Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mbiaAvatar border
TS
mbia
Rupiah Loyo, Ribuan Industri di Jawa Tengah Terancam
TEMPO.CO, Semarang - Ribuan industri di Jawa Tengah terancam gulung tikar karena terpukul dampak kenaikan nilai tukar dolar terhadap rupiah. Nilai tukar rupiah yang mencapai angka Rp 13.245 per dolar Amerika Serikat, membuat sebagian besar industri tak kuat mendatangkan bahan baku dari luar negeri dalam jangka waktu lama.

"Kalau seperti ini terus, tiga hingga empat bulan lagi pasti kolaps," kata Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Tengah, Frans Kongi, di Semarang Senin 16 Maret 2015.

Frans menyebutkan hampir seribu industri di Jawa Tengah menggunakan bahan baku impor yang pembeliannya sangat terpengaruh oleh nilai tukar rupiah. Industri itu memerlukan bahan baku impor lebih banyak ketimbang muatan lokalnya, yakni sekitar 60-70 persen. "Ini berpengaruh pada pembengkakan biaya karena harga bahan baku ikut tinggi," kata dia.

Menurut Frans, industri yang masih mengandalkan bahan baku dari luar negeri antara lain tekstil, kaca, baja, dan aneka makanan minuman. Frans mengakui sebenarnya banyak bahan baku yang bisa digunakan dari dalam negeri, namun masih terhambat pengolahan menjadi bahan baku yang sama-sama memerlukan biaya tinggi.

Pengusaha berharap pemerintah ikut mengintervensi masalah yang dihadapai industri, salah satunya cara menstabilkan kualitas bahan baku lokal. "Sumber dalam negeri banyak, hanya saja pengelolaan menjadi bahan baku perlu biaya besar lagi," katanya.

http://www.tempo.co/read/news/2015/0...engah-Terancam

jangan sampai gulung tikar deh..
0
3.6K
59
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan