Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

arsitekbagusAvatar border
TS
arsitekbagus
KETULUSAN FAHRI HAMZAH UNTUK MEMBUBARKAN KPK
Alasan Fahri Hamzah Ingin Bubarkan KPK

VIVAnews - Dalam rapat konsultasi Pimpinan DPR dengan sejumlah penegak hukum, anggota Komisi III DPR Fahri Hamzah mengusulkan agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dibubarkan. Apa alasan legislator asal Fraksi PKS ini?

"KPK gagal menjawab delapan tahun untuk menangani korupsi sistemik padahal DPR sudah memberikan dukungan luar biasa," kata Fahri kepada wartawan di Gedung DPR/MPR, Selasa 4 Oktober 2011.

Dia menilai KPK seharusnya berusia hanya tiga tahun saja seperti KPK di Hongkong dengan tugas pembenahan sistem. "Penindakan hanya satu hal saja, yang lain, supervisi dan koordinasi," jelasnya. Sementara, lanjut Fahri, KPK sudah hampir sembilan tahun mengacak-acak lembaga dan orang.

Sebelumnya, Ketua Dewan Syariah Partai Keadilan Sejahtera, Surahman Hidayat, membantah pernyataan kadernya Fahri Hamzah. Menurut Surahman, PKS tidak pernah mewacanakan pembubaran Komisi Pemberantasan Korupsi.

"Itu pernyataan pribadi saja, PKS tidak pernah berpikiran membubarkan KPK," kata Surahman. Menurut Surahman, sikap PKS sangat jelas terhadap pemberantasan korupsi. PKS akan mendukung semua lembaga yang melakukan pemberantasan korupsi. "Kalau ada korupsi di KPK juga harus diberantas. Kami menyatakan perang terhadap korupsi," ujarnya.

Surahman menegaskan, PKS tidak pernah berpikir membubarkan KPK. Bahkan wacana tersebut tidak pernah dibahas dalam rapat Majelis Syuro. "Jadi dia [Fahri] itu berlebihan, itu bukan porsi dia," ujarnya. (eh)

http://politik.news.viva.co.id/news/...n-bubarkan-kpk
PKS Bela Fahri Hamzah yang Ingin Bubarkan KPK

Jakarta - Wasekjen DPP PKS Mahfudz Siddiq merasa tidak ada masalah dengan pernyataan Fahri Hamzah yang ingin membubarkan KPK. Pernyataan rekan separtainya itu dianggap hanya sikap kritis terhadap KPK.

"Diperlukan jutaan orang untuk dukung KPK. Tapi dibutuhkan minimal satu orang untuk mengkritisinya. Kenapa? Karena KPK sebagai lembaga kuasi-negara dan ad hoc memiliki kewenangan luar biasa besar melampaui kewenangan lembaga penegak hukum permanen, kepolisian dan kejaksaan," tutur Mahfudz.

Di tengah maraknya kasus korupsi dan arus ekspetasi publik yang tinggi terhadap KPK, Mahfudz menyadari, mengkritisi lembaga superbody itu sangat tidak populer.

"Tapi itu dibutuhkan agar prinsip check and balance sebagai prinsip demokrasi dan good governance tetap terjaga. Komisi III termasuk Fahri Hamzah sebagai unsur pimpinannya punya kewajiban konstitusional untuk perankan fungsi kontrol dan sikap kritis terhadap KPK," paparnya.

"Yang harus diingat institusi apa pun dengan kewenangan besar tapi absen dari check and balance bisa tergiring kepada abuse of power. Jadi jika kita ingin KPK tetap ada dan efektif fungsinya, maka harus sediakan ruang bagi fungsi kontrol dan sikap kritis," lanjutnya.

Lebih dari itu, menurut Mahfudz, kritis terhadap KPK justru sudah dijadikan semacam ketakutan. Karena seolah menjadi menentang KPK.

"Ada situasi yang harus kita cermati bersama. Yaitu muncul polarisasi sikap di berbagai elemen bangsa yang seolah-olah mengarah pada pro dan anti-KPK. Sehingga siapa pun yang kritisi dinilai sebagai anti-KPK. Ini tidak boleh terjadi," tandasnya.

http://news.detik.com/read/2011/10/0...n-bubarkan-kpk

emoticon-Traveller
PRABOWO MASIH PUNYA KESEMPATAN UNTUK BERFIKIR ULANG DALAM MENGAJAK PARTAI KOALISI ...KLO INGIN DISEBUT SEBAGAI ANTI KORUPSI...
CAPRES YG ANTI KORUPSI GAK MUNGKIN BERTEMAN DENGAN ORG YG INGIN BUBARKAN KPK ...
APAKAH PRABOWO BERANI !!!!!!
emoticon-I Love Indonesia (S)
ANE TUNGGU JAWABANNYA YA PAK BOWO...KLO ANTUM BERANI ANE DUKUNG ANTUM DEH...emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh arsitekbagus 04-06-2014 02:47
0
4.9K
48
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan