Kaskus

Entertainment

catriniAvatar border
TS
catrini
Buat Agan Yang Hobi Jual Beli Online Nih: Tren Bisnis Ecommerce 2015 di
Agan pasti tau belanja online atau ecommerce sekarang lagi naik daun. Pasar yang gede menjadikan para pemain ecommerce untuk mencari peluang. Baik lokal, joint venture maupun internasional masuk ke Indonesia. Berbagai fasilitas dan kemudahan disediakan untuk costumer.

Nah untuk tahun 2015 ini, ada prediksi yang mungkin bisa agan jadiin info untuk jualan emoticon-Big Grin

1. Peluang & Resiko

Spoiler for :


Pertumbuhan perdagangan lintas-batas akan semakin cepat pada tahun 2015 sesuai dengan kesempatan yang diberikan para marketplace global kepada konsumennya untuk membeli dari peritel dari mana saja di dunia.

Hal ini membuka jalan bagi merchant yang ingin mengakses pasar dunia dan berekspansi secara internasional, menawarkan peluang untuk pertumbuhan yang signifikan, khususnya bagi pasar-pasar yang lebih kecil di mana lebih sedikit potensi untuk berkembang di wilayahnya.

2. Kesetiaan Konsumen
Spoiler for :


Konsumen saat ini ingin membeli sebuah pengalaman brand yang merefleksikan gaya hidup mereka, baik online maupun offline.

Untuk mencapai hal ini, peritel telah berusaha mendiversifikasi penawaran mereka, namun seringkali tidak sejalan. Ketika kita memasuki 2015, peritel akan membawa penawaran-penawaran unik mereka di bawah satu atap, baik online maupun di toko pusat.

Hal ini tidak hanya akan memungkinkan peritel memberikan konsumen pengalaman terkoneksi yang mulus, tetapi juga membuka peluang besar untuk lintas-penjualan dan memperkuat kesetiaan pelanggan di semua aspek.

3. Social Shopping
Spoiler for :


Sosial media memainkan peran yang semakin penting dalam proses belanja, mempengaruhi tahapan pencarian produk hingga keputusan pembelian. Teknik online marketing akan semakin penting untuk meraih mindshare konsumen, melibatkan spektrum kanal sosial yang lebih luas.

Facebook dan twitter tetap yang terdepan tapi sosial media lainnya, seperti pinterest, instagram, path juga akan menjadi tempat menjual barang.

4. Kompetisi Ketat
Spoiler for :


Nilai pasar e-commerce terus meningkat dan semakin menggiurkan. Kompetisi akan semakin ketat. Selain pemain lokal, ada juga pemain internasional. Tidak ketinggalan ada juga yang join venture, misalnya antara XL Axiata dan SK Planet dengan brand elevenia

Akibatnya, menjadi keharusan bagi merchant online untuk meningkatkan permainan mereka, menggunakan teknologi seperti data analytic untuk mendapatkan wawasan berharga. Berbekal tren pasar dan perilaku konsumen, bisnis dapat membuat penawaran yang unik dan mengembangkan strategi efektif.


5. Mobile Tumbuh Pesat

Spoiler for :


Seiring bergesernya konsumen online dari belanja melalui desktop ke perangkat mobile, peritel tidak bisa lagi mengabaikan perubahan perilaku konsumen ini.

Tahun 2014 kemaren, 25% konsumen di Indonesia menggunakan perangkat mobile untuk berbelanja online. Sementara itu, fenomena mobile-first juga merambah Asia Pasifik dimana pengguna online mengakses internet hanya melalui perangkat mobile.

Nah,,, keamanan, kemudahan, kecepatan dan kenyamanan buat konsumen menjadi hal yang sangat penting. Konsumenlah nanti yang menentukan siapa yang sesuai dengan keinginan pasar.

Sumber
hariankopas
eliyani edublog
0
1.5K
6
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan