Kaskus

Entertainment

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

zenganksAvatar border
TS
zenganks
Gan!, Kalo Mau Nilai Ujian Bagus Pake Baju Superman!
Gan!, Kalo Mau Nilai Ujian Bagus Pake Baju Superman!

Semua pasti pernah ngalamin yang namanya momen-momen AWESOME. Momen dimana kamu merasa lebih PD, lebih pinter, lebih kreatif. Misal nih ane kasih contoh matamu normal, tapi kamu iseng aja pake kacamata normal, dan kamu ngerasa kamu lebih pinter setelah pake kacamata itu. Contoh lain (khusus untuk agan yang cowok) kamu pake jaket kulit mahal (lagi-lagi minjem temen) karena kamu ngga mampu beli, terus setelah pake itu, rasa-rasanya kamu bisa naklukin semua cewek. Serasa dapetin cewe itu gampang banget kayak balikin telapak tangan. Pernah ngalamin momen-momen kayak gitu? Tenang, kamu ngga sendiri. Ternyata eh ternyata ada psikologis researchnya untuk hal-hal kayak gini. Ketimbang penasaran, yuk simak aja yuk.

Seorang profesor dari Jurusan Psikologi di Universitas Hefordshire, Inggris, yang bikin penelitian ini. Dia meneliti tentang pengaruh pakaian terhadap hasil ujian sekolah. Dan apa hasilnya? Ternyata mahasiswa yang pake kaos Superman mampu nyelesein nilai ujian dengan hasil lebih bagus ketimbang mereka yang ngga pake kaos yang sama. Kok bisa?

Agan boleh percaya boleh ngga percaya sih. Tapi inilah penjelasannya. Penelitian itu dibagi jadi dua sesi. Pada sesi I sekelompok mahasiswa diminta pake kaos Superman, kemudian nyelesein soal-soal ujian. Sesi kedua, mereka ganti pakaian pake jubah putih ala-ala dokter spesialis. Dan ternyata terbukti mahasiswa yang pake kaos Superman atau jubah dokter saat ujian, memiliki rata-rata nilai yang lebih tinggi dibanding yang tidak memakai kaos.

Spoiler for keluarga superman:


Mahasiswa yang menggunakan kaos Superman atau jubah dokter memiliki rata-rata kesuksesan menjawab soal sebanyak 72 persen. Sedangkan mereka yang tidak menggunakan hanya mampu memiliki kesuksesan jawaban sebanyak 64 persen. “Menggunakan kaos Superman atau jubah dokter mampu meningkatkan mental mereka saat ujian. Kepercayaan diri mereka menjadi lebih besar. Mereka merasa lebih kuat dan lebih pintar dibanding yang lain,” ujar Profesor Karen Pine, Dosen Ahli di universitas tersebut yang menjalankan studi in.

emoticon-Kiss (S)
Spoiler for eh?:


Profesor Pine nambahin mereka yang pake kaos Superman merasa lebih PD. Mereka menilai diri mereka sendiri orang yang superior dibanding yang lain. Bahkan saat ditanya apakah mereka memiliki kekuatan untuk ngangkat barang, para mahasiswa itu menjawab dengan PD mampu mengangkat lebih kuat dibanding yang hanya memakai kaos putih.

Profesor Pine yakin hasil studinya menunjukkan bahwa proses peningkatan mental seseorang bisa dilakukan oleh baju yang mereka kenakan dan persepsi masyarakat yang berkembang terhadap suatu simbol. Contohnya baju Superman. Simbol S pada baju itu nunjukin kesuperioran dan kekuatan dari seorang pahlawan Super sehingga persepsi tersebut masuk ke dalam otak mereka dan akhirnya mempengaruhi kondisi fisik.

Spoiler for wooohooooo:


“Orang yang menggunakan jubah dokter secara otomatis akan meningkatkan ketangkasan mentalnya karena otak mereka akan menganggap diri mereka juga sebagai seorang dokter,” kata Profesor Pine.

Profesor Pine sering ngadain studi untuk mengetahui pengaruh mental dan psikologis seseorang. Sebelumnya ia juga pernah melakukan penelitian yang menyimpulkan kalo wanita lebih suka menggunakan celana Jeans saat mereka sedang galau. Terus kapan ya profesor itu ngadain studi dan nyimpulin kalo kucing lagi tercerahkan dia bakal pake blazer oranye ama dasi. hahaha.

Oiya, saran aja sih ya. Efek psikologis emang bagus sih buat bikin kita lebih PEDE, tapi tetep aja buat mau dapetin hasil yang bagus mau itu ujian atau bikin sesuatu tetep diperluin kerja keras. Yok gan, selamat tercerahkan ya!


BUKAAAA DONG GAAAAAAN~
Spoiler for asik-asik:


agan yang kece dan budiman jangan lupa bagi emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Gan!, Kalo Mau Nilai Ujian Bagus Pake Baju Superman!
Diubah oleh zenganks 03-06-2014 08:25
anasabila
4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
3.4K
7
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan