CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Debate Club /
[FREE] UNIVERSITAS NEGERI vs SWASTA
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/516011b46012430a6f000017/free-universitas-negeri-vs-swasta

[FREE] UNIVERSITAS NEGERI vs SWASTA

Tampilkan isi Thread
Thread sudah digembok
Halaman 81 dari 96
Post ini telah dihapus oleh Makavelli
Quote:


banyak bacod lu jenk! sene lu swastod terkutuk gua kbaikin lu jenk! emoticon-Marah emoticon-Najis
lebih baik negeri gan.
berhubung gua kuliah di PTN, maka gua dulung PTN emoticon-Cool
Quote:


Sebenarnya bs dibilang masih berlaku sampai sekarang sih. ]
Kalau diperhatiin, kebanyakan anak masuk IPS ya karena dia ga bisa IPA, tapi pelajaran IPS pun sebenarnya juga nggak bisa, dgn kata lain terpaksa dinaikin. Memang ada sih sebagian yg memang minat di IPS atau skill nya di IPS. Tapi nggak banyak" amat. Kebanyakan anak masuk IPA, tapi IPS pun jago.
Jujur aja, pembelajaran di IPA & IPS pun beda walaupun materi nya sama.
Ane pernah 1 hari di IPS karena maksa pindah IPS walaupun akhirnya balik ke IPA karena ortu ngomel", di IPS pembelajaran lebih lambat, beda dgn di IPA.
So pemahaman IPA = pinter, non IPA = krng pinter ya ga sepenuhnya salah.
Quote:


Astaga.. dikiranya semua orang bercita" masuk PTN & menjadikan PTS pilihan terakhir karena nggak berhasil masuk PTN gitu ?emoticon-Bingung (S)
Ada juga orang yang memang sejak awal berniat masuk PTS & bahkan ga mencoba untuk ikut UMPTN.
Kebanyakan anak di skul swasta malah prefer PTS & bahkan ga tertarik untuk nyoba UMPTN, kalaupun ada yg berniat masuk PTN, jumlah nya ga lebih dari 20%
Post ini telah dihapus oleh Makavelli
Quote:


Gatau ya..sma gw sih milih mau ipa atau ips. Terus gw pindah ke norwegia ga ada yg namanya pembagian ipa ips
Quote:


Weits Ekspatriat emang males gaul sama anak negeri. Khawatir merusak tatanan sosial yg dipelihara dr kecil, ga mau sekelas sama anak petani/nelayan dari desa
Quote:



Nggak bisa bersaing ? Kebanyakan skul swasta justru pljrn nya lebih sulit dari negeri (kecuali skul negeri favorit). Ane tw karena nyokap ane sendiri smpet skul di sma negeri favorit selama 1 thn.
Kebanyakan pemenang olimpiade dari skul kayak penabur or negeri favorit.
tRus jg, kalau dibilang anak swasta bodoh, ga mungkin bs bersaing, mayoritas skul swasta fasilitas ny mlh baik dri skul negeri (ada sih skul swasta abal / kls rendah yg fasilitas ny jelek). Otomatis penunjang pljrn jauh lebih baik,kan ? Jd memungkinkan untuk bs bljr lebih
inti nya, mungkin bagi sebagian org msk PTN membanggakan (guru fisika di skul ane menekankan kita untuk coba UMPTN & menjadikan PTN prioritas), tapi nggak semua orang tertarik masuk PTN. Nggak bs masuk PTN pun blm tntu karena ga mampu jg.
Diubah oleh yue.chan999
Quote:


ekspatriat (termasuk orang2 yang ngaku berasal dari planet lain padahal engkong nya ikut perang lawan penjajah) mah ga akan tertarik masuk PTN apalagi yg di luar jabotabek
Menurt aku , mau di swasta, mau di negri sama saja. Mahasiswa itu 20% teori dr kampus, sedangkan 80% nya nyari dan ngembangin sendiri2 .

Masalah fasilitas juga tiap2 kampus berbeda2 tergantung kampusnya,.

Soal biaya, sekrang di negri ada sistem UKT, jadi beda2 bayarnya, kalo di swasta semuanya sama rata..

Kalo dr segi input, ane akuin mayoritas lebih bagusan di PTN dr pada PTS, soalnya di Indonesia memang sebagian besar kalo mau kuliah, pasti yg di utamain negri, ngga munafik, dulu ane juga ngutamain negri gan, kalo gak masuk negri baru daftar swasta, kebanyakan temen ane 80% karna gagal masuk negri.

Tapi asalkan anaknya bener2 serius kuliah , walaupun dia di swasta , ane yakin dia bisa sukses.. sedangkan yg masuk PTN tapi (maaf) nyogok , entah nasip dia kayak gimana kelak..

Materinya hampir sama kok, jurusan bahasa inggris di PTS dan bhasa Inggris di PTS juga sama2 mempelajarin bahasa Inggris toh ??
Dosen ane aja, ada yg ngajar di univ negri favorit, dr segi dosen aja hampir sama.. dosen ngajar di PTN favorit juga ngajar di PTS tempat kuliah ane.. :3
ane kuliah Di university Negri ,, murah se Indonesia ,,, bangga punya dosen 2 berkualitas. emoticon-Cool
Gausah ribet2 ptn ama pts sama aja, sama sama nyetak calon pemimpin pemimpin di masa depan. Kalo mau liat grade unggul/tdknya kampus cukup diliat dari bakti tri dharma perguruan tinggi aja, mahasiswa apalagi anak ptn pasti tau isi tru dharma. Intinya semua berkontribusi utk kemajuan bangsa. Apus ego lu semua, kite semua bersodare. Salam ane PTN dari bilangan purwokerto hehehehe.
Gue sih anak PTN emoticon-Smilie , swasta sama PTN ilmunya sama kok cuma mungkin buat PTN2 ternama ilmunya lbh mendalam sama lbh detail, klo kerja juga nama PTN msh dicari dibanding swasta, kecuali swasta yg punya link2 gtu
kalau menurut ane sih mau kita kuliah di PTN atau di PTS sama aja, kembali lagi ke kitanya harus berkualitas toh kalau kita berkualitas pekerjaan yang nyari kita.cuman yang ane sayangkan akhir-akhir ini kalau mau nyari kerjaan dilihat dulu darimana kita PTN kah atau PTS.
idealis pasti pilih negeri.
Yang penting pandai-pandai mencari ilmu di luar kampus, tambah pengalaman,koneksi dan aptitude di rubah jadi lebih baik dan berdoa.
deleted
Diubah oleh omniverse
PTS itu lebih mahal karena duitnya dipakai untuk membayar fasilitas. Kalau di PTN karena harganya murah fasilitasnya pun pas-pasan
Diubah oleh omniverse
Halaman 81 dari 96
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di