CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Entrepreneur Corner /
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/529152a51f0bc3772f000007/share-amp-diskusi-dunia-semut-rangrang-amp-budidayanya

[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~

Tampilkan isi Thread
Halaman 207 dari 221
Quote:


pindah kerja gan... belum ada seminggu disini... tapi kayaknya dalam waktu lama ni emoticon-Big Grin
maklum gan budak korporasi emoticon-Stick Out Tongue

mksh saranya gan.. tetep semangat

Quote:


kok sekarang udah sepi yah? emoticon-Bingung
udah pada menyerahkah? emoticon-Ngakak
btw, ada yang punya lahan ga di Semarang? kalo2 bisa disewa gan... tapi yang murah2 aja emoticon-Big Grin
ato joinan juga bisa dibicarakan lagi....
tempat ane udah ga cukup lagi buat ternak... mentok cuma 300 topless doang
Quote:


Di pisah per pohon gan....jadi 1 rak berisi rumah dari alam yang 1 pohon...kalau dapet dari pohon yang lain, raknya di pisah lagi gan...itu menurut pengalaman gan...hehehe...
Salam kenal buat mastah mastah disini yang udah jago budidaya kroto emoticon-Shakehand2
Perkenalkan nama ane irwan gan dari kota Wonosobo.
Kemaren sih sekitar 1 bulan lalu ane udah baca baca thread ini sampai selesai, sementara sekarang ane baru punya 4 toples emoticon-Cape d... (S) , rencananya mau tambah koloni baru nih gan . Kira kira dekat dekat sini yang jual bibit kroto dimana ya gan? mohon informasinya gan emoticon-Bingung (S) sebelumnya terimakasih emoticon-Blue Guy Smile (S)

blm ada yg respond gan?

Quote:


Salam kenal para sesepuh disini saya asal surabaya mau coba budidaya rangrang karena kebetulan ada lantai 3 yg kosong yg tidak ditempati yg lama digunakan sbg gudang , saya ijin gabung di trit ini ,

Saya ada beberapa pertanyaan tentang budidaya rang rang saya punya 14 toples dengan 4 ratu , dan sudah 2 minggu saya budayakan "

timbul masalah sbb :

1. Sudaah seminggu toples kosong hanya diputeri oleh semut rang rang selama seminggu toplesnya tidak ditempati atau membuat serat sutra ? ada apa dng toples saya

2. pada toples yg lain nampak larva yg begitu banyak , kemudian saya lihat nampak dari telur muncul semut muda dengan warna pucat keluar dari larva , kemudian nampak bekas telur yg sudah pecah , begitu banyak menempel didinding , kemudian besoknya toles sudah bersih dari pecahan 2 telur yg sudah keluar semutnya , yg saya tanyakan kira2 dibawah kemana sisa telur yg menempel ditoples ?

3. mau nanya ciri2 apa sehingga toples pantas untuk dipanen ? , misalnya banyaknya larva yg menempel atau ciri lain sehingga hasilnya bisa max ?

Quote:



wah cukup besar biaya perawatannya kalau boleh tahu makannya apa saja gan , saya pernah bicara sama peternak jogja kalau 100 toples cuma habus UH 2 ons untuk setia p minggu per ons harganya 6000 , tetapi saya nyoba untuk 15 toples habis 1 ons UH , yg benar gimana cara kasih makan nya , supaya bisa BEP dng hasil jual krotonya
Quote:


dengar2 kalau punya 100 toples , bisa nambah sekitar 20 - 30 toples perbulan benar apa tidak ya , yg berkata itu peternak kroto di jogja , bnear apa tidak ya pendapat tsb ?

Quote:


ada yg perlu dimengerti ketika semut item datang biasanya bersamaan calon ratu yg warnya hijau ada yg colat muda bersayap gan ( yg disebut calon ratu ) , setelah calon ratu kimpoi dengan semut jantan item , maka terbentuklah RATU BARU , biasanya setelah dikimpoii semut hitam maka calon ratu berusaha pindah tempat cari tempat lain untuk membentuk dan memperluas koloni selang beberapa saat ( selama beberapa minggu ) maka sayap akan rontok dan menjadi ratu dan pelan2 warna semut akan menjadi hitam ddan ekornya belang2 seperti ular weling , maka siap ratu untuk bertelur , ini dari ngamati semut ana2

jadi tolong bedakan calon ratu dan ratu , dan calon ratu belum tentu diterima sama pekerja disitu ada terjadi seleksi alam puluhan calon ratu hanya beberapa biji saja yg jadi ratu karena pekerja tidak melayaninya bahkan ada yg membantai sampai mati .

Quote:


Saran yg kurang pas , langkah awal besarkan koloni kalau muncul semut jantan ya resiko , syukur syukur muncul calon ratu dari kimpoi keduanya akan muncul ratu gan
Quote:


sebetulnya sebelum masukkan kekandang semut, kandang dsemprot dengan air gula gan , dan dikasih sedikit butiran pasir sehingga dari aroma nampak lingkungan sudah manis membuat semut jadi kerasan , baru kemudian siapkan makanan , untuk awal makanan di berikan secara manual saat semut ngumpul , agar yg lapar bisa langsung respon , karena kandang bary membuat semut harus mengenal dan menghapal lokasi makanan dan minuman ...

saya lakukan begitu sehingga semut saya aman2 saja

mau nanya sesepuh yg sudah terjun ternak rang-rang :

asumsikan kita punya 100 toples sones , dan selama 1 bulan biaya operasional berapa ( makanan dan minuman ) ? kandang tidak dihitung, dan setelah dipanen menghasilkan berapa Kg , kira2 layak tidak untk di ternakan , saya sedikit bingung tanya langsung beberapa penjual bibit , ada yg mengatakan bahwa 1 kg didapatkan dari 30 toples sones kl diambil rata2 , bahkan ada yg bilang butuh 20 toples sones , bahkan ada yg extrem ntk 1 kg dihasilkan dari 300 toples sonen

mungkin ada teman teman yg sudah membuktikan nya silahkan share dimari ....?

kalau boleh tah berapa jmlah ideal agar ternak kita bisa BEP ? tanpa dihitung tempat , biaya kandang ( sewa ) cuma makanan dan minuman .
para mastah nubi mau nanya ane ngambil bibit di klaten ada kemungkinan sih ga satu koloni yang tadinya 100 toples kok sekarang tinggal 50an trus pemakaian suplemen apakah uda ada yang pernah pakai? trus hasilnya gmna? bgmna dengan perkembangan koloninya? selama ni makannya cuma satu macem gan ulat hongkong. dan minumnya air 500ml 3 sendok makan gula. gmana menurut agan?
Quote:

bohong tuh gan 30 topsis bisa panen 1 kg dlm 1 x panen
klo pengen panen harian sedikan 35 rak tiap rak berisi 100 toples fuel semut fuel lamat 10 ratu produktif
Quote:

selama ini belum ada bukti itu gan supermen mau florudina mau molase gret 1 oplosan hnya klaimisme saja
penyusutan koloni jd 50 topsis bisa berbagai faktor
missl
musim droone
Quote:


jadi blm ada yg bisa dijadikan patokan ya gan? apa perlu dicoba?
Quote:


ini sering terjadi bagi pemula , karena toples tidak bisa memilih sendiri , kecali kalau anda datang ke peternaknya sendiri dan memilih toples yg dibeli . karena kita beli isi bukan toples , toples yg agak lama maka isi akan penuh , dan ini tergantung pd saat mengambilnya ketika pekerja aktif diluar maka toples yg kita beli akan kekurangan pekerja dampaknya bisa terjadi saat kita taruh ke kandang kita jadi menyusut tetapi yg aneh menyusutnya kok banyak banget 50 % , bisa jga toples yg ditempatkan kurang bagus sehingga semua pekerja dan perawat bondong2 transmigrasi kepulau sebelah karena tidak nyaman ini juga bisa terjadi ...... kalau boleh tahu sampeyan beli di klaten desa apa gan kl kebetulan ana tahu beberapa peternak disana ?

Saya kemarin jga mencoba beli bibit di surabaya , hanya satu toples beserta ratunya seharga 100 rb , sy mencoba apa bener ada ratunya , tetapi saya sendirikan toples tsb untuk membuktikan kebenaran dan kejujuran, sampai saat ini juga masih tanda tanya nunggu nanti kl di panen hanya sekedar membuktikan kejujuran , makanya tidak sy gabung koloninya ,

Quote:


memang katanya sih kl diambil rata dalam 1 kg dibutuhkan 30 toples dalam 1 x masa panen , masa panen ini berapa minggu gan , dan ada yg bilang kl asupan minum dan makanan penuh protein bisa2 1 kg dibutuhkan 20 toples , sy sendiri belum membuktikan krn masih membesarkan koloni , mungkin ada sesepuh yg mau berbagi informasi dimari ?, tetapi semutnya dari alam liar yg dibudidayakan , tenpo hari teman saya juga dapat 10 toples aqua besar selama 2 minggu bertambah 2 toples aqua dan kebanyakan kroto yg dihasilkan besar2 kl dari alam liar cuma ya itu tadi kl orang kota mau buumidayakan ya susah karena tidak ada hutan yg ada di pekuburan seperti mbah ratu dan tembok kl disurabaya

jadi kalau punya 100 toples , bisa panen 3 Kg , karena 1 kg membutuhkan 30 toples kl mau dipanen semua , dan perawatan untuk 100 toples dalam masa panen membutuhkan biaya berapa gan ?

tetapi menurut sang TS dengan botol miz*ne sejumlah 16 biji ,dalam 16 hari bisa panen dua kali 1,2 kg dan 1,3 kg disebutkan di halaman awal #9 dan # 29, kemudian raknya dirubah tetapi sayang ts sudah sibuk tidak pernah nongol

mohon sesepuh yg pernah mengalami masa panen bisa share dimari biar kita bisa belajar dan merubah agar bisa lebih max ?

Diubah oleh bismialif
Quote:
tidak perlu di coba saya jamin
selama pakan berprotein tinggi di kasihkan secara continue sarng media gelap sirkulasi udara lancar semut akan bertelur
Halaman 207 dari 221


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di