- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Stasiun Purwosari, Satu-satunya Stasiun di Indonesia dengan Rel Jejer Jalan Raya


TS
tyanlola
Stasiun Purwosari, Satu-satunya Stasiun di Indonesia dengan Rel Jejer Jalan Raya
Makasih Uda Mampir di Trit Ane Gan


Quote:

Spoiler for 1:

Stasiun Purwosari (Orang Solo biasa nyebut PWS) merupakan stasiun kereta api yang terletak di Jl. Slamet Riyadi No. 502, Purwosari, Laweyan, Surakarta. Stasiun yang terletak pada ketinggian +98 m di atas permukaan air laut ini berada di Daerah Operasi VI Yogyakarta.
Spoiler for 2:


Stasiun Tertua di Solo, uda tua banget gan..

Stasiun Purwosari dibangun pada tahun 1875, dan merupakan stasiun tertua di Surakarta. Pembangunannya ditangani oleh Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (NISM)

Stasiun Purwosari merupakan stasiun percabangan jalur kereta api, antara arah Surabaya dengan Wonogiri. Jalur yang menuju Surabaya termasuk kelas utama, sedangkan yang ke Wonogiri termasuk kelas sekunder. Sampai Stasiun Sangkrah, jalur ini termasuk unik karena menjadi satu-satunya jalur kereta api di Indonesia yang berjejer berdampingan dengan jalan raya. Dahulu sepanjang jalur Purwosari-Sangkrah terdapat 8 buah halte, yakni Pesanggrahan, Ngadisuran, Bando, Ngapeman, Pasarpon, Cayudan, Kauman dan Lojiwetan. Halte-halte tersebut sekarang sudah tidak ada lagi.

Spoiler for 3:

Spoiler for 4:


Dahulu Stasiun Purwosari merupakan dipo lokomotif, jejak peninggalan sebagai dipo lokomotif masih terdapat menara air di sisi utara stasiun. Saat ini stasiun ini masih berfungsi sebagai dipo, namun bukan dipo lokomotif melainkan dipo alat mekanik. Bongkar muat semen juga dilakukan di Stasiun Purwosari.
Nah, skalian promo daerah ya gan, kebetulan ane dari Wonogiri gan, ane mau kenalin agan2 dengan Kereta Api Bengawan Wonogiri, atau biasa disebut Kereta Api Feeder Wonogiri.

Ketika berada di dalam kota antara Stasiun Purwosari sampai Stasiun Solo Kota batas maksimum adalah 20 km/jam.


Spoiler for 5:

Stasiun Sukoharjo
Spoiler for 6:

Stasiun Nguter
Spoiler for 7:

Stasiun Wonogiri

Stasiun Purwosari memiliki 9 jalur kereta api, di mana 4 buah sebagai jalur utama, 3 untuk stabling gerbong barang, dan 2 jalur menuju ke dipo lokomotif dan gudang semen. Dari Stasiun Purwosari juga dahulu terdapat jalur percabangan yang menuju Boyolali melalui Kartasura, yang kini sudah tidak ada lagi. Jalur ini juga mempunyai cabang di Tegalsari menuju Colomadu. Sampai sekarang, beberapa bagian dari sisa-sisa jalur tersebut masih dapat disaksikan.
Spoiler for 8:

Asik banget gan jalannya

Pada mulanya kereta ini sempat eksis ketika melayani rute dari Stasiun Purwosari hingga Baturetno. Namun jalur rel kereta api dari Wonogiri hingga Baturetno dibongkar karena jalur tersebut digunakan untuk pembangunan Waduk Gajah Mungkur. Hingga sekarang kereta ini hanya melayani hingga Wonogiri. Awal tahun 2007, Pemerintah Kota Solo menggagas pengoperasian kereta berbahan bakar uap sebagai angkutan wisata dalam kota. Jalur ini masih terhubung dengan Jalur rel kereta api Jakarta-Surabaya yang juga melintasi Stasiun Purwosari. Bila kita naik kereta api seperti Prambanan Ekspres tujuan Jogja-Solo, ketika berangkat dari Stasiun Purwosari menuju Stasiun Solo Balapan, di sebelah kanan akan terlihat jalur rel yang menuju Wonogiri.
Sempat dalam perjalanan waktu, jalur kereta ini mendapat keluhan dari pengguna jalan yang merasa kurang nyaman dengan keberadaan jalur kereta api dalam kota. Ketidaknyamanan pengguna jalan diantaranya ketika melintas di perlintasan "rel bengkong" (Rel membelok ke kanan) ketika musim hujan banyak pengguna sepeda motor ketika melintas tidak mematuhi cara atau aturan yang ada sehingga terpeleset ketika melintasi rel. Korban dari rel membelok ke kanan ini sudah tidak bisa dihitung lagi. Beberapa kali ada pihak-pihak yang ingin mengupayakan agar rel dalam kota yang ini ditutup. Namun dengan adanya penolakan keberadaan kereta dalam kota ini semakin membuat jalur kereta dalam kota Solo ini semakin eksis. Keberadaan rel kereta api yang melintas di jalan raya utama di Indonesia mungkin hanya Solo saja yang memiliki jalur tersebut. Semakin padatnya arus lalu lintas di jalan raya, dalam masa mendatang jalur kereta api dalam kota maupun luar kota sangat dibutuhkan. Bulan September 2007 ini PT Kereta Api Indonesia mengganti sebagian rel kereta api tujuan Solo-Wonogiri yang melintasi Jalan Slamet Riyadi karena dianggap sudah tidak layak dan tidak memenuhi syarat keselamatan transportasi (masih berupa rel peninggalan tahun 1901).
Pada bulan September 2009 dimulai perbaikan penggantian rel kereta api dimulai dari Stasiun Purwosari hingga Stasiun Wonogiri, perbaikan meliputi penggantian rel kereta api yang semula menggunakan jenis R25 menjadi R42 dan bantalan kayu diganti menjadi bantalan beton, perbaikan jembatan di BH2, yakni Jembatan Bengawan Solo dan jembatan di BH60 yang berada di wilayah perbatasan Solo-Wonogiri, tepatnya di sekitar Pasar Nguter, Sukoharjo. Dengan adanya penggantian rel kereta tersebut, kereta api nantinya bisa dijalankan dengan kecepatan 60 km/jam dari sebelumnya hanya 30 km/jam. Penumpang dari Solo menuju Wonogiri, saat ini dilayani menggunakan KA Fedeer, dan masih menggunakan gerbong biasa. Nantinya KA Feeder akan menggunakan railbus yang saat ini sedang dikerjakan di INKA, Madiun. Perbaikan rel tersebut juga untuk kepentingan Pemerintah Kota Surakarta menjalankan Kereta Api Uap Jaladara atau sering disebut Sepur Kluthuk Jaladara mulai dari Stasiun Purwosari menuju Stasiun Solo Kota.
Jika agan/aganwati ada yang pernah naik Sepur Kluthuk ini, ditunggu komengnya yaa..


Monggo yang mau nambahin/koreksi info ane, ane pajang di pekiwan.
Ane ga nolak jika agan/aganwati berkenan kasih rate


Terimakasih yang udah kasi rate

Ane tunggu cendolnya

Spoiler for Sumur Bor:
Spoiler for Tambahan inpo dari kaskuser:
Quote:
Original Posted By peyexholic►stasiun depan mantan kantor gw dulu nih .. ah jadi kangen solo
klo lagi jalan di jalan slamet riyadi trus ada kereta lewat bikin pusing kepala , soalnya klakson keretanya kenceng bngt, mana sepanjang jalan lagi. dulu lagi di sekitar nonongan udah denger kereta mau lewat padahal keretanya masih sriwedidari saking kencengnya klakson keretanya
klo lagi jalan di jalan slamet riyadi trus ada kereta lewat bikin pusing kepala , soalnya klakson keretanya kenceng bngt, mana sepanjang jalan lagi. dulu lagi di sekitar nonongan udah denger kereta mau lewat padahal keretanya masih sriwedidari saking kencengnya klakson keretanya
Quote:
Original Posted By gusto12uyh►ane orang asli solo gan , tapi blm pernah naek kerta2 jalur ke wng itu, yg ane tau tiap jam 4-5 sore pasti ada kereta yg lewat di Jl. slamet riaydi
tpi kek nya keretanya ada yg baru n keren juga , bikin bangga wong solo
salam
tpi kek nya keretanya ada yg baru n keren juga , bikin bangga wong solo
salam

Quote:
Original Posted By username1990►mungkin jg stasiun ini termasuk unik ,karna di dalam emplasemen/peron stasiun terdapat wesel/switch over rail track


Quote:
Original Posted By koentjir►wah ternyata ada kereta yang lewat stasiun sukoharjo juga to........padahal kampung halaman tapi g tau neh....maklum kebanyakan merantau 
jaman masih SD kereta api jarak jauh mau ekonomi, bisnis, apa eksekutif ga berhenti di purwosari tapi di Solo balapan.
sejak sekitar tahun 2000an kl g salah (CMIIW), solo balapan hanya untuk kereta bisnis eksekutif, sedangkan ekonomi berhenti di stasiun solo jebres dan purwosari.
ane sering naik dari purwosari buat ke bandung ato tasik (secara dari kecil moda transportasi utama yang ane pake kereta api, soalnya lebih nyaman aja, walaupun dulu berdesak2an).
ada pengalaman pas dulu mau ke bandung, naik kereta pasundan dari purwosari, pas kondisi rame dan penuh, masih berebutan mo naik ke kereta, petugas stasiun udah ngumumin kalo kereta mau berangkat, alhasil kaget dan deg2an, tanpa pikir panjang lari kedepan naik lewat kereta barang pas injury time, peluit sinyal buat kereta berangkat udah ditiup, tapi alhamdulillah bisa naek....tapi penuh nya minta ampun gak dapet tempat duduk alhasil gelar koran deh
klo berkenan taroh pekiwan gan




jaman masih SD kereta api jarak jauh mau ekonomi, bisnis, apa eksekutif ga berhenti di purwosari tapi di Solo balapan.
sejak sekitar tahun 2000an kl g salah (CMIIW), solo balapan hanya untuk kereta bisnis eksekutif, sedangkan ekonomi berhenti di stasiun solo jebres dan purwosari.
ane sering naik dari purwosari buat ke bandung ato tasik (secara dari kecil moda transportasi utama yang ane pake kereta api, soalnya lebih nyaman aja, walaupun dulu berdesak2an).
ada pengalaman pas dulu mau ke bandung, naik kereta pasundan dari purwosari, pas kondisi rame dan penuh, masih berebutan mo naik ke kereta, petugas stasiun udah ngumumin kalo kereta mau berangkat, alhasil kaget dan deg2an, tanpa pikir panjang lari kedepan naik lewat kereta barang pas injury time, peluit sinyal buat kereta berangkat udah ditiup, tapi alhamdulillah bisa naek....tapi penuh nya minta ampun gak dapet tempat duduk alhasil gelar koran deh

klo berkenan taroh pekiwan gan




Quote:
Original Posted By Cahconx►
iya itu ane copas dari portal solopos.com gan, maaf lupa kasih sumur nya.
sekalian nyumbang gambar hasil pribadi.
tapi sayang jagoan baru nya belum dinas lagi
foto dibawah ini dari galeri semboyan35.com
iya itu ane copas dari portal solopos.com gan, maaf lupa kasih sumur nya.

sekalian nyumbang gambar hasil pribadi.
Spoiler for Stasiun Wonogiri:
wesel jadul nya 
switch rail over yang jadul:

rumah wesel dan data center yang baru

switch rail over yang baru:


switch rail over yang jadul:

rumah wesel dan data center yang baru

switch rail over yang baru:

tapi sayang jagoan baru nya belum dinas lagi
foto dibawah ini dari galeri semboyan35.com

Quote:
Original Posted By Cahconx►keaslian infrastruktur nya di St.Purwosari masih terawat gan
watertank untuk pengisian air di kereta uap


terliat kejadulannya

Spoiler for watertank:
watertank untuk pengisian air di kereta uap


terliat kejadulannya

Diubah oleh tyanlola 13-09-2014 07:46
0
150.1K
Kutip
920
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan