PasportAvatar border
TS
Pasport
Hati-hati penipuan berkedok Lowongan Pekerjaan mengunakan nama perusahaan besar
Hati-hati penipuan berkedok Lowongan Kerja mengatasnamakan perusahaan besar (bonafit).

Hal ini hampir saja menimpa ane gan. Jadi ceritanya begini. Ane kan lagi cari-cari info loker online, jadi ketemulah sebuah fan page facebook yang membagi info tentang lowongan pekerjaan. Disitu tertulis PT Pertamina Bina Medi** membutuh pegawai baru Medis / Non Medis. Karena ane tertarik dan sesuai dengan bidang ane, ane klik lah itu link dan ane dibawa ke sebuah web yang isinya sebagian besar tentang lowongan kerja, dan web tersebut bukan web gratisan gan.

Isi iklannya seperti ini gan :

Spoiler for Iklan Lowongannya:


Melihat isi iklan tersebut, sapa yang tidak tertarik gan, isi iklannya rapi banget, email perusahaannya juga keliatan bukan abal-abal. ditambah ane sebagai mahasiswa yang baru lulus (freshgraduated) syarat-syaratnya pun menurut ane gak begitu susah. Bagi mahasiswa yang baru lulus pasti sangat tertarik dengan lowongan tersebut. Ane pun dengan semangat 45, hari itu juga, jam itu juga langsung aja ane kirim dah Lamaran dan CV ane ke email tersebut beserta scan semua sertifikat yang ane punya.

Nah masalah lanjut disini gan, ane kan kirim lamarannya tgl 14 sept 2014, besoknya tgl 15 sept 2014 ane udah dapet konfirmasi SMS dari 085317777056 yang intinya kpd calon pelamar PT. Pertamina Bina Medi** surat panggilan test sudah di kirim ke email anda, dan mohon untuk dicek..... Wah hari itu juga ane bahagia banget gan, tumben biasanya ane kirim lamaran gk pernah ada panggilan emoticon-Mewek, ini ngirim cuman 1 hari/kmrin udah di panggil aja emoticon-Ngakak.

Dengan semangat ane cek dah email ane, di situ ane dapet kiriman email dari pertamedika@career.url.phyang isinya lampiran mengenai form SURAT UNDANGAN TKD PT.PERTAMEDIKA. Berikut screenshootnya, kalau gak keliatan bisa kalian unduh disini KLIKKKK

Spoiler for ScreenShot:

Spoiler for ScreenShot:


Intinya dari surat undangan tersebut, ane dinyatakan lolos seleksi administrasi, dan ane disuruh mengikuti tes selanjutnya tes TKD (tes kemampuan dasar), di suratnya tertulis tesnya dilaksanakan hari kamis 18 september 2014, jam 09.00 sampai selesai, lokasinya di RS pusat pertamina, Jakarta Selatan. Ane gak sendiri gan yang lolos, ada sekitar 30 calon peserta yang lolos seleksi (untuk ditipu) dari berbagai daerah, ane sendiri dari kota Surabaya.

Nah disini nih janggalnya. Di situ tertulis para peserta di wajibkan untuk melakukan reservasi pemesanan tiket (tiketing) di hotel atau travel yang sudah di tunjuk oleh perusahaan (PT.Buana Tour & Travel,Penanggung Jawab ARIF MULIAWAN, CP 0823 3444 6669) karena nantinya pada saat di Jakarta akan dilakukan mobilisasi penjemputan peserta dari bandara menuju ketempat pelaksanaan kegiatan. Disitu juga tertulis, biaya akomodasi dan transportasi serta biaya menginap hotel dan tiket PP ditanggu perserta terlebih dahulu/ditalangi, nantinya setelah di lokasi akan di ganti perusahaan dengan syarat memesan tiket atau reservasinya di tempat yang di tujuk oleh perusahaan tersebut. serta menunjukan bukti airport taxt boarding pass dan sebagainya, dan akan diganti penuh. Isi surat tersebut juga meyakinkan sekali dimana, para pelamar diminta untuk menyetujui persyarat-persyarata atau kayak kontrak kerja bagi pelamar yang nantinya di terima, atau mungkin ingin mengundurkan diri, dengan tanda tangan bermaterai Rp.6000.

Dari situ ane mulai ragu, jd ane coba cari-cari info terlebih dahulu melalui temen dan internet, ternyata walaahhhhhhhhh emoticon-Najis (S)banyak gan modus penipuan kayak gitu. Intinya para para pelamar terutama fresh graduated yang masih awam dengan dunia kerja atau soal melamar pekerjaan, menjadi sasaran empuk bagi para penipu itu gan, apalagi bagi mereka yang sangat-sangat membutuhkan pekerjaan kayak ane yang baru saja lulus kuliah emoticon-Malu (S).
lanjutt.... Mereka disana diminta mentrasfer sejumlah uang untuk biaya akomodasi ke tempat travel yang sudah di tunjuk perusahaan dengan iming-iming nantinya akan diganti biaya penuh oleh perusahaan yang telah bekerja sama, di lokasi tes sono.... Padahal setelah mereka transfer, yg mungkin sekitar 3jt an gann, mereka para penipu ulung bakal ilang begitu saja, kayak di telan bumi gan emoticon-Ngakak, dan banyak loh ternyata yang ketipu, setelah ane cek di internet, forum-forum dsb.

Jadi bagi para pelamar harap hati-hati, jangan mudah percaya dengan iklan lowongan dari web bukan resminya, apalagi diminta mentransfer sejumlah uang terlebih dahulu.... bisa-bisa ketipu nanti, bukannya dapet kerja, malah lemes, jantungan, gatal-gatal dan pilek emoticon-Ngakak gara-gara ketipu.

Oh yaa Ane juga tau lowongan tersebut penipuan, karena setelah ane cek di website resminya www.rspp.co.id dan www.pertamedika.co.id/ disana tertulis PT Pertamina Bina Medi** saat ini tidak membuka lowongan pekerjaan baik tenaga medis maupun non medis. Ane juga sudah mencoba mengirimkan info ini ke email dari PT tersebut untuk ditindak lanjuti, namun sampai saat ini belum mendapat tanggapan, atau email balasan.

Tapi sudahlah ane bersyukur tuhan masih melindungi ane dari penipuan tersebut, yang awalnya ane bahagia dan antusias bakal dapet kerjaan.. ehhh ternyata cuman lowongan abal-abal dan penipuannn, dan aneh kok bisa penipu itu buat surat yang begitu meyakinkan, terutama format-format penulisan suratnya itu lohhh.... bikin geram emoticon-Mad (S) sekolah dimana tuh penipu.

oh ya ternyata yang di pakai modus penipuan bukan nama PT Pertamina saja, tapi nama PT besar lainnya juga di gunakan loh, ini baru saja ane dapet email penipuan lagi dari Perhutani BUMN. aduhhhh makin banyak saja yang butuh uang, tapi dengan cara haram, kasian orangtuanya yg ngelahirin, pasti malu emoticon-Mad (S) kalau tau itu kelakuan anaknya.

Salam dan sukses selalu buat jobseeker emoticon-Matabelo

0
25.1K
61
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan