Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jajang100Avatar border
TS
jajang100
Kabinet Kerja Jokowi: Tolak Intervensi Parpol & Didominasi Profesional
Kabinet Kerja Jokowi: Tolak Intervensi Parpol & Didominasi Profesional


Jakarta - Entah sudah yang keberapa kali Joko Widodo menegaskan sikapnya ini. Soal pendirian capres PDI Perjuangan ini yang menolak jika koalisi hanya ajang bagi-bagi kursi.

Di Bandara El Tari, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jokowi bahkan mulai berani menegaskan seperti apa kabinet bayangannya nanti jika dia terpilih sebagai presiden. Jokowi memastikan menterinya bakal didominasi orang dari teknokrat.

"Lebih besar (peluangnya) profesional," kata Jokowi, Selasa (29/4/2014).

Memang hingga saat ini, baru hanya NasDem saja yang sudah memastikan bergabung dengan PDIP dalam pertarungan pilpres mendatang. Sedangkan partai-partai lain yang sudah ditemui Jokowi maupun pengurus PDIP lainnya, baru hanya sekadar wacana. Kepada NasDem dan partai lainnya, ucapan emoh bagi-bagi kursi sendiri terus dilontarkan Jokowi.

Dia berjanji akan memilih sendiri menteri dengan penilaian kapasitas dan kualitas. Jika ada partai yang mengajukan nama, dia tidak akan mempersoalkan. Namun keputusan tetap ada di tangannya, dan nama tersebut harus melewati berbagai tes.

"(Menteri) bukan jatah. Bisa memasukkan nama, tapi harus sesuai kriteria. Artinya akan ada fit dan proper test. Kalau kriterianya pas ya mau diambil nggak apa. Kita ini mau membangun kabinet kerja," kata Jokowi.

Informasinya, memang sudah ada tim yang merumuskan garis kebijakan pemerintahan Jokowi kelak. Tim-tim tersebut membahas persoalan yang berbeda-beda pula. Ada yang khusus bidang ekonomi maupun politik atau persoalan lain.

Setiap pembahasan disusun secara detail dan nantinya dilaporkan kepada Jokowi secara berkala. Dari pembahasan itu, Jokowi jadi bisa menggambarkan sosok seperti apa yang bisa menjalankan arah pemerintahannya.

"Kita nggak sebut nama, tapi dari point-point itu bisa kelihatan mana orang yang bisa kerjasama dengan Jokowi," kata sumber detikcom yang mengetahui mengenai pembahasan ini.


http://news.detik.com/pemilu2014/rea...nal?n991102605
0
5.7K
8
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan