- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Yuk Gan Intip Cara Bikin Mobil di Pabriknya Toyota


TS
jihannabilah
Yuk Gan Intip Cara Bikin Mobil di Pabriknya Toyota
Quote:
Karena ane penasaran, saking keponya pengen tau sebenarnya cara bikin mobil yang biasa nongol di jalan itu kayak apa sih, jadi ane sekalian aja share ke sini gan. Semoga bermanfaat ya. 

Quote:
Budayakan Komen, rate, sukur-sukur nyendolin ya gan.
.

Gan, emang di Indo ada pabrik mobil Toyota?
Ada gan. Ini gambarnya:

Ada gan. Ini gambarnya:

Quote:
Buat pemanasan, jalan-jalan pake mesin waktu dulu yok gan. Gimana ceritanya perjalanan Toyota di Indonesia:
Spoiler for Mesin Waktu:

12 April 1971
Pendirian PT Toyota-Astra Motor (TMC 49% & AI 51%)
Cikal bakal Toyota di Indonesia dimulai dengan pendirian PT. Toyota-Astra Motor pada tanggal 12 April 1971. Saat itu TAM bergerak sebagai importer dan distributor kendaraan merek Toyota, sekaligus mengembangkan jaringan penjualan dengan menunjuk 5 main dealer.

21 Agustus 1973
Pendirian PT Multi-Astra (AI 50% & Multivest 50%)
Di tahun 1973 Toyota mendirikan pabrik perakitan PT Multi Astra dipicu oleh semakin tingginya produksi Toyota serta keinginan Toyota untuk dapat melakukan pengecekan kualitas yang penuh dan mandiri.

23 November 1976
Pendirian PT Toyota Mobilindo (TMC 57,3% & Astra 43,7%)
Di Indonesia, SK Menteri Perindustrian tentang keharusan menggunakan komponen buatan dalam negeri disambut Toyota dengan mendirikan PT Toyota Mobilindo pada 1976 untuk membuat komponen bodi untuk kendaraan niaga.

20 Desember 1982
Pendirian PT Toyota-Engine Ind (TMC 51% & AI 49%)
Pada tahun 1982, PT Toyota Engine Indonesia didirikan di Sunter I, Jakarta, dan mulai beropeasi penuh pada tahun 1985. Pendirian pabrik mesin ini sebagai jawaban dari Deletion Program atau Program Penanggalan yang dikeluarkan pemerintah tentang melokalkan pembuatan komponen mobil yang diimpor dalam bentuk CKD.

1 Januari 1989
Penggabungan empat perusahaan Toyota di Indonesia.
Toyota Astra Motor, Multi Astra, Toyota Mobilindo dan Toyota Engine digabung pada tahun 1989. Target yang ingin dicapai adalah optimalisasi kinerja, efisiensi, dan satu komando.

1 Agustus 2003
Pemisahan Toyota Astra Motor (AI 51% & TMC 49%) dan Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMC 95% & AI 5%).
Di tahun 2003, untuk menyikapi perkembangan pasar global terjadi re-organisasi Toyota Indonesia dimana PT. Toyota-Astra Motor berganti nama menjadi PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia yang memfokuskan pada produksi dan ekspor kendaraan merek Toyota; serta didirikan PT. Toyota-Astra Motor yang baru yang memfokuskan pada distribusi dan impor kendaraan merek Toyota di Indonesia.
Sebenarnya, buat bikin mobil di pabrik itu ada empat tahapan utama. Yang ane jelasin nggak detil-detil amat. Tapi semoga aja agan paham ya. 

Quote:
Engine

Step pertama buat bikin mobil adalah nyiapin mesinnya gan. Namanya Engine Plat. Nah, teknologi mesin terbaru yang banyak dipakai adalah VVTi (Variable Valve Timing Intelligent technology) yang bikin efisiensi penggunaan bahan bakar, emisi yang lebih rendah, tapi performa mobil juga tetep oke.
Pas lagi nyiapin mesin mobil, ada juga beberapa part yang disiapin sebelum ke step selanjutnya bikin mobil, misalnya blok silinder, piston, kepala silinder selimut, exhaust manifold, intake manifold dan topi bantalan. Lainnya, seperti blok silinder coran, yang bersumber dari pemasok eksternal.
Setelah selesai, mesin langsung menuju jalur perakitan akhir.
Quote:
Press

Setelah nyiapin mesin, tahapan selanjutnya disebut ‘press’. Istilah lengkap proses ini adalah The Press Plant, yaitu memproduksi panel baja dan beberapa bagian untuk mobil yang akan dibuat. Intinya sih ngerubah bentuk lempengan-lempengan baja ke beberapa bentuk part mobil kayak body, dan lainnya.
Proses press terbesar punya kekuatan penekanan sekitar 2500 ton dan bagian terbesar ini dipake buat bagian bodi mobil. Kalo part-partnya udah siap, tinggal ke bagian selanjutnya gan.
Quote:
Weld (Ngelas, bukan ngeles ya gan!)


Proses pengelasan masing-masing part mobil biar gabung jadi satu nggak Cuma nggabungin part kayak kita main lego atau ngerakit mobil mainan gan. Tapi juga memperhatikan detil mobilnya juga. Makannya, proses ini bisa dianggep yang paling rumit. Misalnya, kayak proses pengelasan mobil di Toyota, seenggaknya ada 250 proses dari 526 bagian mobil yang dilas. Nggak Cuma itu, di pabrikan mobil, misalnya kayak Toyota, ada 105 pekerja las yang handle proses yang bermesin robot, terus juga ada 145 orang yang kerja di setiap shift (ada 2 shift, pagi sama malam).
Terus, alat proses las ini dirawat oleh minimal 38 orang.
Banyak kan?

Quote:
Paint

Setelah beberapa part dilas dan digabung-gabungin, baru ke bagian selanjutnya gan. Ngecat! Nggak pake kuas manual lho ya!


Di tahapan ini, teknisi pengecatan mobil yang udah berseragam khusus melakukan aktivitasnya di area bebas debu buat ngecat mobil. Body mobil sebelumnya direndem dulu di dalem air pake cairan pembersih, terus juga di dalam cairan namanya dip fosfat. Nah ini gunanya buat nyiapin logam di body mobil biar bisa menerima cat dan cairan anti karat.
Ada 2 tahapan utama proses pengecatan mobil gan. Yang pertama pengecatan dasar buat landasan, terus ngecat lapis kedua biar keliatan kinclong.
Quote:
Assembly (Perakitan)


Body mobil yang sudah dicat, terus geser ka jalur perakitan gan. Di jalur ini, ntar masing-masing mobil bakal dipasang mesin, interior, dan lain-lain. Masing-masing part bakal dirakit di jalur perakitan yang masing-masing jaraknya 250 meter per part.
Quote:
Quote:
Seru ya? Terus, setelah itu baru mobil siap diuji sebelum dijual ke konsumen.
Sumbernya ane dapet dari [URL="http://www.toyota.astra.co.id/corporate-information/profile/#Fact Sheet"]sini gan[/URL]
Diubah oleh jihannabilah 12-02-2015 12:10
0
12.7K
Kutip
113
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan