jeruknipisrawonAvatar border
TS
jeruknipisrawon
Kegiatan zaman dulu yang sudah jarang terlihat
Selamat malam khalayak ramai.

Nih thread tentang kegiatan yang sering ane dapatin di desa ane dulu zaman ane masih SD gan,klo emoticon-Blue Repost maafin yeee.soalnya ane hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan khilaf.emoticon-Shakehand2

Mungkin teman teman di sinii yang lahir tahun 1980 amppe 1990 an pernah merasakan juga indahnya kehidupan di desa yang zaman sekarang mulai tergusur karna semakin modernnya teknologii yang di ciptakan..
Berikut ane ilstrasikan kegiatan kegiatan yang dulunya sangat mengasikkan.

1. Gotong royong membangun rumah
Spoiler for Membangun rumah:

Nih kegiatan yang hampir gak ada lagi zaman sekarang,dulu di desa ane setiap ada penduduk yang berniat membangun sebuah rumah hampir tidak pernah ada yang namanya menyewa jasa tukang,karna sifat kebersamaan penduduk zaman dulu begitu tinggi jadi setiap ada yang membangun rumah semua penduduk di desa kami berbondong bondong datang untuk membantu,tanpa ada bayaran apapun cuman di beri makanan dan minuman.

2. Tanam padi di sawah
Spoiler for tanam padi:

hampir sama dengan membangun rumah,kegiatan menanam padi juga selalu di lakukan bersama sama ,tapi untuk menanam padi ini hanya di lakukan bersama dengan orang yang juga mempunyai sawah atau kebun yang akan di tanami.jadi setelah satu sawah atau kebun selesai di tanami maka akan pindah lagi ke kebun lainnya.

3. Merawat jalan desa
Spoiler for membersihkan jalan desa:

Kalau kegiiatan gotong royong ini sepertinya sampai sekarang masih ada gan,kecuali di daerah perkotaan.karna di daerah pperkotaan semua sudah ada yang mengurus jadi jiwa gotong royong semakin berkurnag.

4. Memasak bersama
Spoiler for Masak masak:

Naaaahhh,, sembari bapak bapaknya pada gotong royong biasanya ibu ibu ini nih yang dikerjain,nyiapin makan buat bapak bapaknya..ane ama teman teman ane senang banget tuh gan nungguin ibu ibu masak.soalnya biasanya makanannya enak enak.maklum dulu di kampung makan enakk tuh jarang anget.

5. Ngerumpi di pos pos ronda
Spoiler for Ngerumpi:

Setelah siangnya gotong royong biasanya malamnya di lanjutkan ngumpul ngumpul ngerumpi di pos pos hansip atau di rumah warga..karna zaman dulu masih jarang yang punya TV jadi hiburannya cuman ngobrol gan..

6. Nonton layar tancap
Spoiler for Layar tancap:

Klo ini biasanya bagian kami gan,siangnya capek maen malamnnya nonton layar tancap.tapi layar tancap ga tiap harri ada gan,jarang jarang..biasanya setiap pemutaran film gini pasti ada pedagang jagung rebus sama kacang rebus,pedagang bubur juga ada.

Itulah dia sebagian kebiasaan yang zaman sekarang udah jarang di jumpai,karna semua hiburan sudah ada di dalam rumah masing masing..


Thankz udah mampir di threat sederhana ya gan sis..
Wassallamualaikum warah matullahi wabarokatuh.emoticon-Salaman
0
9.9K
98
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan