indonesiamengajarAvatar border
TS
indonesiamengajar
Semua Tentang Pengajar Muda - Ngobrol Bareng Alumni
Halo Kaskuser!

emoticon-Toastemoticon-I Love Indonesia emoticon-Toast

Bertemu lagi di thread kedua Gerakan Indonesia Mengajar!
Kali ini kita akan berbagi cerita tentang Pengajar Muda. emoticon-Traveller


Pengajar Muda I Halmahera Selatan


Seperti yang sudah kita diskusikan di thread minggu lalu, Indonesia Mengajar mengajak lulusan terbaik dari berbagai penjuru tanah air untuk mengabdi menjadi guru selama satu tahun. Mereka yang kemudian terpilih menjadi Pengajar Muda, ialah mereka yang terpanggil untuk ikut melunasi janji kemerdekaan melalui langkah nyata turut mencerdaskan kehidupan bangsa.

Quote:


Lebih lengkapnya, langsung aja agan cek video TEDxJakarta yang diambil di bulan Desember 2010 tentang konsep besar gerakan pengiriman Pengajar Muda:




Jejak Perjalanan sebagai Pengajar Muda

Ada 4 fase yang perlu agan lewati apabila berminat menjadi Pengajar Muda:


Fase 1: Rekrutmen dan Seleksi


Spoiler for Wawancara rekrutmen Pengajar Muda:


Fase pertama adalah Fase Rekrutmen, di mana agan akan mengisi dan mengirimkan aplikasi online yang terdiri dari data diri dan penulisan esai.

Para kandidat yang lolos rekrutmen akan dipanggil untuk mengikuti seleksi tahap II, yang terdiri dari wawancara, FGD, dan beberapa tes lainnya yang dilaksanakan selama satu hari penih.

Setelah lolos seleksi tahap II, calon Pengajar Muda akan dipanggil untuk Tes Kesehatan. Bagi mereka yang lolos sampai tahap ini, mereka sudah resmi menjadi CPM (calon Pengajar Muda) dan akan mengikuti rangkaian berikutnya, yaitu Fase Pelatihan. emoticon-Cendol (S)

Dari tahun ke tahun, pendaftaran Pengajar Muda selalu meningkat di setiap angkatan. Dimulai pada tahun 2010, angka pendaftaran Pengajar Muda I adalah 1.383 orang, sampai ke pendaftaran Pengajar Muda X di penghujung tahun 2014 kemarin yang mencapai 10.555 orang.

Total pendaftar 10 angkatan Pengajar Muda mencapai 68.009 orang. Angka ini menunjukkan bahwa masih banyak anak muda yang mau berjuang untuk negeri ini. emoticon-I Love Indonesia (S)


Fase 2: Pelatihan


Spoiler for Suasana pelatihan Pengajar Muda:


Sebagai bekal dalam melaksanakan tugas selama setahun, agan yang lolos sebagai calon Pengajar Muda akan menjalani pelatihan intensif selama 7 minggu. emoticon-Blue Guy Cendol (S)

Materi pelatihan mencakup pelatihan fisik, belajar kreatif, leadership skill, problem solving, adaptasi masyarakat, advokasi, health and safety dan berbagai materi yang sangat mendukung pengembangan kapasitas diri.

Dalam masa pelatihan, calon Pengajar Muda juga akan mendapatkan kesempatan sekali seumur hidup untuk bertemu dengan tokoh-tokoh inspiratif dari berbagai macam latar belakang profesi dan keahlian dalam sesi kepemimpinan.


Fase 3: Penempatan dan Penugasan


Spoiler for Arif Lukman Hakim (PM II Fakfak) bersama para murid di pantai:


Setelah melewati fase pelatihan, agan dinyatakan resmi menjadi Pengajar Muda. emoticon-I Love Indonesia (S)Sebagai Pengajar Muda, agan akan bertugas di berbagai penjuru Indonesia selama setahun di sekolah dasar (dapat negeri atau swasta) yang ditentukan bersama dengan Dinas Pendidikan daerah.

Hingga tahun 2015, Indonesia Mengajar telah mengirim 546 Pengajar Muda ke 17 kabupaten di Indonesia. Pengajar Muda masuk ke desa sebagai guru, namun mandatnya adalah sebagai penggerak pendidikan. Mereka bertugas tidak hanya di kegiatan belajar mengajar dan ekstrakurikuler sekolah, tetapi juga melakukan pelibatan daerah, dan pengembangan masyarakat. Karena itulah Pengajar Muda tidak bekerja sendiri, tetapi bersama-sama masyarakat lainnya.

Selama bertugas di daerah penempatan, masing-masing Pengajar Muda akan tinggal bersama dengan keluarga angkat dan hidup dekat bersama masyarakat desa. Diharapkan, dengan adanya interaksi tersebut, Pengajar Muda dapat memahami dan mengambil pelajaran secara langsung mengenai kearifan lokal serta kehidupan masyarakat di akar rumput.

Secara umum, daerah penempatan Pengajar Muda, memiliki lokasi yang cukup jauh, sulit terjangkau, dan fasilitas listrik dan sinyal komunikasi terbatas atau malah tidak ada sama sekali. emoticon-Malu (S)

Pengalaman ini pasti akan menginspirasi agan-agan. Satu tahun hidup bukan untuk diri sendiri, tentunya akan membawa rasa puas yang mendalam. emoticon-Smilie


Fase 4: Pasca Penempatan


Setelah menyelesaikan tugas dalam memenuhi janji kemerdekaan dan menebar inspirasi selama setahun di daerah pelosok, para Pengajar Muda mendapatkan keleluasaan untuk melanjutkan rencana jangka panjang mereka.

Tentunya, setelah mendapatkan pengalaman yang berharga selama setahun, para Pengajar Muda mengalami perkembangan dalam hal leadership skill dan soft skill lainnya.

Indonesia Mengajar memberikan dukungan sepenuhnya melalui pemberian rekomendasi yang dapat digunakan untuk mengajukan lamaran pekerjaan maupun aplikasi beasiswa studi tingkat lanjut.

Indonesia Mengajar membayangkan di masa depan, alumni Pengajar Muda akan tersebar di berbagai sektor. Mereka memiliki pemahaman yang kuat di tingkat akar rumput, yang membuat mereka peka dan peduli pada realitas kehidupan bangsanya, dan bisa menggunakan resourcemaupun influence yang mereka miliki untuk kemajuan bangsa ini.

Quote:


Indonesia Mengajar mengajak agan-agan yang memiliki semangat mengabdi dan cita-cita tinggi untuk memberikan pendidikan yang baik untuk anak-anak sampai ke pelosok Indonesia untuk mengabdi selama satu tahun menjadi Pengajar Muda.

Menjadi Pengajar Muda berarti berlatih untuk mengedepankan jiwa kepemimpinan selama menghadapi proses dan tantangan di daerah. Semangat juang, kemampuan adaptasi yang tinggi, menyukai tantangan dan kemampuan problem solvingserta mampu menghargai dan berempati terhadap orang lain adalah bekal penting yang perlu dimiliki oleh seorang Pengajar Muda.

Mari daftar menjadi Pengajar Muda, jika agan ingin bersama-sama melunasi janji kemerdekaan untuk pendidikan dan melihat langsung saudara yang kita sebut sebangsa dan setanah air.


Spoiler for Syarat utama menjadi Pengajar Muda:


Ngobrol Bareng Alumni Pengajar Muda


Di kesempatan ini sudah ada 5 orang agan dan aganwati alumni Pengajar Muda yang akan menjadi panelis untuk thread ini dan siap diskusi dengan agan-agan untuk sharing dan berbagi pengalaman:


Abdullah Kholifah
Pengajar Muda VII Kabupaten Paser, Kalimantan Timur
ID Kaskus: kukuhitam


Arif Lukman Hakim
Pengajar Muda II Kabupaten Fakfak, Papua Barat
ID Kaskus: panglima_umank


Khaerul Umur
Pengajar Muda II Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur
ID Kaskus: umur


Marthella Rivera Roidatua
Pengajar Muda VI Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Maluku
ID Kaskus: thella3391


Muhammad Syaiful Ma'arif
Pengajar Muda VII Kabupaten Paser, Kalimantan Timur
ID Kaskus: belalang415


Mereka berlima dan juga para kaskuser Pengajar Muda baik yang alumni maupun yang sedang bertugas, yang lagi mampir thread ini, akan dengan senang hati berdiskusi dan menjawab pertanyaan agan-agan sekalian. emoticon-Cendol (S)

Waktu diskusi dengan panelis akan berlangsung selama satu minggu: Senin 9 Maret - Minggu 15 Maret.

Di thread minggu depan, kita akan keliling Indonesia menuju ke 17 kabupaten lokasi penempatan Pengajar Muda.

Sampai ketemu minggu depan!


emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol


Pendaftaran Pengajar Muda XI akan dibuka pada bulan April 2015. Daftarkan email anda di halaman iniuntuk mendapatkan informasi pendaftaran angkatan selanjutnya.

Ikuti berita Pengajar Muda di kanal media berikut:
Twitter: @PengajarMuda
Facebook: Jadi Pengajar Muda
Instagram: pengajarmuda

Lihat Profil Pengajar Muda dan ikuti cerita mereka di Blog Pengajar Muda.
Diubah oleh indonesiamengajar 18-03-2015 03:30
tata604
tata604 memberi reputasi
1
75.1K
418
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan