- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Mengenal Beberapa Game Engine+[lo bisa bikin game lo sendiri]


TS
sboedewn
Mengenal Beberapa Game Engine+[lo bisa bikin game lo sendiri]
Spoiler for no repost:
udah ane cek gak ada yg bahas engine game sob
Lu semua pasti pernah main game kan ,nah di sini gw kan mau bahas tentang game, tapi tentang Game Engine nya .
Game Engine
Game engine adalah sebuah sistem perangkat lunak (software) yang dirancang untuk pembuatan dan pengembangan suatu video game. Game engine memberikan kemudahan dalam menciptakan konsep sebuah game yang akan di buat. Mulai dari sistem rendering, physics, arsitektur suara scripting, A.I, dan bahkan sistem networking. Game engine dapat dikatakan sebagai jiwa dari seluruh aspek sebuah game. jadi bisa di bilang Game engine ini adalah software untuk bikin game .mulai dari game FPS.MMORPG<dll dah pokoknya
oke di bawah ini ada beberapa game engine yg mau ane kenalin ke agan sekalian yg belum kenal ama game engin yg di bawah, buat yg udah kenal bisa koreksi ,siapa tau ane salah sewaktu mendefinisikannya
Spoiler for game maker:
Game maker
![Mengenal Beberapa Game Engine+[lo bisa bikin game lo sendiri]](https://s.kaskus.id/images/2014/11/14/6960672_20141114043159.png)
SEJARAH
Game maker (yang biasa disingkat GM) adalah IDE Windows dan MAC, yang dikembangkan oleh Mark Overmars menggunakan bahasa pemrograma Delphi. Sekarang ini dikembangkan dan di publikasikan oleh YoYo Games, sebuah perusahaan perangkat lunak dimana Overmars terlibat didalam nya.
Game maker mengizinkan pengguna untuk membuat video games tanpa perlu mengetahui pengetahuan tentang bahasa pemrograman. Rilisan terbaru dari Windows adalah GameMaker:Studio As pada Mei 2012 dan versi 7-nya di Mac OS X mulai 11 Agustus 2010. Game Maker Studio dirilis pada 22 Mei 2012, dengan Game Maker Standard terbaru rilis menjadi GameMaker 8.1. Sejak awal rilis pada 1999, Game Maker mendapat banyak fitur, mensupport 3D, support di banyak platform, serta basis user yang signifikan, dengan YoYo Games memberikan hosting gratis untuk pengguna pembuat game.
GameMaker mempunyai sebuah nomor program yang dapat dikolaborasikan dengan pemrograman nya termasuk ENIGMA Development Environment , Open Source Linux/iOS/Windows kompatibel augmentasi GameMaker dan Ulltimate 3D yang rendering grafik 3D luas untuk GameMaker grafik awal yang utama.
GameMaker yang awal nya berjudul Animo, sebuah program spesialis dalam animasi 2D. Overmarsed merilis versi publik pertama (versi 1.1) pada 15 November 1999
FITUR
Ada dua versi dari software GameMaker ditawarkan pada Windows dan Mac. Versi The Lite adalah versi gratis digunakan, namun hanya ada beberapa keterbatasan. Versi The Standarad adalah versi berbayar.
Kemampuan Grafik
Gamemaker terutama menjalankan game yang menggunakan grafis 2D. Kemampuan grafis dalam gamemaker mengalami perbaikan yang signifikan dengan setiap versi rilis utama, memungkinkan untuk fungsionalitas tambahan termasuk penyesuaian alpha lebih efisien dan pengaturan pencampuran untuk sprite dan bentuk lainnya. Dimulau dengan versi 6.0 pada windows, GameMaker menambahkan Direct3D, mengizinkan keterbatasan grafik 3D. Untuk versi 7.0 (Macintosh) dan diatas nya, OpenGL digunakan untuk grafik 3D serta mengizinkan batasan support pada simple objek 3D.
Bahasa GameMaker
Bahasa GameMaker (GML) diutamakan bahasa skripting yang digunakan pada GameMaker. Itu memngizinkan user untuk lebih meningkatkan dan mengontrol desain mereka melewati prgramming konvensional. Yang bertentangan dengan sistem drag-and-drop. Sintaks dari GML meminjam aspek dari bahasa lain seperti C, C + + dan Java, secara efektif memanfaatkan Object-oriented programming.
Spersifikasi yang dibutuhkan :
Spesifikasi yang dibutuhkan untuk GameMaker Studio
Windows XP, Windows Vista, Windows 7 or Windows 8.
512MB RAM
128MB VGA
Resolusi layar 1024×600
Spesifikasi yang dibutuhkan untuk Game Maker 8.x:
Windows 2000, Windows XP, Windows Vista or Windows 7, Mac OS X 10.5 atau Mac OS X 10.6
DirectX 8 atau diatasnya
DirectX 8 kompatibel kartu grafik minimal 32MB VGA
Pentium atau seimbang dengan processor
DirectX 8 kompatible soundcard
128 MB RAM atau lebih
800×600 atau lebih, dengan resolusi layar 16-bit atau 32-bit colors
Spesifikasi yang dibutuhkan untuk Game Maker 7.x:
Windows 2000, Windows XP, Windows Vista, Windows 7
DirectX 8 atau diatasnya (Windows) / OpenGL (Macintosh)
DirectX 8 kompatibel kartu grafik minimal 32MB VGA (Windows) or OpenGL kompatibel kartu grafik (Macintosh)
Pentium or equivalent processor (Windows) or Intel processor (Macintosh)
DirectX 8 kompatibel kartu grafik (Windows)
128 MB RAM atau lebih
800×600 atau lebih, dengan resolusi layar 16-bit or 32-bit colors
Spesifikasi yang dibutuhkan untuk Game Maker 6.x:
Windows 98, Windows ME, Windows 2000, Windows XP
DirectX 8 atau diatasnya
DirectX 8 kompatibel kartu grafik minimal 16MB VGA (32MB atau lebih direkomendasikan)
Pentium atau processor yang seimbang
DirectX 8 kompatibel kartu grafis
64 MB RAM atau lebih
800×600 atau lebih denagn resolusi layar 16-bit or 32-bit colors
Hasil game
![Mengenal Beberapa Game Engine+[lo bisa bikin game lo sendiri]](https://s.kaskus.id/images/2014/11/14/6960672_20141114044413.png)
![Mengenal Beberapa Game Engine+[lo bisa bikin game lo sendiri]](https://s.kaskus.id/images/2014/11/14/6960672_20141114044712.jpeg)
![Mengenal Beberapa Game Engine+[lo bisa bikin game lo sendiri]](https://s.kaskus.id/images/2014/11/14/6960672_20141114043159.png)
SEJARAH
Game maker (yang biasa disingkat GM) adalah IDE Windows dan MAC, yang dikembangkan oleh Mark Overmars menggunakan bahasa pemrograma Delphi. Sekarang ini dikembangkan dan di publikasikan oleh YoYo Games, sebuah perusahaan perangkat lunak dimana Overmars terlibat didalam nya.
Game maker mengizinkan pengguna untuk membuat video games tanpa perlu mengetahui pengetahuan tentang bahasa pemrograman. Rilisan terbaru dari Windows adalah GameMaker:Studio As pada Mei 2012 dan versi 7-nya di Mac OS X mulai 11 Agustus 2010. Game Maker Studio dirilis pada 22 Mei 2012, dengan Game Maker Standard terbaru rilis menjadi GameMaker 8.1. Sejak awal rilis pada 1999, Game Maker mendapat banyak fitur, mensupport 3D, support di banyak platform, serta basis user yang signifikan, dengan YoYo Games memberikan hosting gratis untuk pengguna pembuat game.
GameMaker mempunyai sebuah nomor program yang dapat dikolaborasikan dengan pemrograman nya termasuk ENIGMA Development Environment , Open Source Linux/iOS/Windows kompatibel augmentasi GameMaker dan Ulltimate 3D yang rendering grafik 3D luas untuk GameMaker grafik awal yang utama.
GameMaker yang awal nya berjudul Animo, sebuah program spesialis dalam animasi 2D. Overmarsed merilis versi publik pertama (versi 1.1) pada 15 November 1999
FITUR
Ada dua versi dari software GameMaker ditawarkan pada Windows dan Mac. Versi The Lite adalah versi gratis digunakan, namun hanya ada beberapa keterbatasan. Versi The Standarad adalah versi berbayar.
Kemampuan Grafik
Gamemaker terutama menjalankan game yang menggunakan grafis 2D. Kemampuan grafis dalam gamemaker mengalami perbaikan yang signifikan dengan setiap versi rilis utama, memungkinkan untuk fungsionalitas tambahan termasuk penyesuaian alpha lebih efisien dan pengaturan pencampuran untuk sprite dan bentuk lainnya. Dimulau dengan versi 6.0 pada windows, GameMaker menambahkan Direct3D, mengizinkan keterbatasan grafik 3D. Untuk versi 7.0 (Macintosh) dan diatas nya, OpenGL digunakan untuk grafik 3D serta mengizinkan batasan support pada simple objek 3D.
Bahasa GameMaker
Bahasa GameMaker (GML) diutamakan bahasa skripting yang digunakan pada GameMaker. Itu memngizinkan user untuk lebih meningkatkan dan mengontrol desain mereka melewati prgramming konvensional. Yang bertentangan dengan sistem drag-and-drop. Sintaks dari GML meminjam aspek dari bahasa lain seperti C, C + + dan Java, secara efektif memanfaatkan Object-oriented programming.
Spersifikasi yang dibutuhkan :
Spesifikasi yang dibutuhkan untuk GameMaker Studio
Windows XP, Windows Vista, Windows 7 or Windows 8.
512MB RAM
128MB VGA
Resolusi layar 1024×600
Spesifikasi yang dibutuhkan untuk Game Maker 8.x:
Windows 2000, Windows XP, Windows Vista or Windows 7, Mac OS X 10.5 atau Mac OS X 10.6
DirectX 8 atau diatasnya
DirectX 8 kompatibel kartu grafik minimal 32MB VGA
Pentium atau seimbang dengan processor
DirectX 8 kompatible soundcard
128 MB RAM atau lebih
800×600 atau lebih, dengan resolusi layar 16-bit atau 32-bit colors
Spesifikasi yang dibutuhkan untuk Game Maker 7.x:
Windows 2000, Windows XP, Windows Vista, Windows 7
DirectX 8 atau diatasnya (Windows) / OpenGL (Macintosh)
DirectX 8 kompatibel kartu grafik minimal 32MB VGA (Windows) or OpenGL kompatibel kartu grafik (Macintosh)
Pentium or equivalent processor (Windows) or Intel processor (Macintosh)
DirectX 8 kompatibel kartu grafik (Windows)
128 MB RAM atau lebih
800×600 atau lebih, dengan resolusi layar 16-bit or 32-bit colors
Spesifikasi yang dibutuhkan untuk Game Maker 6.x:
Windows 98, Windows ME, Windows 2000, Windows XP
DirectX 8 atau diatasnya
DirectX 8 kompatibel kartu grafik minimal 16MB VGA (32MB atau lebih direkomendasikan)
Pentium atau processor yang seimbang
DirectX 8 kompatibel kartu grafis
64 MB RAM atau lebih
800×600 atau lebih denagn resolusi layar 16-bit or 32-bit colors
Hasil game
![Mengenal Beberapa Game Engine+[lo bisa bikin game lo sendiri]](https://s.kaskus.id/images/2014/11/14/6960672_20141114044413.png)
![Mengenal Beberapa Game Engine+[lo bisa bikin game lo sendiri]](https://s.kaskus.id/images/2014/11/14/6960672_20141114044712.jpeg)
Spoiler for link resmi:
Spoiler for sumber untuk Game Maker:
Spoiler for Unity Game Engine:
![Mengenal Beberapa Game Engine+[lo bisa bikin game lo sendiri]](https://s.kaskus.id/images/2014/11/14/6960672_20141114045124.jpeg)
UNITY 3D adalah sebuah game developing software. Dengan software ini, kita bisa membuat game 3D yang seru. Jika anda belum memakai unity3D, maka bersiaplah untuk mencobanya,, karena game developer ini sangat mudah menggunakannya, dengan GUI yang memudahkan kita untuk membuat mengedit dan membuat script untuk menciptakan sebuah game 3D.
selain bisa untuk build game PC, UNITY juga dapat digunakan untuk membangun game console seperti Nintendo Wii, PS3, Xbox 360, juga Ipad, Iphone, & android. Namun masing-masing membutuhkan biaya lisensinya sendiri. oya, bisa juga buat web, cuma butuh install Unity webplayer nya aja.
bahasa pemrograman yang dapat diterima UNITY adalah JAVASCRIPT, CS SCRIPT (C#) & BOO SCRIPT. (FYI, sekarang ane paling menguasai JAVASCRIPT, untuk C# masih harus banyak belajar lagi.. mohon bimbingannya, hehe). bagi agan-agan yang ingin mulai belajar, jangan takut... Unity tergolong cukup mudah untuk dikuasai. ane yang dulunya mual ngeliat "jelimet-keritingnya-sebuah-script" pun dikit-dikit bisa mulai kenalan sama Unity & bikin game sederhana.
Kelebihan unity
yaitu multiple platform, maksudnya banyak platform yang diisupport oleh unity, misal Windows, Mac, iPhone, iPad, Android, Nintendo Wii, dan juga browser. Untuk browser, kita memerlukan sebuah plugin, yaitu Unity Web Player, sama halnya dengan Flash Player pada Browser.
Bahasa pemrograman yang digunakan bermacam-macam, mulai dari Javascript, C#, dan Boo.
Pada unity, kita tidak bisa melakukan desain / modelling, dikarenakan unity bukan tool untuk mendesain Jadi jika kita ingin mendesain, kita memerlukan 3D editor lain seperti 3dsmax atau Blender, kemudian kita export menjadi format .fbx
Fitur Lebih banyak
Fitur di Unity 3D yang versi Freeware sekalipun sudah melampaui fitur 3D GS versi Commercial. Memang ada beberapa fitur Unity 3D yang tidak muncul dibanding dengan versi Unity 3D Pro seperti Shadow Mapping, namun kemudahan (easy of use) saja sudah jauh mengalahkan 3D Gamestudio. Bila anda sudah mencoba keduanya, dalam jangka waktu tidak terlalu lama anda akan segera merasakan. Bandingkan fitur dari 3D Gamestudio dengan Unity 3D.
Rendering
Graphics engine yang digunakan adalah Direct3D (Windows, Xbox 360), OpenGL (Mac, Windows, Linux, PS3), OpenGL ES (Android, iOS), dan proprietary APIs (Wii). Ada pula kemampuan untuk bump mapping, reflection mapping, parallax mapping, screen space ambient occlusion (SSAO), dynamic shadows using shadow maps, render-to-texture and full-screen post-processing effects.[4]
Unity dapat mengambil format desain dari 3ds Max, Maya, Softimage, Blender, modo, ZBrush, Cinema 4D, Cheetah3D, Adobe Photoshop, Adobe Fireworks and Allegorithmic Substance. Asset tersebut dapat ditambahkan ke game project dan diatur melalui graphical user interface Unity.
ShaderLab adalah bahasa yang digunakan untuk shaders, dimana mampu memberikan deklaratif “programming” dari fixed-function pipeline dan program shader ditulis dalam GLSL atau Cg. Sebuah shader dapat menyertakan banyak varian dan sebuah spesifikasi fallback declarative, dimana membuat Unity dapat mendeteksi berbagai macam video card terbaik saat ini, dan jika tidak ada yang kompatibel, maka akan dilempar menggunakan shader alternatif yang mungkin dapat menurunkan fitur dan performa.
Pada 3 Agustus 2013, seiring dengan diluncurkannya versi 4.2, Unity mengijinkan developer indie mengunakan Realtime shadows hanya untuk Directional lights, dan juga menambahkan kemampuan dari DirectX11 yang memberikan shadows dengan resolusi pixel yang lebih sempurna, textur untuk membuat objek 3d dari grayscale dengan lebih grafik facial, animasi yang lebih halus dan mempercepat FPS.
Scripting
Script game engine dibuat dengan Mono 2.6, sebuah implementasi open-source dari .NET Framework. Programmer dapat menggunakan UnityScript (bahasa terkustomisasi yang terinspirasi dari sintax ECMAScript, dalam bentuk JavaScript), C#, atau Boo (terinspirasi dari sintax bahasa pemrograman phyton). Dimulai dengan dirilisnya versi 3.0, Unity menyertakan versi MonoDevelop yang terkustomisasi untuk debug script.
Asset Tracking
Unity juga menyertakan Server Unity Asset – sebuah solusi terkontrol untuk defeloper game asset dan script. Server tersebut menggunakan PostgreSQL sebagai backend, sistem audio dibuat menggunakan FMOD library (dengan kemampuan untuk memutar Ogg Vorbis compressed audio), video playback menggunakan Theora codec, engine daratan dan vegetasi (dimana mensuport tree billboarding, Occlusion Culling dengan Umbra), built-in lightmapping dan global illumination dengan Beast, multiplayer networking menggunakan RakNet, dan navigasi mesh pencari jalur built-in.
Platforms
Unity support pengembangan ke berbagai plaform. Didalam project, developer memiliki kontrol untuk mengirim keperangkat mobile, web browser, desktop, and console. Unity juga mengijinkan spesifikasi kompresi textur dan pengaturan resolusi di setiap platform yang didukung.
Saat ini platform yang didukung adalah BlackBerry 10, Windows 8, Windows Phone 8, Windows, Mac, Linux, Android, iOS, Unity Web Player, Adobe Flash, PlayStation 3, Xbox 360, Wii U and Wii. Meskipun tidak semua terkonfirmasi secara resmi, Unity juga mendukung PlayStation Vita yang dapat dilihat pada game Escape Plan dan Oddworld: New ‘n’ Tasty.
Rencana platform berikutnya adalah PlayStation 4 dan Xbox One. Dan juga rumor untuk kedepanya mengatakan HTML akan menjadi platformnya, dan plug-in Adobe baru dimana akan disubtitusikan ke Flash Player, juga akan menjadi platform berikutnya.
Asset Store
Diluncurkan November 2010, Unity Asset Store adalah sebuah resource yang hadir di Unity editor. Asset store terdiri dari koleksi lebih dari 4,400 asset packages, beserta 3D models, textures dan materials, sistem particle, musik dan efek suara, tutorial dan project, scripting package, editor extensions dan servis online.
Physics
Unity juga memiliki suport built-in untuk PhysX physics engine (sejak Unity 3.0) dari Nvidia (sebelumnya Ageia) dengan penambahan kemampuan untuk simulasi real-time cloth pada arbitrary dan skinned meshes, thick ray cast, dan collision layer
Spoiler for Downloads:
[URL=" [url]http://unity3d.com/unity/download[/url]"]
![Mengenal Beberapa Game Engine+[lo bisa bikin game lo sendiri]](https://s.kaskus.id/images/2014/11/14/6960672_20141114051929.jpg)
Spoiler for image:
Showcase
![Mengenal Beberapa Game Engine+[lo bisa bikin game lo sendiri]](https://s.kaskus.id/images/2014/11/14/6960672_20141114051937.jpg)
![Mengenal Beberapa Game Engine+[lo bisa bikin game lo sendiri]](https://s.kaskus.id/images/2014/11/14/6960672_20141114051937.jpg)
![Mengenal Beberapa Game Engine+[lo bisa bikin game lo sendiri]](https://s.kaskus.id/images/2014/11/14/6960672_20141114051953.jpg)
Spoiler for unreal engine/Unreal developmen kit:
![Mengenal Beberapa Game Engine+[lo bisa bikin game lo sendiri]](https://s.kaskus.id/images/2014/11/14/6960672_20141114052900.jpeg)
Game Engine Unreal
Banyak sekali game engine yang digunakan untuk membuat game, seperti OGRE, RealmForge, Irrlicht, Crystal Spaces Genesis 3D. game engine tersebut pasti mempunyai fitur dan kelebihan kekurang sendiri-sendiri, dan disini yang akan dibahas adalah Unreal Engine. Unreal Engine dikembangkan oleh Epic Games, yang mempunyai fitur tingkat tinggi dan sering digunakan bagi para developer game saat ini, UE3 pernah dirilis dan dirancang untuk Microsoft DirectX 9 (untuk Windows dan Xbox 360), DirectX 9 untuk Windows Vista, DirectX 11 untuk windows 7 dan OpenGL untuk OS X, Linux, PS3, Wii U, iOS, Android dan HTML 5 / JavaScript tahap 3D untuk adobe flash player 11.
Unreal Engine 1
dimulai debutnya pada tahun 1998, mempunyai teknik render terpadu, kecerdasan buatan, visibilitas jaringan, dan manajemen system file kedalam engine yang lengkap. UI1 memberikan jalur render hardware – accelerated menggunakan Glide API, dan diperbarui untuk OpenGL dan Direct 3D.
Unreal Engine 2
dimulai pada debut tahun 2002, game engine tersebut diperbarui dengan meningkatkan asset serta menambahkan dukungan untuk Game Cube dan Xbox, dan ingin bisa juga dipakai untuk console Wii, X360, PS3,PSP dan 3DS. Pada UE2.5 merupakan perbaharuan dari UE2, mempunyai tingkatan rendering, dan motor physics dan dipakai untuk Unreal Championship pada platform Xbox asli. Pada tanggal 24 maret 2011, Ubisoft Montreal mengungkapkan bahwa UE2 berhasil berjalan pada Nintendo 3DS.
Unreal Engine 3
dirancang untuk DirectX versi 9-11 untuk Windows dan Xbox 360 yang dilengkapi dengan system OpenGL termasuk PS3, OS X, iOS, Android, tahap 3D untuk Adobe Flash Player 11, javasript / WebGL, PSVita dan Wii. Proses render didukung banyak teknik tinggi seperti HDDR, per-pixel lighting dan dynamic shadows. UE3 juga telah melihat adopsi oleh banyak proyek-proyek non game seperti :
· Jace Aulia mendorong batas-batas film tradisional dengan menggunakan mesin game komputer U3 untuk memenuhi tantangan menjiwai karya Surealis Alex Pardee
· Acara TV Lazy Town menggunakan UE3 selama syuting untuk menghasilkan set virtual untuk integrasi real-time dengan cuplikan actor dan bonek tampil.
· Animasi perangkat Lunak “Muvizu 3D”.
· FBI lisensi Epic Unreal Development Kit untuk digunakan dalam simulator untuk pelatihan.
Unreal Engine 4
mempunyai fitur utama yaitu ilminasi global real-time menggunakan voxel kerucut tracing, menghilangkan kebutuhan untuk perhitungan tiap penerangan. UE4 juga dilengkapi fitur pengembang baru untuk mengurangi waktu iterasi dan memungkinkan memperbarui langsung C++ kode. Fitur baru debugger untuk “kismet” (mesin scripting visual pada UE3) memungkinkan developer dapat memvisualisasikan kode saat pengujian. Developer juga dapat melihat sourcecode dan mengeditnya dalam Visual Studio.
image
![Mengenal Beberapa Game Engine+[lo bisa bikin game lo sendiri]](https://s.kaskus.id/images/2014/11/14/6960672_20141114053919.jpg)
![Mengenal Beberapa Game Engine+[lo bisa bikin game lo sendiri]](https://s.kaskus.id/images/2014/11/14/6960672_20141114053932.jpg)
![Mengenal Beberapa Game Engine+[lo bisa bikin game lo sendiri]](https://s.kaskus.id/images/2014/11/14/6960672_20141114053940.jpeg)
Spoiler for :
https://www.unrealengine.com
Spoiler for CryEngine 3:
yg paling ane suka menn..
![Mengenal Beberapa Game Engine+[lo bisa bikin game lo sendiri]](https://s.kaskus.id/images/2014/11/14/6960672_20141114054451.png)
CryEngine 3 merupakan teknologi graphics game yang menampilkan bayangan dari pencahayaan suatu objek terlihat nyata, dimana ketika player bayangannya menjauh akan memudar dan sedikit menghilang. Rerumputan akan ikut bergerak apabila terkena sentuhan dari pemain yang melintasinya, juga bergoyang ketika terkena hempasan angin yang lalu-lalang. Bahkan partikel seperti jilatan api akan tampak seperti nyata, tetesan air hujan disamudera dan permukaan yang terkena air hujan disuatu objek mampu memantulkan suatu bayangan. Dengan kata lain, CryEngine 3 menjanjikan grafik game yang nyata seperti bentuk aslinya direal-world. Dari Cry Engine 3 ini kita juga bisa melihat tampilan yang kabur ketika bergerak bergantung kepada kecepatan, dan pembiasan diri dari partikel-partikel merupakan satu hal yang sangat realistik yang pernah disaksikan dari suatu game engine. Belum lagi tessellation yang membuat air dilautan terlihat begitu nyata, juga mampu menimbulkan banyak buih ketika terjadi gesekan antara gelombang-gelombang air laut.semua itu dilakukan berkat adanya suatu mantra ajaib yang djadikan acuan utama oleh tim pengembang CryEngine 3, yang telah digunakan selama beberapa ratus tahun yang lalu

salah satu game yg di buat menggunakan cryengine 3 ini adalah game Crysis semua seri nya
image
![Mengenal Beberapa Game Engine+[lo bisa bikin game lo sendiri]](https://s.kaskus.id/images/2014/11/14/6960672_20141114055231.jpg)
![Mengenal Beberapa Game Engine+[lo bisa bikin game lo sendiri]](https://s.kaskus.id/images/2014/11/14/6960672_20141114055253.jpg)
![Mengenal Beberapa Game Engine+[lo bisa bikin game lo sendiri]](https://s.kaskus.id/images/2014/11/14/6960672_20141114055311.jpg)
[SPOILER=sumber Cryengine3]
Spoiler for link download :
Spoiler for pesan:
susu coklat dingin 1+

0
10.4K
Kutip
67
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan