 2015, usai kunjungan Jokowi, sebagian besar traktor itu dipajang di pinggir Jalan Raya Kecamatan Jetis menuju Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo. Kemudian, ratusan traktor tersebut diangkut sejumlah truk.

"Sudah dikasih diambil kembali," ujar masyarakat setempat

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Ponorogo Harmanto membenarkan traktor itu tak langsung diberikan ke masyarakat. "Itu (penyerahan) hanya simbolis, display saja. Bukan tidak dibagikan, tapi belum," kata Harmanto saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (17/3/2015).

DETIKCOM
tuh "bukan tidak dibagikan, tapi belum"
maksudnya belum jelas mungkin emoticon-Bingung (S)



UPDATE:
Beda dengan Ponorogo, Petani Ngawi Sudah Terima 34 Traktor dari Jokowi
Selasa, 17/03/2015 12:23 WIB
Budi Sugiharto - detikNews DETIKCOM
Surabaya - Beda tempat, ternyata beda nasib. Jika Ponorogo, traktor yang diberikan Presiden Jokowi untuk petani ditarik lagi, maka di Ngawi, Jawa Timur, para petani sudah menerima traktor. Hanya saja jumlahnya tak utuh.

"Kami menerima 34 traktor. Bukan 852 unit seperti diberitakan. 852 itu untuk seluruh Jatim," terang Kepala Dinas Pertanian, Tanam Pangan dan Holtikultura Ngawi, Marsudi kepada detikcom, Selasa (17/3/2015).

Menurut Marsudi, ke 34 unit traktor merek Kubota itu sudah diserahterimakan kepada kelompok petani yang sudah ditetapkan saat penyerahan simbolis dilakukan presiden.

Pembagian traktor gratis tersebut juga jauh dari kesan mewah. Berada di tengah persawahan, tanpa tenda dan sofa. Jokowi, Iriana, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, dan Gubernur Jatim Soekarwo hanya duduk di kursi bambu usang dan terpapar teriknya matahari pada Sabtu (31/1/2015) lalu.

"Saya senang sekali hari ini ada di Ngawi. Kami akan membagikan bantuan sebanyak 852 traktor dan 377 pompa air. Di tempat yang lain kita ingin bagi-bagi terus," ujar Jokowi saat itu.

Jokowi ingin, traktor dan pompa air gratis ke para petani ini dapat meningkatkan produksi pangan Indonesia sehingga dalam 3 tahun lagi Indonesia swasembada pangan

Pembagian traktor gratis ini mendadak menjadi isu hangat karena petani Ponorogo, Jawa Timur, belum menerima ratusan traktor seperti yang dijanjikan Presiden Jokowi. Ratusan traktor yang dijanjikan gratis untuk petani Ponorogo ditarik lagi setelah Jokowi hadir di Desa Jetis, Ponorogo dalam rangka panen raya, Jumat (6/3/2015) lalu.


komeng:

Quote:
Diubah oleh nang_tea 17-03-2015 05:53
0
10.4K
113
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan