Kaskus

Entertainment

dipro01Avatar border
TS
dipro01
9 Alasan Mengapa Harus Memberikan Sampel Gratis Saat Berjualan
9 Alasan Mengapa Harus Memberikan Sampel Gratis Saat Berjualan

Membuka sebuah usaha merupakan salah satu jalan terbaik untuk menggapai kesuksesan dalam karir Anda. Namun dalam menjalankan bisnis Anda diharuskan untuk memiliki strategi-strategi jitu yang mampu memposisikan bisnis Anda tersebut pada jalur kesuksesan. Terutama jika bisnis anda tersebut merupakan bisnis menjual produk, tentunya Anda harus menerapkan strategi yang dapat membuat produk Anda tersebut lebih di pilih masyarakat dibandingkan produk lainnya.

Salah satu strategi marketing yang jitu ketika menjual suatu produk ialah dengan memberikan sampel gratis pada target market saat awal Anda menawarkan produk. Terkadang yang kita pikirkan hanyalah untuk mendapatkan keuntungan semata dan merasa rugi ketika kita memberikan sampel secara cuma-cuma kepada target market, padahal ada keuntungan yang Anda akan dapatkan ketika Anda melakukan hal tersebut.

Mengapa? Mari simak beberapa alasan yang mengharuskan Anda untuk memberikan sampel gratis ketika berjualan.

1. Feedback dan Review.


Sample dapat membantu Anda untuk mendapatkan masukan dari pelanggan mengenai produk baru Anda dan juga dapat membantu mengisi halaman testimonial Anda. Bersikaplah transparan pada mereka dan beri tahu mereka bahwa Anda menghargai masukan dari mereka. Jika salah satu dari pelanggan Anda adalah blogger, efeknya akan lebih besar lagi. Jika mereka mengulas produk Anda di blog mereka, tentunya produk Anda akan terlihat oleh follower mereka dan akan membantu meningkatkan sales.

2. Meningkatkan Relationship.

Berikan satu atau dua sampel pada pelanggan Anda sebagai sebuah kejutan, dapat disertakan dengan sebuah catatan bahwa Anda mengharapkan masukan dari mereka. Hal ini tentu akan menyenangkan mereka, sekaligus Anda mendapatkan masukan untuk produk Anda. Atau, Anda dapat mendorong pelanggan untuk berbelanja dalam jumlah tertentu untuk mendapatkan free sample.

3. Meningkatkan Awareness.

Orang-orang yang belum pernah melihat atau menggunakan merek Anda dapat merasakan experience secara langsung melalui sampel produk Anda. Ketika mereka sudah merasakannya, menyentuhnya, mencium aromanya, melihatnya dan mendengarnya, mereka akan mulai mengerti apa yang Anda jual.

4. Public Relation dan Endorsement.

Mengirimkan sampel ke editor maupun blogger memungkinkan mereka untuk memberikan review atau penilaian terhadap produk Anda. Selain itu, jangan lupa bahwa banyak event dan expo yang mencari sampel produk untuk menyertakannya dalam goodie bag mereka untuk diberikan kepada pengunjung.

5. Menciptakan Timbal Balik (Reciprocity).

Kebanyakan orang merasa lebih dekat dengan perusahaan yang telah mereka coba sampel produknya. Biasanya muncul timbal balik dari hal tersebut. Jika mereka tidak dapat menggunakan produk Anda, mereka mungkin akan memikirkan orang lain yang cocok menggunakannya. Semua orang menyukai sebuah hadiah. Jadilah lebih dermawan untuk memberikan sesuatu pada mereka.

6. Dapat Membantu Media Sosial.

Anda dapat menambahkan hashtag #giveaway untuk produk Anda dan mengajak user untuk menyebarkan informasinya. Tentunya hal-hal yang gratis akan lebih cepat menyebar, dan Anda dapat juga mengkombinasikannya dengan Facebook Ads untuk hasil yang lebih powerful. Anda juga dapat membuat satu page khusus agar pelanggan Anda untuk mendapatkan info mengenai kesempatan mendapatkan free sample dan melihat update dari produk Anda.

7. Pembeli Lebih Percaya.

Khususnya jika Anda hanya berjualan secara online dan tidak memiliki toko offline, produk sampel akan membantu mereka untuk tahu bagaimana fungsi produk Anda dan bagaimana rasanya memakai produk Anda. Terlebih jika produk Anda lebih mahal dari produk sejenis lainnya, atau jika pelanggan Anda belum pernah mendengar tentang Anda sebelumnya, Anda perlu untuk menghilangkan keraguan yang mungkin mereka alami.

8. Meningkatkan Penjualan.

Pernahkah Anda datang ke supermarket atau sebuah acara pameran dan Anda ditawarkan untuk mencoba sebuah produk baru ? Bagaimana perasaan Anda ? Pada umumnya pelanggan yang mencoba sampel produk Anda, akan lebih merasa mempunyai ikatan dan cenderung meresponnya dengan membeli produk Anda. Entah itu mungkin merasa senang dan ingin membalas tindakan Anda yang positif dengan hal yang positif juga, atau mungkin juga karena gengsi. Namun yang jelas, mencoba sampel produk akan memicu reaksi dari mereka atau setidaknya mereka akan menyambut Anda lebih hangat.

9. Testing Products.

Sampling program adalah cara yang sangat baik untuk mengetest produk baru. Anda dapat terhindar dari kesalahan memutuskan : terlanjur memproduksinya secara massal, atau terlanjur memesan 1 kontainer produk dari China. Memberikan sampel memungkinkan Anda untuk melihat apakah pelanggan menyukai produk Anda, sebelum Anda menyediakannya dalam jumlah besar.

Perlu diingat bahwa Anda perlu menentukan banyaknya jumlah sampel yang dapat menghasilkan kesimpulan yang akurat. Strategi ini dapat mengamankan cash flow Anda. Dengan sampling, Anda dapat membuat best seller dengan resiko yang lebih rendah.

Berikut telah kami berikan beberapa alasan yang mengharuskan Anda memberikan sampel secara gratis pada customer ketika berjualan produk. Sedikit berkorban namun memberikan dampak serta keuntungan yang baik bagi produk Anda. Semoga Bermanfaat. Semoga Sukses.

Spoiler for Sumber:

0
1.6K
15
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan