Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mol.Avatar border
TS
mol.
[The Thinking General] Tenggelamkan Kapal Ala Susi Mudah, yang Sulit Kata SBY…


TEMPO.CO, Surabaya- Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono pada saat mengadakan pertemuan tertutup dengan seluruh kader Demokrat Jawa Timur hari Ahad, 8 Februari 2015 dikabarnya sempat menyinggung soal langkah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam menenggelamkan kapal-kapal negara lain yang menangkap ikan secara ilegal di perairan Indonesia.


“Iya menyinggung soal itu” ujar Bendahara DPD Demokrat 2015 ketika dihubungi oleh Tempo. Senin, 16 Januari 2015.


Meskipun sebetulnya pesan tersebut tidak boleh disampaikan kepada media, Sugiri menyampaikan secara umumnya SBY mengatakan bahwa sebetulnya yang paling sulit untuk dilakukan adalah mencegah kapal-kapal asing yang masuk ke Indonesia untuk mengganggu kedaulatan Indonesia. “Meneggelamkan kapal itu adalah hal yang mudah tapi kalau menjaga kapal-kapal asing yang masuk Indonesia melalui daerah-daerah perbatasan itu yang jauh lebih sulit dilakukan,” ujarnya.


Sebelumnya menurut salah seorang yang hadir dalam pertemuan tersebut SBY mengkritik kebijakan menenggalamkan kapal nelayan asing yang masuk ke wilayah Indonesia. Hal ini menurut SBY dapat mengakibatkan Indonesia kehilangan banyak teman negara-negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia. “Negara jadi kurang beruntung dan dunia mulai mengkritik dan menyalahkan,” ujar SBY seperti yang dituturkan oleh orang itu.


Masih menurut sumber yang sama, SBY kemudian menambahkan alasan dirinya tidak menenggelamkan kapal nelayan negara asing yang masuk ke wilayah Indonesia dikarenakan sebetulnya banyak nelayan-nelayan yang masuk ke perairan negara tetangga seperti Myanmar, Vietnam. Nelayan-nelayan yang ditangkap oleh negara tetangga kemudian dengan diplomasi yang dilakukan oleh SBY akhirnya dapat segera dibebaskan.

tempe media pasnastak

beda yang sekarang, hajar duluan, mikir belakangan
0
6.2K
73
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan