Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Tokeh2010Avatar border
TS
Tokeh2010
MEMEX Tak Akan Ganggu Privasi Pengguna, Asal...
Mesin Pencari Dark Web Tak Ganggu Privasi, Asal...

MEMEX Tak Akan Ganggu Privasi Pengguna, Asal...

Liputan6.com, Jakarta - Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) di bawah naungan Pentagon saat ini tengah mengembangkan mesin pencari bernama Memex. Karena kecanggihannya yang mampu menembus 'dark web', salah satu kehawatiran yang muncul adalah dari sisi privasi.

Memex diklaim lebih canggih daripada Google. Sejumlah orang mungkin mengenal istilah 'surface web', yakni halaman web yang bisa diakses ketika kita sedang berselancar di internet menggunakan mesin pencari seperti Google.

Sementara itu 'dark web' adalah sebaliknya. Berdasarkan sejumlah prediksi, mesin pencari mainstream seperti Google hanya mengindeks 10 persen dari apa yang ada di internet. Sedangkan sisanya itu yang disebut sebagai 'dark web'.

Karena kemampuannya menjamah lebih banyak informasi di internet, lantas apakah Memex nantinya akan membahayakan privasi pengguna internet? Sebagai catatan, saat ini Memex difokuskan pada isu perdagangan manusia.

Menurut dosen jaringan Universitas Gunadarma, Akbar Marwan, Memex tidak akan mengganggu privasi pengguna internet jika digunakan oleh orang-orang yang tepat dan bertanggungjawab, seperti pemerintah.

"Isu yang mengemuka dalam hal ini adalah siapa yang berhak menggunakan Memex? Jika hanya pemerintah, setidaknya ada keyakinan untuk melindungi masyarakat. Tapi itu selama tidak ada kepentingan-kepentingan lain seperti politik, yang bisa berdampak pada privasi pengguna," jelas Akbar kepada Tim Liputan6.com, Sabtu (21/2/2015).

Memex adalah kombinasi dari kata memory dan index. Mesin pencari tersebut dikabarkan sudah diujicoba oleh sebagian kalangan, seperti aparat penegak hukum di New York City untuk mengungkap kasus perdagangan manusia dan prostitusi.

Dari sisi pengguna, hal positif yang bisa dirasakan adalah bisa mendapatkan lebih banyak informasi. Terutama pihak berwajib dalam menyelesaikan berbagai kasus hukum.

Jika pada akhirnya Memex tersedia untuk masyarakat luas, maka diharapkan ada penyaringan informasi, mengingat pengguna internet berasal dari berbagai kalangan. Terutama bagi orang yang baru menggunakan internet.

"Tentunya dari sisi pengguna akan lebih banyak informasi yang didapatkan. Namun jika akhirnya tersedia untuk masyarakat luas, pertanyaannya adalah apakah informasi yang banyak tadi akan disaring untuk orang-orang yang tidak paham soal keamanan internet?," tuturnya.

Pasalnya saat ini beragam informasi bisa diakses dengan mudah di internet melalui mesin pencari seperti Google. Karena itu, dia berharap konten-konten berbahaya dapat disaring, sehingga tidak menyebabkan keresahan di masyarakat.

"Sekarang saja berbagai konten sensitif bisa ditemukan di internet, apalagi kalau mesin pencarinya lebih canggih daripada yang ada saat ini," sambungnya.

Lebih lanjut, Akbar menekankan pengguna internet juga harus memperhatikan keamanan mereka. Dia menyarankan agar pengguna berhati-hati ketika men-share informasi mereka.

"Produk teknologi, baik itu Memex, Google, atau lainnya seperti pisau bermata dua (ada positif dan negatifnya). Kita harus bijak ketika ingin men-share informasi di internet, semuanya tergantung pada diri kita," ungkapnya.

http://tekno.liputan6.com/read/2179224/memex-tak-akan-ganggu-privasi-pengguna-asal

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

MEMEX Tak Akan Ganggu Privasi Pengguna, Asal...

Mesin Pencari Memex, Positif atau Negatif?

Liputan6.com, Jakarta - Dosen jaringan Universitas Gunadarma, Akbar Marwan, mengomentari mesin pencari yang tengah dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Pentagon) bernama Memory dan Index (Memex). Sama seperti kehadiran produk teknologi lain yang bermanfaat, Akbar memberikan sambutan positif.

Mesin pencari Memex beberapa hari terakhir memang tengah menjadi perbincangan, salah satunya karena diklaim mampu menembus 'dark web' yang tak terjamah oleh Google.

Menurut Akbar, kemampuan Memex sebagai mesin pencari 'dark web' tentunya menghasilkan informasi yang lebih mendalam, sehingga pada akhirnya akan membantu penelitian atau kegiatan lain yang membutuhkan data secara detail.

Memex sendiri saat ini masih dalam pengembangan dan tengah difokuskan untuk memerangi perdagangan manusia. Namun dia belum mengetahui kapan dan apakah Pentagon akan merilis proyek tersebut untuk publik.

"Pentagon biasanya baru merilis produk yang dikembangankannya ke publik setelah beberapa tahun, setelah mereka tahu pasti kualitasnya seperti performa dan kelemahan," tutur Akbar kepada Tim Liputan6.com, Sabtu (21/2/2015).

Dia pun menyambut baik jika akhirnya Memex dapat dinikmati oleh semua orang. Namun mengingat kecanggihan mesin pencari, termasuk Memex, Google, atau Bing, Akbar mengingatkan pengguna internet untuk lebih bijak men-share informasi ke ranah maya. Jangan sampai pihak-pihak tidak berwenang menyalahgunakan informasi tersebut.

"Produk teknologi termasuk Memex, Google, dan lainnya, seperti pisau bermata dua, ada positif dan negatifnya. Semuanya tergantung kita, karena itu kita harus bijak mengenai informasi yang akan di-share di internet," sambungnya.

Bukan hanya dari sisi pengguna internet, pemilik layanan teknologi diyakini juga akan memberikan perlindungan serupa. Termasuk Pentagon, jika akhirnya merilis Memex untuk publik.

"Saya yakin Pentagon juga memiliki berbagai prosedur keamanan dan tidak sembarangan," katanya.

Pentagon melalui lembaga Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) mulai mengembangkan proyek Memex enam bulan lalu. Proyek ini diprediksi akan menjalani proses riset selama tiga tahun.

http://tekno.liputan6.com/read/2179221/mesin-pencari-memex-positif-atau-negatif

=============================================================================

`Memex Ibarat Kapal Selam yang Jelajahi Laut Dalam'

MEMEX Tak Akan Ganggu Privasi Pengguna, Asal...

Liputan6.com, Jakarta - Mesin pencari Memex diklaim 95% lebih responsif ketimbang Google dalam melakukan pencarian informasi. Bahkan, banyak kalangan yang berpendapat bahwa mesin pencari raksasa, seperti Google hanya mampu melacak 10% dari seluruh halaman yang ada di web.

Sisanya masih tersembunyi di dalam `dark` domain alias server privat. Memex sendiri adalah mesin pencari khusus Dark Web. Proyek ini sudah dikembangkan Pentagon melalui Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) selama setahun dan masih akan berlanjut hingga dua tahun ke depan.

Denny Sugiri, Auditor IRCA information Security Management System, berpendapat bahwa Google dan Memex memiliki perbedaan yang signifikan.

"Perbedaan antara Google dan Memex adalah Memex dapat mencari data yang biasanya tidak tersentuh oleh Google. Jika internet diibaratkan sebagai sebuah lautan, maka Google adalah kapal yang berlayar di permukaan laut berdasarkan algoritma khusus dari rating atau index iklan sebuah situs, sementara Memex adalah ibarat sebuah kapal selam yang menjelajah hingga ke laut dalam," kata Denny kepada tim Tekno Liputan6.com, Minggu (22/2/2015) di Jakarta.

Denny mengungkap, jaringan Dark Web sendiri adalah jaringan situs ilegal yang selama ini belum tersentuh atau belum dapat dijangkau oleh mesin pencari biasa. Umumnya, situs tersebut mempunyai kegiatan digital yang bersifat rahasia dan tentu ilegal dan berada di dalam Deep Web.

"Memex 95% lebih responsif dari Google, karena algoritma dalam mesin pencari Google hanya menjangkau 4-5% dari seluruh website yang ada di Internet termasuk Deep Web. Jadi, sedikit sekali yang diambil Google berdasarkan rating site dan aspek komersial dari algoritma tersebut," terang pria muda yang juga dikenal sebagai Pakar Cloud Computing.

Sedangkan Memex, tambah Denny, dalam pencariannya tidak dibatasi rating ataupun index iklan tapi algoritmanya lebih investigatif dalam menemukan hubungan antar data dalam tiap situs yang berbeda bahkan situs-situs yang sifatnya privat yang berada di dalam Deep Web.

(isk)

http://tekno.liputan6.com/read/2179469/memex-ibarat-kapal-selam-yang-jelajahi-laut-dalam


nama nya kok aneh yaaa ... emoticon-Ngakak klo di tv para presenter bacakannya bisa pede gak .... emoticon-Ngakak
Diubah oleh Tokeh2010 22-02-2015 09:31
0
8.6K
77
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan