Quote:
Yang namanya mobil, pasti nggak bakal terlepas dari teknologi mesin yang ada di dalamnya. 
Dari dulu sampe sekarang, perusahaan mobil pada lomba buat bikin mesin mobil yang lama-lama makin canggih. Nggak Cuma biar lebih enak nyetirnya, tapi juga biar lebih irit bahan bakar dan ramah lingkungan.
Katanya, kaskuser yang baik selalu meninggalkan jejak di thread yang dia baca. Dan karena ane bukan mantan agan, jadi plis, jangan cuma distalking. 
Dan ternyata, mesin-mesin mobil dengan teknologinya yang canggih itu nggak Cuma satu jenis gan. Ada banyak. Ini contohnya:
Quote:
VVT-i
Teknologi VVT-i merupakan terknologi yang mengatur sistem kerja katup pemasukan bahan bakar (inteks) secara elektronik baik dalam hal waktu maupun ukuran buka tutup katup sesuai dengan besar putaran mesin sehingga menghasilkan tenaga yang optimal, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan

VVT-i pertama kali hadir di Indonesia sejak 2003. Mobil Toyota dengan mesin berteknologi VVT-i pertama kali hadir di Indonesia adalah Toyota Vios (2003), Toyota Camry (2003), Toyota Corolla Altis (2004), Toyota Kijang Innova (2004), Toyota Avanza S VVT-i (2004), dan Toyota Yaris (2006).
Quote:
D4D Common Rail
Bahan bakar yeng telah di beri tekanan oleh supply pump disimpan di dalam common-rail sebelum didistribusikan ke injector-injektor. ECU (Electronic Control Unit) dan EDU (Electronic Driving Unit) mengontrol volume dan waktu injeksi bahan bakar ke tingkat yang optimal dengan cara mengoperasikan dan menutup injektor-injektor sesuai dengan sinyal-sinyal dari sensor-sensor. Proses ini serupa seperti pada system EFI yang digunakan pada mesin bensin.
Quote:
EFI (Electronic Fuel Injection)
Sistem EFI menggunakan berbagai sensor untuk mendeteksi kondisi mesin dan kondisi pengendaraan mobil. Selanjutnya ECU mesin akan mengkalkulasi volume penyemperotan bahan bakar optimal, yang kemudian memerintahkan injektor untuk menyemprotkan bahan bakar.
Quote:
VNT Turbo
Engine Variable Nozzle Turbo (VNT) mampu meningkatkan output daya dan torsi secara signifikan. Dengan perangkat VNT tersebut, produksi tenaga meningkat dari 102 PS/3.600 rpm jadi 144 PS/3.400 rpm.
Keunggulan mesin VNT Diesel yang dipadu dengan ketangguhan 4x4 menjadikan pilihan yang powerfull sehingga konsumen memiliki pilihan yang lengkap akan kendaraan tangguh untuk off-road, serta mewah untuk perkotaan
Mobil yang udah make VNT Turbo contohnya ini gan:

Quote:
Quote:
Fuel Cell
Ini yang baru gan. Mobil hasil inovasi dari toyota ini bisa menghasilkan listrik dari hidrogen yang nggak Cuma bikin ramah lingkungan, tapi juga hemat energi.
Hidrogen emang lagi dikembangin jadi salah satu bahan bakar alternatif yang bisa diperoleh dari berbagai sumber energi, termasuk tenaga surya dan angin gan. Ketika dikompresi, energi ini memiliki kepadatan yang lebih tinggi daripada baterai.
Nah, kalo mobil yang ini, udah diproduksi di Jepang sama US gan. Namanya Toyota Mirai. Kayak gini nih:
Quote:
Gimana gan? Masih kurang ngintip teknologi mesin mobil jaman sekarang?
Sumber
Quote:
Silakan kalo agan berkenan gan: