Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

panggilkuryanAvatar border
TS
panggilkuryan
Alhamdulillah karena KASKUS bisa terhindar dari penipuan lowongan kerja!!
Penipuan atau Shirosagi dalam bahasa jepang ternyata semakin banyak bermunculan.

Ini baru saja ane ditelpon oleh adik ane di Palembang. Dia cerita kalau ada permintaan Training untuk menjadi Pegawai di PT MINAM*S PLANT*****. Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan sawit di Indonesia.

Kronologisnya sama dengan Thread Agan Pasport ,

Spoiler for :


Agan geblekjaya

Spoiler for :


Dan Agan hasiholan

Spoiler for :


Dimana Adik ane baru aja kirim CV pada hari sebelumnya dan pada hari ini yaitu keesokan harinya dia menerima SMS yang meminta agar dia memeriksa Emailnya.

Yang didalamnya terdapat File berupa panggilan untuk mengikuti Training pada PT tersebut.

Spoiler for :


Untunglah adik ane cukup cerdas untuk meminta konfirmasi ke ane. Setelah dapat Info ane coba cari-cari info dan dapatkan Thread-thread diatas.

Modusnya selalu sama yaitu meminta calon pelamar untuk mengirim uang untuk biaya tranportasi training dan telah menentukan travel yang dapat digunakan.

Spoiler for :


Melihat hal ini ane merasa tertarik untuk memeriksa Nomor Contact yang mengaku sebagai TIM HRD

Spoiler for :


dan hasilnya adalah

Spoiler for :


Pemilik nomor tersebut pernah menjadi seorang Presiden Direktur, dan

Spoiler for :


TIM Rekruitment Perusahaan yang berbeda. Kalau sebagai TIM rekruitmen sih ane masih bisa terima tapi ini sebagai Presiden Direktur emoticon-Cape d... (S)

Dan yang memperkuat kecurigaan ane adalah di 3 Hasil temuan ane, nomer hape tersebut dimiliki oleh beberapa nama yang berbeda. Dengan satu buah persamaan yaitu kerjasama antara perusahaan yang menerima calon pelamar dengan sebuah traver yang bernama sama dan memiliki kontak yang sama dengan nama orang yang berbeda .

Dari Hipotesis diatas ane sudah mulai condong mengatakan pemanggilan rekruitment ini adalah sebuah penipuan, dan ini di pertegas dengan cara penerimaan kontak travel yang terkesan memaksa dan ingin agar adik ane secepatnya mengirimkan uang tranportasi dan hotel sebesar 1,9 juta pada hari ini juga sebelum jam 2.55 sore ini.

Sebagai penutup untuk para penipu semoga cepat sadar emoticon-Big Grin dan cari mata pencaharian lain yang tidak merugikan orang lain.

Dan untuk para Jobseeker ane kasih tips agar terhindar dari penipuan seperti ini.

1. Selalu cari Informasi Lowongan kerja di sebuah Website Resmi atau Minimal sebuah Web Kerja yang sudah memiliki nama seperti , Jobstreet, dll

2. Selalu periksa nomor kontak yang ada. Cari di google untuk melihat apakah ada ulasan buruk atau sebuah keanehan dari nomor kontak.

3. Jangan ragu untuk menelpon Call center perusahaan yang bersangkutan untuk menanyakan apakah benar perusahaan tersebut sedang melakukan proses pemanggilan pegawai baru.

4. Apabila ada permintaan untuk mengirimkan dana dengan berbagai alasan jangan pernah percaya. Dapat dipastikan kalau itu adalah penipuan.

5. Pemanggilan Kerja menggunakan Email Gratisan memang mungkin terjadi, tetapi itu kalau perusahaan pemanggil adalah perusahaan kelas menengah kebawah. Tetapi kalau perusahaan besar mereka pada umumnya memilki alamat email sesuai dengan domain website yang mereka miliki.
0
4.1K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan