Rx.EclairAvatar border
TS
Rx.Eclair
Penjelasan ilmiah fenomena gaun yang berubah warna emas-putih versus hitam-biru
By dr.R
“When your eyes are lying to you”
Kutipan diatas mungkin adalah benar adanya pada fenomena ini ketika mata kita menipu kita gan. Dan karena ane orang ilmiah, menurut ane semua fenomena di muka bumi ini ada penjelasan ilmiahnya.

Agan- agan uda tahu dong berita yang lagi heboh soal foto gaun yang bisa berubah warna? Sampe- sampe artis hollywood juga ngomentari di twitter. Pengalaman pribadi ane pas baca beritanya, ane langsung nanya ke beberapa orang terdekat ane langsung dari HP ane dan mereka semua mempunyai jawaban yang berbeda. Hasilnya juga berbeda lagi apalagi jika menggunakan HP yang berbeda; Samsung Galaxy (Layar AMOLED yang cenderung oversaturated), iPhone (dengan retina display) dan Sony Xperia (ketika Bravia Engine dihidupkan).

Loh kok bisa beda2 gitu gan?
Berikut adalah penjelasan ilmiahnya secara singkat:
Kita dapat melihat karena menggunakan mata (ya iyalah masa pake kaki keles). Nah salah satu komponen di mata adalah retina yang dapat membedakan bentuk dan memberi warna. Di retina itu ada 2 sel yaitu sel batang dan kerucut. Berikut ini agan bisa liat visualisasinya kalo diperbesar pake mikroskop.


(1,2)

Ya elah bahasa Inggris pula’ gan? Gubrak! Nah sini2 ane bantu, yang di sudut kiri atas itu kalo bolah mata kita dibelah (serem amit gan) dan yang dibawah ini menunjukan bagian mata yang disebut retina tadi. Ada yang warna abu2 berbentuk batang, disebut sel batang. Lalu ada yang warna merah, hijau dan biru, disebut sel kerucut. Oce, jelas toh?

Lanjut gan... Kedua sel ini berbeda fungsinya gan, kalo sel yang batang itu membuat kita dapat melihat bentuk suatu benda gan tapi warnanya abu- abu gitu gan gak ada warnanya. Nah kalo sel yang kerucut ini membuat kita bisa melihat warna gan. Warna dasarnya Cuma 3 aja gan, Merah, Hijau dan Biru. Loh kok kita bisa melihat warna lain? Alasannya karena kalo tuh warna dasar dicampur2 dengan intensitas yang sesuai maka akan menghasilkan jutaan warna lainnya. Misalnya warna hitam adalah pencampuran atas keseluruhan warna.

Lalu apa hubungannya sama gaun yang bisa berbeda- beda gitu gan keliatannya?

Alasannya begini, sel batang itu sangat sensitif sama cahaya dan biasanya berguna saat kita melihat malam hari (kurang cahaya) gan. Sementara sel kerucut itu sebaliknya. Saat agan mampu melihat gaun tersebut sebagai warna hitam dan biru berarti sel kerucut agan itu punya sensitivitas yang tinggi terhadap cahaya dibandingin orang yang melihat gaun tersebut sebagai warna emas dan putih.

Gampangnya bisa dilihat tabel dibawah iniemoticon-Frown1,2) (sorry ye bahasa Inggris, biar nanti kalo sempat ane buatin terjemahannya)


Lalu kok bisa ada yang ngeliatnya sebagai warna lain gan? Misalnya coklat, ungu- coklat, lembayung?
Ya alasannya kembali lagi keatas gan. Hitam itu warna perpaduan dari 3 warna dasar dengan intensitas penuh. Saat ada salah satu dari 3 warna tadi “kurang sensitif” maka akan menhasilkan warna hitam yang lebih muda.

Nah ane juga bilang khan bahwa sel kerucut itu ngak sensitif sama cahaya, nah jadi kalo agan ngelihat dari HP/ gadget agan dikecilin kecerahan lampunya, maka sel kerucut agan akan “lebih” berfungsi.

Gan, kok bisa sih saat ini ane ngeliatnya sebagai warna hitam-biru eh pas diliat lagi warnanya emas-putih?
Ini bisa 2 penyebab:
-Pertama karena tergantung kecerahan dari gadget, lingkungan (mala/siang hari) dan sebagainya, sehingga saat sel kerucutnya “lebih berfungsi” agan melihatnya sebagai warna hitam-biru dan sebaliknya saat kecerahan lebih terang makanya sel batangnya justru yang lebih berfungsi sehingga warnanya lebih keliatan sebagai putih-emas.

Gimana buktiinya gan?
Gampang caranya, agan buktikan dengan melihat gambar ini sebelum dan sesudah masuk kamar gelap (atau ngelihat foto ini di pagi hari dan malam hari) maka mungkin interpretasi terhadap warna gambar ini mungkin berubah.



Satu lagi penyebabnya, ilusi optik, nah inilah kelemahan otak manusia karena saat kita fokus terhadap seuatu benda maka otak kita cenderung untuk melihat objek tersebut sebagai yang kita inginkan. Contohnya ketika agan melihat foto tersebut dari bagian leher, maka otak sudah menerjemahkan warna sebagai warna emas sehingga kecenderungan warna biru sebagai warna putih. Dan lalu ketika agan melihat foto tersebut dari arah sebaliknya maka agan akan melihatnya sebagai kecenderungan warna biru-hitam.

Cara buktiinnya gimana gan kalo otak ane uda memanipulasi ane?
Pertama, agan tutup bagian leher dengan kertas, maka kemungkinan agan akan melihatnya sebagai warna biru-hitam dan sebaliknya, kalo agan tutup bagian bawah dengan kertas maka kemungkinan akan melihatnya sebagai warna emas-putih.
1 Menutup bagian bawah


2. Menutup bagian atas


Kedua, Coba agan liat gambar ini bolak balik kanan dan kiri berulang kali maka agan mungkin pada akhirnya akan melihat gambar sebelah kiri yang awalnya dianggap sebagai warna putih- emas menjadi biru-hitam.


Gan bisa gak minta penjelasan ilmiahnya lengkap sampe sains banget?
Boleh gan, by PM aja yah kita diskusinya

Narasumber:
1. Guyton Arthur C, Hall John E. Textbook of Medical Physiology. Ed 11. 2006. Singapore; Elsevier.
2. Sherwood Lauralee. Human Physiology From Cells to Systems. Ed 7. 2007. Belmont; Brooks/Cole.
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
27.8K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan