Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rick101Avatar border
TS
rick101
Asal-usul dan Sejarah Munculnya Kopi

Di emoticon-Rate 5 Starkalo berkenan emoticon-Smilie
Ane sangat terima yang namanya emoticon-Cendol (S) dan menolak emoticon-Bata (S)

Kopi adalah salah minuman yang cukup banyak digemari masyarakat di belahan dunia, karena dari itu ane bikin trit tentang sejarah kopi.
Mudah-mudahan gak emoticon-Repost (S) gan...
Spoiler for Cek no repost:

Langsung ane mulai aja nih gan..

Kopi adalah suatu minuman yang sudah dikenal dibelahan bumi manapun. Kopi bukan saja sekedar minuman , tetapi sudah menjadi suatu hobi yang menjadi gaya hidup kita. Dimana-mana kita dapat menemukan warung kopi, dari yang model sederhana, sampai tempat-tempat minum kopi yang ada di mal. Bahkan banyak juga istilah-istilah yang berkaitan dengan kopi, semacam kopdar(kopi darat), dsb. Hal ini menunjukkan sudah sangat tekenalnya kopi, tapi ada yang sudah tahu sejarah munculnya kopi ??

Sejarah telah mencatat bahwa penemuan kopi sebagai minuman yang berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun (1000 SM). Dari sini kemudian kopi kemudian terus berkembang hingga saat ini, merambah keberbagai belahan duni dan menjadi salah satu minuman yang paling populer di dunia yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat, seperti yang telah kita ketahui bersama-sama. Indonesia sendiri telah mampu memproduksi lebih dari 400 ribu ton kopi per tahunnya. Di samping rasa dan aromanya yang menarik, kopi juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, diabetes, batu empedu, dan berbagai penyakit jantung (kardiovaskuler). Tapi dalam beberapa penyakit, kopi merupakan salah satu pantangan yang harus dijauhi. Jangan terlalu banyak minum kopi, karena apapun yang sudah terlalau banyak pasti tidak baik.

Waktu dari penemuan biji kopi itu sendiri dimulai sekitar tahun 800 SM, ada pendapat lain yang mengatakan pada tahun 850 M. Pada saat itu, banyak orang di Benua Afrika, terutama bangsa Etiopia, yang mengonsumsi biji kopi yang dicampurkan dengan lemak hewan dan anggur untuk memenuhi kebutuhan protein dan energi tubuh. Penemuan kopi sendiri terjadi secara tidak sengaja ketika penggembala bernama Khalid seorang Abyssinia, mengamati kawanan kambing gembalaannya yang tetap terjaga bahkan setelah matahari terbenam setelah memakan sejenis buah beri. Ia pun mencoba memasak dan memakannya. Kebiasaan ini kemudian terus berkembang dan menyebar ke berbagai negara di Afrika, namun metode penyajiannya masih menggunkan metode konvensional. Barulah beberapa ratus tahun kemudian, biji kopi ini dibawa melewati Laut Merah dan tiba di Arab dengan metode penyajian yang lebih maju. Dan sampai saat ini sudah berbagai macam cara metode penyajian yang sudah berkembang pesat.

Dari sekian banyak jenis biji kopi yang ada, hanya terdapat 2 jenis varietas utama dari kopi itu sendiri, yaitu kopi arabika (Arabica Coffee) dan kopi robusta (Robusta Coffee). Masing-masing jenis kopi ini memiliki keunikannya masing-masing dan pasarnya sendiri.
Quote:

Quote:

Sekian thread ane, kurang lebihnya mohon maaf emoticon-Salaman maklum gan, masih nyubi. emoticon-Malu
Spoiler for Jangan lupa....:

SUMUR
gambar dari Google gan.
0
2.8K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan