
Quote:
Sejarah
Prototipe yang kemudian menjadi Runner Lode adalah game yang dikembangkan oleh Douglas E. Smith dari Renton, Washington, yang pada saat itu adalah seorang mahasiswa arsitektur di University of Washington. [3] Ini prototipe, yang disebut Kong, ditulis untuk Perdana Komputer 550 komputer mini terbatas pada satu gedung di kampus UW. Tak lama kemudian, Kong porting ke minicomputer VAX, karena ada terminal yang tersedia di kampus. Permainan ini diprogram dalam Fortran dan digunakan grafis karakter ASCII. Ketika Kong porting ke VAX, beberapa bagian Pascal dicampur ke dalam kode Fortran asli.
Lebih dari satu akhir pekan pada tahun 1982, Smith mampu membangun sebuah versi, minyak mentah yang dapat dimainkan di 6502 bahasa assembly pada Apple II + dan berganti nama menjadi Miner permainan. Melalui akhir tahun, ia disempurnakan bahwa versi, yang hitam-putih tanpa dukungan joystick. Dia mengajukan versi kasar untuk BRODERBUND sekitar Oktober 1982 dan menerima surat penolakan satu baris dalam menanggapi efek "Maaf, permainan Anda tidak cocok dengan produk kami;. Jangan ragu untuk mengirimkan produk masa depan" [3]
Smith kemudian meminjam uang untuk membeli monitor warna dan joystick dan terus meningkatkan permainan. Sekitar Natal tahun 1982, ia menyerahkan permainan, Lode Runner sekarang berganti nama, untuk empat penerbit dan menawarkan cepat diterima dari keempat: Sierra, Sirius, Sinergis, dan BRODERBUND. Dia mengambil kesepakatan dengan BRODERBUND.
Miner, seperti berbasis teks pendahulunya Kong, hanya animasi yang sangat sederhana di mana karakter bergerak di layar dengan penambahan blok. Itu terlalu primitif untuk sebuah produk komersial yang dapat diterima sebagai BRODERBUND ingin rinci tingkat pixel gerakan. [4] Menurut artikel ini, Smith diberi uang muka sebesar $ 10.000 dengan BRODERBUND untuk mengembangkan animasi antar-persegi, dan untuk menyediakan 150 tingkat bermain. Untuk yang terakhir, ia konon dibayar anak-anak lingkungan ke tingkat desain dengan editor ia kode.
Permainan ini dirilis pada pertengahan 1983. Versi asli mikro termasuk seri Apple II, Atari 8-bit keluarga, VIC-20, Commodore 64, IBM PC, dan versi Konami lisensi untuk komputer MSX bernama "Lembah Raja". Ini kemudian dirilis untuk Mark Sega saya menghibur dengan perubahan hanya kecil. Sebuah port untuk Macintosh 128k asli diikuti pada tahun 1984. Versi termasuk untuk Atari ST, Sinclair Spectrum 48K/128K, SPN, Windows 3.1, Macintosh, dan Game Boy asli.
Kebanyakan versi Runner Lode berada di disk, tapi Atari 8-bit dan Commodore 64 juga mendapat "lite" versi kartrid dengan hanya 32 tingkat dan tidak ada editor untuk pengguna tanpa disk drive. Port VIC-20 adalah cartridge saja. Versi SPN dirilis oleh Hudson Lunak di 1984 (Amerika Utara rilis 1986) dan menjadi salah satu pihak ketiga permainan paling awal dibuat untuk sistem itu. Ia memiliki 50 tingkat, layar bergulir, dan grafis direnovasi dalam gaya yang lebih kartun-seperti. Selain itu, sebuah game arcade dari Lode Runner diproduksi dengan beberapa fitur tambahan seperti kemampuan untuk menggantung dari ujung tangga.
BRODERBUND merilis versi yang disempurnakan khusus, Kejuaraan Runner Lode, pada tahun berikutnya. Hanya memiliki 50 tingkat, tetapi dengan kesulitan jauh lebih tinggi dari aslinya. Perusahaan ini menawarkan sertifikat peringatan bagi siapa saja yang bisa menyerahkan bukti telah mengalahkan seluruh permainan. Ini porting ke Apple, Atari,, C64 dan PC, serta NES (meskipun versi yang tidak mencapai Amerika Utara).